BAYI
23 Juni 2020

Apa Saja Gejala Otitis Media pada Bayi yang Perlu Diwaspadai?

Ketahui penyebabnya agar bisa segera ditangani
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Amelia Puteri
Disunting oleh Dina Vionetta

Si Kecil bisa mengalami gangguan kesehatan pada telinga. Salah satunya otitis media, atau infeksi pada telinga tengah. Moms perlu mengetahui seperti apa gejala otitis media pada bayi agar dapat diberikan penanganan yang tepat.

Mengutip Mayo Clinic, infeksi pada telinga tengah ini terjadi pada ruang berisi udara di belakang gendang telinga yang berisi tulang kecil bergetar telinga. Anak-anak lebih rentan mengalami infeksi ini dibanding orang dewasa.

Lalu, seperti apa gejala dan apa saja jenis otitis media? Berikut ini penjelasannya, Moms.

Baca Juga: Mengenal Otitis Media, Infeksi Telinga Tengah pada Bayi

Gejala Otitis Media pada Bayi

gejala otitis media pada bayi-1

Foto: Orami Photo Stock

Meskipun bayi belum bisa berbicara untuk mengungkapkan apa yang dirasakan, tetapi ada beberapa gejala otitis media pada bayi yang bisa diketahui.

Dokter Spesialis THT (Telinga, Hidung & Tenggorokan), Bedah Kepala, & Leher RS Pondok Indah - Puri Indah, dr. Rangga Rayendra Saleh, Sp.THT-KL, memberikan gejala umum dan khususnya.

"Gejala umum dari otitis media adalah anak menjadi lemas, kurang aktif, dan dapat disertai demam. Selain itu nafsu makan juga dapat berkurang," jelas dr. Rangga.

Sementara, untuk gejala khusus otitis media adalah rasa nyeri pada telinga, anak menjadi rewel, atau dapat disertai dengan keluar cairan dari telinga.

Baca Juga: Bolehkah Anak dengan Otitis Externa Berenang? Ini Jawabannya!

Jenis-jenis Otitis Media

gejala otitis media pada bayi-2

Foto: Orami Photo Stock

Mengutip Stanford Children's Health, berbagai jenis dari gangguan otitis media meliputi tiga jenis ini:

1. Otitis Media Akut (AOM)

Infeksi telinga tengah terjadi secara tiba-tiba yang menyebabkan pembengkakan dan kemerahan.

Cairan dan lendir menjadi terperangkap di dalam telinga, menyebabkan anak mengalami demam, sakit telinga, dan gangguan pendengaran.

2. Otitis Media dengan Efusi (OME)

Cairan (efusi) dan lendir terus menumpuk di telinga tengah setelah infeksi awal mereda. Anak mungkin mengalami perasaan penuh di telinga dan gangguan pendengaran.

3. Otitis Media Kronis dengan Efusi (COME)

Cairan tetap berada di telinga tengah untuk waktu yang lama atau kembali lagi dan lagi, meskipun tidak ada infeksi. Dapat mengakibatkan kesulitan melawan infeksi baru dan gangguan pendengaran.

Pada jurnal American Family Physician, sekitar 80 persen anak-anak akan mengalami setidaknya satu kali otitis media akut (AOM), dan 80-90 persen anak akan mengalami otitis media dengan efusi (OME) sebelum usia sekolah setidaknya satu kali.

Dengan mengetahui gejala otitis media pada bayi, Moms bisa langsung berkonsultasi ke dokter dan Si Kecil dapat diberikan penanganan yang tepat untuk kesembuhannya.

Baca Juga: 5 Cara Alami Mengatasi Infeksi Telinga Bayi

Artikel Terkait