BAYI
2 Juni 2020

Rotavirus pada Bayi, Simak Gejala dan Cara Mencegahnya!

Tenggorokan dan mulut kering bisa jadi gejala rotavirus pada bayi lho Moms
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Orami
Disunting oleh Andra Nur Oktaviani

Rotavirus adalah virus umum yang menginfeksi lapisan usus. Ini menyebabkan muntah dan yang diare, terutama pada bayi dan anak kecil. Karena sering terjadi, imunisasi rotavirus direkomendasikan untuk sebagian besar bayi dan anak-anak dapat mencegah banyak infeksi rotavirus.

Dikutip dari Kidshealth.org, diare yang disebabkan rotavirus ini kerap terjadi saat musim penghujan. Rotavirus ini mudah ditemukan pada mainan dan pada permukaan yang keras di sekolah, tempat penitipan anak, dan di rumah-rumah lho Moms.

Nah, untuk lebih jelasnya, yuk simak ulasan mengenai gejala rotavirus pada bayi dan penanganannya di bawah ini.

Baca Juga: Rotavirus Penyebab Diare. Apa Itu? Kenalan Yuk!

Rotavirus pada bayi Mudah Menular

gejala rotavirus pada bayi

foto: pinkycloud.com

Kabar buruknya, rotavirus sangat menular dan mudah menyebar. Misalnya, jika seorang anak atau bayi memiliki virus di tangannya dan sedang bermain dengan mainan, maka bisa mudah menular jika anak lain bermain dengan mainan yang sama.

Balita bahkan lebih berisiko karena mereka biasanya tidak mencuci tangan sebelum makan, serta memiliki kebiasaan menjilati jari-jari mereka. Kegiatan-kegiatan ini memfasilitasi penyebaran virus. Itu karena dapat bertahan di permukaan yang keras untuk waktu yang lama.

Gejala Rotavirus pada Bayi

Gejala Infeksi Rotavirus.jpg

Nah, untuk itu penting ya Moms mengenali gejala-gejala rotavirus pada bayi. Karena gejala-gejala rotavirus terbukti hanya setelah dua hari infeksi. Berikut gejala-gejala rotavirus pada bayi yang tidak terduga:

  • Diare berat berair
  • Muntah
  • Sakit perut
  • Suhu tinggi
  • Tenggorokan dan mulut kering
  • Intensitas berkemih menurun
  • Batuk
  • Hidung beringus
  • Merasa pusing terutama saat berdiri
  • Merasa mengantuk sepanjang hari

Seperti halnya semua virus, beberapa infeksi rotavirus menyebabkan sedikit atau tidak ada gejala, terutama pada orang dewasa. Kadang-kadang diare bisa menjadi sangat parah sehingga dapat dengan cepat menyebabkan dehidrasi pada bayi atau anak.

Jika Si Kecil menunjukkan gejala-gejala di atas, maka Moms sebaiknya segera mencari bantuan medis. Biasanya dokter akan menyarankan tes feses untuk mengkonfirmasi virus.

Baca Juga: Moms, Kenali Tanda Diare Bayi dari Pup Si Kecil

Cara Mengobati Rotavirus pada Bayi

gejala rotavirus pada bayi

foto: momjunction.com

Sayangnya, tidak ada obat yang bisa melawan rotavirus. Sebab antibiotik membantu melawan bakteri, tetapi bukan virus. Karena rotavirus menyebabkan diare dan muntah yang parah, serta dehidrasi, maka yang terpenting adalah memberi Si Kecil banyak cairan seperti jus, ORSL, air elektoral, dan air kelapa. Jika Si Kecil sampai mengalami dehidrasi parah, maka rawat inap mungkin menjadi pilihan untuk mengatasi hal yang sama.

Terlepas dari upaya pengobatan, menjaga kebersihan dapat mencegah penyebaran infeksi rotavirus pada bayi Moms. Misalnya, Si Kecil diharus mencuci tangan saat:

  • Sebelum makan
  • Setelah menggunakan toilet
  • Setelah bermain di pasir

Baca Juga: Apa Penyebab Diare Kronis pada Bayi? Simak di Sini

Nah Moms, itulah gejala rotavirus pada bayi dan langkah kecil untuk membantu Si Kecil melawan rotavirus. Namun, ini hanya tindakan pencegahan. Sebaiknya lakukan vaksinasi karena vaksinasi cara efektif untuk melindungi Si Kecil dari rotavirus.

(SERA)

Artikel Terkait