TRIMESTER 3
11 Juli 2019

Gigi Ngilu di Trimester Akhir, Apa Penyebabnya?

Perhatikan kesehatan mulut dan gigi agar ini tidak terjadi.
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Dina Vionetta
Disunting oleh Dina Vionetta

Setiap dari kita tahu bahwa memerhatikan kesehatan mulut dan gigi itu penting untuk dilakukan. Perawatan gigi harus dimulai sejak dini, yaitu ketika tumbuh gigi pertama kali, dan sebaiknya secara rutin memeriksa kesehatan gigi setiap 6 bulan sekali.

Bukan tanpa alasan, kesehatan gigi yang terganggu dapat menyebabkan infeksi pada rongga mulut dan dapat memengaruhi organ tubuh lainnya.

Perawatan gigi penting dilakukan, tidak terkecuali untuk ibu hamil. Ibu hamil malahan dianjurkan untuk memeriksa dan melakukan perawatan gigi sesuai dengan usia kehamilannya.

Menurut seorang dokter gigi bernama drg. Annisa Sabhrina, yang praktik di RSIA Cinta Kasih, peningkatan dan perubahan kadar hormon selama masa kehamilan adalah alasan gusi mudah membengkak dan berdarah.

Baca Juga: Waspada, Masalah Gusi Bisa Mengganggu Kesuburan

Sehingga, perawatan gigi menjadi tindakan preventif untuk menghindari infeksi yang dapat menyebabkan kontraksi hingga dampaknya pada kelahiran dini.

Perubahan hormon pada ibu hamil ini juga akan memengaruhi organ tubuh lainnya yang berkaitan dengan tindakan perawatan gigi, seperti sistem kardiovaskular, sistem pernapasan, sistem sirkulasi darah, sistem gastrointestinal, urine, dan kondisi mulut,” ungkap drg. Anissa saat Kulwap Orami Community pada Kamis (9/5) lalu.

Waktu terbaik untuk melakukan perawatan gigi selama masa kehamilan adalah trimester kedua. Karena memasuki trimester ketiga kehamilan, biasanya posisi duduk di dental unit dengan waktu yang lama dapat membuat Moms merasa tidak nyaman.

Pada trimester ketiga, kadang Moms juga mengalami masalah gigi ngilu dan membuat tidak nyaman. Ternyata, hal ini bisa mengindikasikan beberapa kondisi tertentu.

“Gigi ngilu saat trimester ketiga bukan berarti karena kekurangan kalsium. Kondisi ini bisa menjadi tanda gigi berlubang, apalagi jika Moms memiliki riwayat tersebut sebelumnya. Bisa jadi lubang yang ada sudah cukup dalam sehingga membuat gigi ngilu,” ungkap drg. Anissa.

Baca Juga: Malas Menambal Gigi Berlubang, Lama-Lama Bisa Menimbulkan Hal Ini!

Namun, ada baiknya untuk tetap memeriksakan diri ke dokter terdekat jika keluhan yang dirasakan semakin parah dan mengganggu aktivitas. Ingat, perawatan gigi pada ibu hamil harus tetap mengutamakan kenyamanan pada kondisi Moms dan juga janin yang ada dalam kandungan.

Kalsium untuk Kesehatan Gigi Ibu Hamil

Gigi Ngilu di Akhir Trimester, Apa Penyebabnya 02.jpg

Foto: parenting.firstcry.com

Gigi ngilu merupakan salah satu tanda kekurangan kalsium, walaupun sebenarnya butuh pemeriksaan lebih lanjut ke dokter gigi untuk diagnosis lebih tepat. Namun, penting untuk diketahui bahwa kalsium sangat penting bagi ibu hamil untuk menjaga kesehatan tulang dan memenuhi kebutuhan dari janin.

Penting untuk Moms memiliki kalsium yang cukup bahkan hingga proses melahirkan dan masa menyusui. Jika kalsium tidak terpenuhi, maka tubuh akan mengambil dari tulang maupun gigi. Hal ini yang dapat menyebabkan kondisi kesehatan gigi dan mulut dapat terganggu.

Memenuhi kalsium dalam tubuh didapatkan melalui makanan yang dikonsumsi sehari-hari. Selain itu, Moms juga bisa memenuhi kalsium dari suplemen yang dikonsumsi dalam waktu tertentu.

“Tingkatkan kadar kalsium selama kehamilan dengan sumber makanan kaya kalsium seperti keju, susu, yoghurt, susu kedelai, dan tingkatan jumlah vitamin D selama kehamilan,” ungkap drg. Anissa.

Baca Juga: Pentingnya Mengonsumsi Vitamin D Bagi Kesehatan

Selain memerhatikan kalsium terpenuhi, menjaga kesehatan gigi selama masa kehamilan bisa dilakukan dengan rutin menyikat gigi dua kali sehari, membatasi asupan makanan dan minuman manis, serta kontrol rutin ke dokter gigi. Ingat, kesehatan gigi Moms juga memengaruhi kesehatan janin, ya!

(DG)

Artikel Terkait