TRIMESTER 1
3 Juli 2019

Gigi Berlubang Tapi Tidak Sakit saat Hamil, Apa Sebabnya?

Sedang merasakan atau pernah mengalami kondisi gigi berlubang saat hamil?
Artikel ditulis oleh Dina Vionetta
Disunting oleh Dina Vionetta

Perawatan area mulut dan gigi penting untuk dilakukan, sejak dini hingga dewasa. Bahkan, rutin kontrol ke dokter gigi harus dilaksanakan sejak tumbuh gigi pertama kali dan berikutnya waktu yang dianjurkan adalah 6 bulan sekali.

Perawatan gigi nyatanya juga harus dilakukan oleh ibu yang tengah mengandung. Faktanya, masalah pada rongga mulut ibu hamil bisa membahayakan keadaan janin, seperti menimbulkan kontraksi hingga berdampak pada kelahiran secara dini.

“Perubahan hormon pada ibu hamil yang memengaruhi fungsi organ tubuh, tidak terkecuali kondisi gigi dan mulut. Peningkatan kadar hormon selama kehamilan dapat menyebabkan gusi mudah membengkak dan berdarah. Selain itu, sisa makanan dapat terselip di jaringan gusi maupun gigi dapat mengakibatkan iritasi maupun infeksi,” ungkap seorang dokter gigi bernama drg. Annisa Sabhrina, pada Kulwap Orami Community, Kamis (9/5) lalu.

Memahami perubahan ini, penting bagi ibu hamil untuk secara rutin kontrol ke dokter gigi, dengan mendapatkan perawatan gigi sesuai usia kehamilannya.

“Perawatan gigi pada ibu hamil tidak hanya melihat satu individu saja, melainkan juga harus mempertimbangkan kondisi janin agar tidak membahayakan dirinya kelak,” lanjut dokter yang praktik di RSIA Cinta Kasih, Ciputat ini.

Faktanya, perubahan hormon pada ibu hamil juga mempengaruhi organ tubuh lain yang erat kaitannya dengan tindakan perawatan gigi, seperti sistem kardiovaskular, sistem pernapasan, sistem sirkulasi darah, sistem gastrointestinal, urin, dan kondisi mulut.

Baca Juga: Moms, Lakukan Ini untuk Meredakan Rasa Sakit saat Gigi Anak Goyang

Penyebab Gigi Berlubang Tapi Tidak Sakit saat Hamil

Gigi Berlubang Tapi Tidak Sakit saat Hamil, Apa Sebabnya 02.jpg

Foto: dentalcaretips.com

Moms mungkin saat ini sedang merasakan atau pernah mengalami kondisi gigi berlubang. Masalah gigi tersebut sangat umum dialami orang. Namun, apa penyebabnya jika seorang ibu hamil mengalami gigi berlubang tapi tidak sakit?

“Semua kembali lagi karena perubahan hormon. Hal ini juga memengaruhi rongga mulut. Jadi, hal ini dapat memicu penyakit gigi. Perlu diingat, bukan hamil yang menyebabkan penyakit gigi dan gusi, namun kondisi hamil dapat memperburuk masalah yang sebelumnya sudah ada. Dalam hal ini, gigi berlubang bisa menjadi contohnya,” ujar drg. Annisa.

Jadi, bisa saja saat ini Moms gigi berlubang tapi tidak sakit tersebut. Namun, seiring pertambahan usia kehamilan, dapat timbul rasa sakit. Untuk itu, selalu rutin ke dokter gigi sebagai tindakan preventif menghindari infeksi pada area rongga mulut dan gigi.

Baca Juga: Balita Malas Menggosok Gigi Berpotensi Terkena Sakit Jantung?

Tips Merawat Gigi selama Kehamilan

Gigi Berlubang Tapi Tidak Sakit saat Hamil, Apa Sebabnya 03.jpg

Foto: parenting.firstcry.com

Semua ibu pastinya ingin yang terbaik untuk anak-anaknya, terutama saat masih dalam masa kehamilan. Untuk itu, sebaiknya lakukan beberapa tips perawatan gigi ini selama kehamilan agar terhindar dari berbagai masalah rongga mulut, yaitu sebagai berikut.

  1. Konsumsi makanan dengan gizi seimbang, batasi asupan makanan dan minuman manis yang mengandung gula berlebih. American Dental Association merekomendasikan wanita hamil untuk menyikat gigi dengan pasta gigi berfluoride dua kali sehari dan memakai dental floss.
  2. Melakukan perawatan secara preventif dan rutin kontrol gigi selama kehamilan.
  3. Informasikan kepada dokter gigi tentang usia kehamilan Moms.
  4. Sebaiknya, tunda segala tindakan perawatan gigi, seperti pembedahan gigi hingga proses persalinan.
  5. Usahakan posisi duduk selama perawatan gigi terasa nyaman dan hindari posisi duduk menyilang.
  6. Moms juga bisa membawa bantal kecil untuk menopang tubuh saat melakukan perawatan gigi.

Baca Juga: Belum Perlu Ke Dokter, Ini 5 Cara Mengobati Sakit Gigi Secara Alami dengan Bahan Dapur

Intinya, dalam perawatan gigi selama kehamilan, utamakan kenyamanan tubuh Moms dan juga janin dalam kandungan, ya!

(DG)

Artikel Terkait