RUPA-RUPA
16 Juli 2020

Termasuk Google Classroom, Ini 4 Aplikasi Video Call yang Populer Semasa Pandemi COVID-19

Aplikasi ini dapat memenuhi kebutuhan komunikasi online
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Amelia Puteri
Disunting oleh Dina Vionetta

Kebutuhan untuk berkomunikasi, dan kegiatan belajar di tengah lockdown karena pandemi COVID-19 kini beralih ke serba online. Karena itu, beberapa aplikasi video call mendadak banyak digunakan oleh masyarakat.

Misalnya para pelajar yang menggunakan Google Classroom sebagai platform untuk menunjang kegiatan belajar mengajar secara online atau daring dengan pengajarnya.

Berikut ini daftar aplikasi yang mendadak banyak digunakan sebagai sarana belajar dan komunikasi di tengah wabah COVID-19 di Indonesia.

Baca Juga: Psikosomatik, Efek Lain dari Pandemi COVID-19

Aplikasi Video Call yang Populer Dipakai Karena Pandemi COVID-19

Aplikasi-aplikasi ini banyak digunakan terutama dengan kebutuhan untuk komunikasi para karyawan yang work from home, serta menjadi platform untuk kegiatan belajar mengajar. Berikut ini daftarnya.

1. Google Classroom

aplikasi video call-google classroom.jpg

Foto: alignthoughts.com

Google Classroom adalah aplikasi berbasis ruang kelas yang dirancang untuk dapat menyatukan penggunaan aplikasi lainnya, dan memfasilitasi komunikasi antara guru dan siswa secara online.

Mengutip Teach Hub, di aplikasi ini guru dapat membuat kelas, memposting tugas, dan melihat tugas para muridnya secara real-time. Sementara, siswa dapat mengerjakan tugas mereka dengan akses ke Google Docs.

Keunggulannya, masing-masing siswa memiliki folder Google Drive mereka sendiri, sehingga siswa dan guru mendapatkan akses untuk membuka tugas-tugas sebelumnya yang sudah dikerjakan.

Baca Juga: Bantu Petugas yang Terlibat Tangani Pandemi COVID-19, dengan 4 Langkah Ini

2. Google Hangout Meet

aplikasi video call-meet.jpg

Foto: jojonomic.com

Ini merupakan platform video chat, di mana Moms dapat melakukan video meeting dengan orang lain. Misalnya, konferensi video dengan karyawan dari tim cabang lain, adakan wawancara jarak jauh, dan masih banyak lagi.

Jika ingin mengajak seseorang bergabung dalam panggilan video, bisa dilakukan dengan cara mengundangnya via Google Calendar, atau melalui e-mail. Peserta tinggal meng-klik link untuk mengakses video call tersebut.

Aplikasi ini memberikan akses untuk dapat mengobrol hingga 150 orang di berbagai perangkat, atau mengadakan video call maksimal 25 peserta. Google Hangout Meet bisa digunakan di komputer, tablet, dan juga ponsel.

3. Zoom Video Communications

aplikasi video call-zoom.jpg

Foto: zoom.us

Zoom Video Communications atau Zoom, juga merupakan platform untuk konferensi jarak jauh via video call. Aplikasi ini memiliki fitur yang memungkinkan seseorang merekam sesi konferensi video tersebut.

Melansir Pocket Lint, dua fitur utama yang ditawarkan Zoom adalah:

  • One-on-one meeting: Panggilan video yang dilakukan dua orang.
  • Konferensi video grup: Pada akun yang gratis hanya bisa menyelenggarakan panggilan konferensi hingga 40 menit, dan maksimal 100 peserta.

Baca Juga: 4 Aplikasi untuk Membantu Mengetahui Masa Subur Wanita

4. Skype

aplikasi video call-skype.jpg

Foto: itpro.co.uk

Aplikasi video call yang terakhir adalah Skype, yang tentunya sudah sangat familiar Moms dengar. Skype bisa digunakan dengan laptop, tablet, dan juga ponsel untuk dapat berkomunikasi dengan orang lain.

Untuk membuat akun dan menggunakan fitur panggilan video, tidak dikenakan biaya alias gratis. Selain itu, pengguna juga bisa menyediakan layanan pesan instan gratis untuk berkomunikasi dengan pengguna Skype lainnya.

Itu dia Moms, daftar aplikasi video call yang populer digunakan semenjak pandemi COVID-19 ini.

Artikel Terkait