KEHAMILAN
15 Juli 2020

5 Gejala Kolesterol Tinggi saat Hamil, Moms Perlu Waspada!

Tengkuk terasa berat bisa jadi salah satu gejalanya, waspada ya Moms!
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Waritsa Asri
Disunting oleh Andra Nur Oktaviani

Moms, siapa yang tidak tahu tentang kolesterol ? Ya, kolesterol adalah zat dalam tubuh yang dibutuhkan agar tubuh bekerja dengan baik.

Akan tetapi, terlalu banyak kolesterol meningkatkan kemungkinan penyakit jantung, yang dapat menyebabkan serangan jantung serta stroke.

Tes darah dapat mengetahui apakah Anda memiliki terlalu banyak kolesterol. Akan tetapi, dilansir dari MotherToBaby, kadar kolesterol tinggi pada ibu hamil ternyata diperlukan untuk membuat steroid, seperti estrogen dan progesteron, yang sangat penting untuk membawa kehamilan Anda.

Bayi Moms yang sedang tumbuh menggunakan kolesterol pada tingkat tinggi untuk pertumbuhan anggota tubuh dan otak yang sehat.

"Ada kemitraan penting yang terjadi untuk mendukung perkembangan kehamilan," kata Dr. Julie Scott, seorang dokter kandungan dan direktur medis persalinan dan persalinan di University of Colorado Hospital.

"Ibu, plasenta, dan janin memiliki enzim spesifik untuk mengubah dan mengubah kolesterol menjadi hormon fungsional," tambahnya.

Baca Juga:Mengenal Xanthelasma, Pengendapan Kolesterol di Kelopak Mata

Walaupun begitu, Moms pun perlu melihat pedoman kolesterol dari American Heart Association yang fokus pada penurunan risiko penyakit jantung daripada menargetkan jumlah kolesterol tertentu.

Tingkat kolesterol yang dapat menempatkan Moms pada peningkatan risiko penyakit jantung atau masalah metabolisme, seperti diabetes, adalah:

  • LDL: lebih besar dari 160 miligram per desiliter (mg/dL)
  • HDL: kurang dari 40 mg/dL
  • kolesterol total: lebih besar dari 200 mg/dL
  • Trigliserida: lebih besar dari 150 mg/dL

Gejala Kolesterol Tinggi saat Hamil

Nah, untuk mengantisipasi kadar kolesterol yang terlalu tinggi dan membahayakan bagi ibu hamil dan Si Kecil dalam kandungan. Berikut ini ciri ibu hamil terkena kolesterol tinggi.

1. Sakit Kepala

ibu hamil sakit kepala hero

Moms, ternyata sering merasa sakit kepala merupakan ciri kolesterol tinggi saat hamil. Apabila kolesterol tinggi terjadi pada ibu hamil maka pembuluh darah akan mengalami pengerasan.

Hal ini akan menjadikan Moms merasa sering sakit kepala, bahkan sering terjadi secara terus-menerus.

2. Tengkuk Leher Terasa Berat

Tengkuk leher terasa berat

Ciri kolesterol tinggi saat hamil lainnya adalah tengkuk leher terasa berat bahkan sakit hingga rasa pegal di pundak. Hal ini terjadi dikarenakan oksigen yang dibutuhkan oleh Moms tidak maksimal.

Baca Juga:Yuk Konsumsi 6 Jenis Makanan Penurun Kolesterol Ini

3. Mudah Mengantuk

Ibu hamil mengantuk

Ciri kolesterol tinggi saat hamil berikutnya yang mesti diwaspadai adalah Moms mudah sekali mengantuk, hal ini karena karena suplai oksigen ke dalam otak menjadi tidak memadai dan maksimal dikarenakan penyumbatan yang terjadi pada aliran darah dan bertambahnya lemak secara terus-menerus.

Sehingga, bila Moms selalu merasa mengantuk di pagi hari dan terjadi terus menerus perlu dicurigai adanya kolesterol tinggi yang menimpa ibu hamil.

4. Sering Kesemutan

Kesemutan pada ibu hamil

Walaupun, gejala kesemutan ini hampir dirasakan oleh semua orang yang memiliki masalah kolesterol, namun hal ini akan lebih sering terjadi pada ibu hamil.

Hal ini juga disebabkan karena suplai oksigen yang tidak dapat tersebar dengan baik dan pembuluh darah yang tersumbat pada beberapa titik untuk itu perlu diwaspadai apabila ibu selalu merasa kesemutan.

5. Nyeri pada Bagian Dada

Nyeri pada bagian dada

Nyeri dada juga bisa jadi gejala kolesterol tinggi saat hamil. Nyeri dada pada ibu hamil akibat menumpuknya lemak pada pembuluh darah arteri yang masuk ke jantung menjadi tersumbatlah yang menyebabkan hal tersebut.

Tak hanya itu, Moms yang tengah hamil sering mengkonsumsi makanan tidak sehat sehingga dapat menimbulkan kolestrol yang tinggi Beberapa ibu juga biasanya memiliki nafsu makan yang kurang terkontrol sehingga akan sangat mudah terkena kolesterol tinggi

Baca Juga:Ini Cara Mengatasi Kolesterol Tinggi Saat Kehamilan

Nah, itulah beberapa gejala kolesterol tinggi saat hamil. Moms perlu waspada ya jika mengalami gejala-gejala di atas.

Bila Moms ingin menghindari kolesterol yang terlalu tinggi tersebut maka untuk membantu menjaga kadar kolesterol Anda diperlukan makan-makanan yang seimbang dengan buah dan sayuran, hindari makanan yang digoreng, berlemak tinggi, dan terakhir berolahraga sesuai dengan saran yang diberikan dokter kapada Anda.

Artikel Terkait