KESEHATAN
29 November 2019

Gejala Hipotensi yang Wajib Diwaspadai, Simak di Sini!

Ketika Moms mengalami beberapa gejala hipotensi tersebut, sebaiknya waspada!
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Orami
Disunting oleh Dina Vionetta

Yuk, simak gejala hipotensi yang perlu Moms waspadai ini. Kondisi tekanan darah seseorang dapat memengaruhi kesehatan tubuh secara keseluruhan. Adapun tekanan darah adalah ukuran yang menentukan seberapa kuat jantung untuk memompa darah ke seluruh tubuh.

Tekanan darah Moms dapat dikatakan normal jika berkisar pada angka 120/80 mmHg. Sedangkan tekanan darah dikatakan rendah jika berada di bawah 90/60 mmHg. Tekanan darah rendah disebut juga hipotensi.

Ada banyak faktor penyebab seseorang mengalami hipotensi dan umumnya kondisi ini bukan sesuatu yang berbahaya. Namun, apabila terjadi gejala hipotensi yang bermasalah maka itu dapat dikatakan sebagai gangguan kesehatan.

Jika Moms saat ini sedang hamil, sebaiknya selalu jaga kesehatan tubuh dengan baik karena nyatanya ibu hamil rentan mengalami anemia yang bisa menyebabkan tekanan darah menjadi rendah.

Dr. Otis Brawley, dokter dan profesor onkologi dari Bloomberg, mengungkapkan tekanan darah rendah bisa menjadi masalah jika memiliki gejala-gejala tertentu. Sebaiknya Moms waspada terhadap gejala tersebut dan jaga kesehatan tubuh agar tidak mengganggu aktivitas sehari-hari.

Baca Juga: Mengidap Hipotensi? Konsumsi 6 Makanan Ini!

“Gejala hipotensi yang wajib diwaspadai seperti sakit kepala, kulit menjadi dingin, mual dan muntah, penglihatan menjadi memburam, sesak napas, dan sampai kehilangan kesadaran. Gejala hipotensi bisa memburuk ketika berdiri tiba-tiba dari posisi duduk atau duduk setelah berbaring sebentar. Kondisi ini disebut hipotensi ortostatik dan biasanya berlangsung hanya dalam waktu singkat,” ungkap dokter Otis.

Dikutip dari Pharmaceutical Journal, ternyata hipotensi juga dapat disebabkan karena mengonsumsi jenis obat-obatan tertentu, seperti obat tekanan darah, antidepresan, dan jenis obat lainnya yang dapat merusak saraf pembuluh darah di kaki.

Selain itu, hipotensi juga dapat disebabkan karena tubuh kekurangan cairan yang disebut dehidrasi. Untuk itu, waspada terhadap dampak bahaya dari dehidrasi karena bisa membahayakan kesehatan tubuh.

Nah, jika Moms memiliki gejala-gejala hipotensi dan sering merasa pusing atau mengalami pingsan, sebaiknya segera hubungi dokter. Sehingga segera mendapatkan penanganan yang tepat.

Baca Juga: 8 Jenis Obat Darah Tinggi yang Biasa Diresepkan Dokter

Pola Hidup Sehat saat Alami Tekanan Darah Rendah

Gejala Hipotensi yang Wajib Diwaspadai-2.jpg

Foto: self.com

Perubahan gaya hidup yang menjadi lebih sehat dapat membuat tekanan darah lebih stabil dan meredakan gejala hipotensi, yaitu di antaranya:

  1. Minum air yang cukup. Salah satu penyebab hipotensi adalah dehidrasi. Sebaiknya penuhi cairan dalam tubuh dengan minum air putih yang cukup, mengonsumsi cairan elektrolit atau minum teh dan kopi agar kesehatan tubuh tetap terjaga dengan baik.
  2. Perhatikan pola makan. Ada baiknya saat mengalami hipotensi, Moms tetap makan dengan frekuensi yang sering namun porsi yang lebih sedikit. Hal ini untuk mencegah tekanan darah menurun secara drastis.
  3. Perhatikan jenis makanan yang dikonsumsi. Saat mengalami tekanan darah rendah, hindari makanan mengandung karbohidrat tinggi dan perbanyak makanan dengan kandungan folat dan vitamin B-12.
  4. Selalu berhati-hati dalam bergerak. Jika ingin berbaring, sebaiknya duduklah terlebih dulu kemudian gerakkan kakimu secara perlahan. Begitu juga saat ingin berdiri, hindari melakukannya dengan terburu-buru. Hal ini untuk meningkatkan sirkulasi dan meningkatkan detak jantung sehingga Moms tidak merasa pusing.
  5. Hindari berolahraga terlalu banyak di luar ruangan saat cuaca sedang terik dan hindari terlalu banyak menghabiskan waktu di sauna, kolam air panas, atau ruangan yang beruap panas.

Beberapa orang yang mengalami tekanan darah rendah kronis juga dianjurkan dokter untuk memakai stoking kompresi untuk membantu darah mengalir ke seluruh tubuh.

Namun, hal ini tentunya disesuaikan dengan kondisi setiap tubuh masing-masing orang. Meskipun Moms memiliki tekanan darah rendah, namun dengan pola hidup yang sehat maka kualitas hidupmu tetap bisa berjalan dengan baik.

Itulah berbagai gejala hipotensi yang Moms perlu waspadai dan cara meringankannya. Apakah Moms pernah mengalami hal tersebut?

Baca Juga: Darah Menggumpal Saat Haid, Wajar Atau Tanda Penyakit?

(DG/DIN)

Artikel Terkait