KESEHATAN
7 Juli 2020

Sumber Gizi Penting untuk Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Ketahui juga sumber makanan penuh nutrisi untuk menjaga kesehatan
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Amelia Puteri
Disunting oleh Andra Nur Oktaviani

Meningkatkan daya tahan tubuh di era pandemi merupakan hal penting yang harus Moms perhatikan. Apalagi, di tengah pandemi COVID-19 yang masih terjadi hingga saat ini.

Salah satu cara mendapatkan imunitas tubuh yang baik adalah dengan mengonsumsi makanan padat gizi untuk meningkatkan daya tahan tubuh.

Pastikan Moms memilih jenis makanan padat nutrisi sehingga tidak hanya membuat tubuh sehat, tetapi juga punya sistem kekebalan tubuh yang baik untuk bisa menangkal virus penyebab penyakit.

Yuk, cari tahu lebih lanjut berikut ini, Moms!

Baca Juga: 5 Vitamin Ini Baik untuk Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Pentingnya Asupan Nutrisi Tepat untuk Imunitas Tubuh Kuat

gizi untuk meningkatkan daya tahan tubuh-1

Foto: Orami Photo Stock

Dalam jurnal Harvard Health, dijelaskan bahwa garis pertahanan pertama untuk sistem imun yang baik adalah gaya hidup sehat. Cara mudah untuk meningkatkan imunitas tubuh adalah dengan mengonsumsi makanan padat nutrisi.

"Penyakit bisa dicegah salah satunya dengan dengan meningkatkan daya tahan/imunitas tubuh. Asupan nutrisi yang tepat, berarti pola makan gizi yang seimbang," jelas dr. Diana Felicia Suganda, M.Kes, Sp.GK, Dokter Spesialis Gizi Klinik - RS Pondok Indah Bintaro Jaya, dalam Webinar "Gizi Baik untuk Meningkatkan Imunitas" pada Rabu (10/6/2020).

Lebih lanjut, dr. Diana menjelaskan pentingnya melengkapi asupan makronutrien dan mikronutrien dengan komposisi tepat. Makronutrien termasuk karbohidrat, protein, dan lemak, sementara mikronutrien termasuk vitamin dan mineral.

Selain dua jenis nutrisi tersebut, dr. Diana juga menyoroti pentingnya asupan protein sebagai gizi untuk meningkatkan daya tahan tubuh.

Baca Juga: 6 Sumber Vitamin C untuk Tingkatkan Daya Tahan Tubuh Saat Pandemi Corona

Jenis Gizi untuk Tingkatkan Daya Tahan Tubuh

gizi untuk meningkatkan daya tahan tubuh-2

Foto: Orami Photo Stock

Moms mungkin berpikir bahwa daya tahan tubuh akan kuat bila mengonsumsi buah-buahan dan sayuran lebih banyak lagi. Tetapi, dr. Diana menekankan bahwa komposisi yang seimbang tetap menjadi hal yang penting.

"Konsumsi buah dan sayur penting. Tetapi, pastikan mengonsumsi makanan dengan gizi seimbang yang mengandung makronutrien dan mikronutrien," terangnya.

Selain itu, penting juga bagi Moms untuk memerhatikan asupan protein dengan mengombinasikannya antara protein hewani dan nabati, sebagai gizi untuk meningkatkan daya tahan tubuh.

Dijelaskan juga macam-macam gizi dan sumber makanan yang bisa meningkatkan sistem kekebalan tubuh:

  • Protein: daging sapi, ayam, hati sapi, hati ayam, telur, ikan, udang, cumi-cumi, tiram, susu full cream.
  • Vitamin A (karotenoid): Minyak ikan, hati sapi, shati ayam, sayuran warna oranye/merah (wortel, tomat, bayam merah, ubi jalar, labu, paprika, kentang, kol, jagung), buah warna oranye/merah/kuning (aprikot, blewah, jeruk, mangga, semangka).
  • Vitamin C: Jambu biji, kiwi, pepaya, jeruk, tomat, brokoli, stroberi.
  • Vitamin D: Ikan laut (salmon, tongkol, tuna, kakap, makarel), susu, telur.
  • Seng/Zinc: Hati sapi, hati ayam, susu full cream, kacang merah, ayam, kacang hijau, tempe, udang.
  • Selenium: Daging sapi, telur, ikan salmon, ayam, susu dan hasil olahannya, sereal.
  • Zat besi: Daging sapi, ayam , udang, hati sapi, hati ayam, sayuran daun hijau.
  • Probiotik: Yogurt.

Baca Juga: 6 Rekomendasi Vitamin C di Bawah 100 Ribu untuk Jaga Daya Tahan Tubuh

Asupan Suplemen untuk Menjaga Daya Tahan Tubuh

gizi untuk meningkatkan daya tahan tubuh-3

Foto: Orami Photo Stock

Vitamin C adalah salah satu nutrisi penting yang bisa membantu menjaga daya tahan tubuh.

Pada jurnal Nutrients, disebutkan vitamin C berkontribusi terhadap fungsi sistem kekebalan tubuh, dan berpotensi melindungi tubuh terhadap stres oksidatif dari lingkungan sekitar.

Selain mendapatkan asupan gizi yang tepat untuk meningkatkan daya tahan tubuh, Moms mungkin bertanya-tanya seberapa penting mengonsumsi suplemen atau vitamin dosis untuk jaga daya tahan tubuh.

Tetapi, menurut dr. Diana, pastikan untuk mengonsumsi makanan dengan gizi seimbang terlebih dahulu, dengan jumlah yang tepat dan jadwal makan yang teratur.

"Jika dari sumber bahan makanan tidak tercukupi, baru bisa mengonsumsi suplementasi. Sebaiknya penuh Angka Kecukupan Gizi (AKG) Vit C 90 mg/hari," kata dr. Diana.

Lebih lanjut, ia mengatakan ada efek samping dari konsumsi vitamin C yang berlebihan, seperti diare, mual muntah, nyeri ulu hati, sakit kepala, dan insomnia.

Itu dia Moms, jenis gizi dan nutrisi yang perlu dikonsumsi untuk meningkatkan daya tahan tubuh. Jaga pola makan tetap bergizi dan juga lakukan pola hidup bersih dan sehat untuk mengurangi risiko paparan virus berbahaya, ya!

Artikel Terkait