BAYI
27 Mei 2020

Ini Gejala Flu Perut Pada Bayi, Wajib Tahu!

Bayi Muntah dan diare bisa jadi terkena gastroenteritis
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Orami
Disunting oleh Andra Nur Oktaviani

Gastroenteritis atau sering disebut flu perut ternyata juga bisa terjadi pada bayi Moms. Flu perut adalah infeksi usus yang menyebabkan diare dan muntah. Muntah bisa sembuh dengan cepat, namun diare dapat bertahan hingga 10 hari.

Flu perut dapat disebabkan oleh banyak kuman yang berbeda, meskipun penyebab paling umum adalah infeksi virus. Rotavirus adalah penyebab utama muntah dan diare pada bayi dan balita.

Kondisi ini paling umum terjadi pada anak-anak antara usia 3 bulan dan 15 bulan. Selain itu, ada juga adenovirus dan astrovirus yang juga sering menginfeksi bayi dan balita.

Sebagian besar penderita termasuk bayi, tidak perlu minum obat. Namun, penting bagi mereka minum banyak air untuk menghindari dehidrasi.

Sebenarnya, apa penyebab dan gejala flu perut pada bayi? Yuk simak ulasannya di bawah ini!

Baca Juga: Terlihat Sama, Flu Perut dan Keracunan Makanan Ternyata Berbeda!

Penyebab Flu Perut pada Bayi

Gejala flu perut

foto: mumsnet.com

Flu perut ini menyebar dengan mudah, dan lebih sering terjadi dengan kondisi yang parah pada bayi. Virus yang menyebabkan sakit perut ini ada pada tinja dan muntah orang yang terinfeksi. Itu sebabnya infeksi perut menyebar dengan mudah di antara anak-anak kecil dan juga bayi.

Popok dapat bocor dan terkadang sulit untuk membereskan semuanya sebelum anak lain menyentuh area tersebut. Banyak virus yang dapat bertahan selama berjam-jam di permukaan.

Virus ini juga dapat menjadi udara ketika seorang anak muntah. Sehingga, jika kebetulan Si Kecil berada di situ ketika anak lain muntah, makan ia dapat menelan partikel-partikel udara yang mengandung virus.

Anak-anak juga dapat terkena penyakit perut dengan berbagi cangkir dan peralatan makan dengan anak-anak yang terinfeksi.

Baca Juga: 3 Penanganan Pertama Flu Perut Pada Anak

Tanda dan Gejala Flu Perut pada Bayi

Gejala flu perut

foto: pregnancyandbaby.com

Lantas, apa saja gejala flu perut pada bayi? Menurut The Royal Children's Hospital Melbourne, ada beberapa gejala flu perut pada bayi yang perlu Moms waspadari. Berikut daftarnya!

  1. Merasa tidak enak badan dan menjadi rewel
  2. Tidak mau makan atau minum
  3. Muntah dalam 24 hingga 48 jam pertama (biasanya sebelum diare dimulai)
  4. Menderita diare, yang dapat bertahan hingga 10 hari
  5. Menderita sakit perut
  6. Mengalami demam
  7. Mengalami nyeri otot

Baca Juga: 5 Fakta Terbaru Tentang Flu Perut Pada Balita

Nah, jika gejala-gejala flu perut pada bayi tersebut tidak membaik, sebaiknya segera bawa Si Kecil ke dokter ya Moms. Biasanya, Moms akan diminta mengumpulkan sampel tinja untuk dikirim ke laboratorium.

Tujuannya, menentukan penyebab infeksi. Sampel tinja dapat membantu dalam menyingkirkan infeksi bakteri atau parasit yang dapat menyebabkan gejala serupa.

(SERA)

Artikel Terkait