SELEBRITI
30 Juni 2020

Gordon Ramsay Kunjungi Sumbar, Ini 5 Makanan Khas Daerah Minang yang Harus Moms Coba

Ada yang sudah pernah mencobanya, Moms?
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Teti
Disunting oleh Ikhda Rizky Nurbayu

Gordon Ramsay juri dari Master Chef dunia, baru-baru ini mengunjungi Sumatera Barat (Sumbar) atau yang kerap disebut Ranah Minang.

Tanah Minang memang terkenal dengan makanan enaknya, tidak heran Rumah Makan Padang tersebar di seluruh Indonesia, bahkan dunia.

5 Makanan Khas Minang yang Harus Dicoba

Berikut lima makanan khas Minang yang harus Moms coba!

1. Rendang

makanan santan saat lebaran-rendang.jpeg

Rendang setiap tahunnya hampir selalu masuk sebagai makanan terenak di dunia. Untuk bisa mendapatkan makanan terenak di dunia ini butuh usaha yang cukup keras.

Di Sumbar masih banyak orang yang memasak rendang dengan cara tradisional di wajan tanah liat dengan api kecil dengan kayu bakar bukan kompor gas.

Semakin hitam rendang dan semakin lama dimasak, bahkan hingga satu bulan, maka akan semakin enak rasanya. Meski hanya dengan nasi hangat, rendang sudah sangat nikmat apalagi ditambah dengan sambal merah khas Minang.

Baca Juga: Sejarah Unik Rendang Asli Minang

2. Dendeng Batokok

Bolehkah Mengonsumsi Dendeng Saat Hamil.jpg

Dendeng adalah daging yang diiris tipis dan digoreng, namun dendeng ada dua jenis, dendeng basah atau dendeng kering yang biasa disebut dendeng batokok.

Untuk mendapatkan rasa yang nikmat dan renyah dari dendeng batokok, daging yang sudah direbus dengan bumbu, ditumbuh hingga makin tipis dan dijemur hingga tiga hari di bawah matahari.

Dendeng batokok bisa dinikmati dengan sambel merah dan juga dengan lado ijo alias cabai hijau yang tidak kalah nikmat.

3. Itiak Lado Mudo

itiak lado mudo.jpeg

Foto: detik.com

Setiap kabupaten dan kota di Sumbar biasanya memiliki makanan khas sendiri. Misalnya dari Bukittinggi, kota yang terdapat Jam Gadang makanan yang paling terkenal adalah itiak lado mudo.

Itiak lado mudo adalah olahan bebek/itik terkenal dari Bukittinggi. Daging bebek yang super empuk dibalut bumbu cabai hijau yang pedas nikmat.

Bagi penggemar hidangan pedas pasti langsung jatuh cinta dengan tampilannya. Potongan bebek akan dibaluri bumbu cabai hiijau yang royal. Makan dengan nasi hangat dan dengan tangan dijamin tangan bisa sampai bersih tanpa perlu cuci tangan.

Baca Juga: Resep Untuk Sajikan Telur Dengan Bumbu Balado

4. Sate Padang

sate padang.jpeg

Foto: detik.com

Sama dengan banyak makanan Minang lainnya, Sate Padang juga bisa ditemui di berbagai tempat. Sate Padang berbeda dengan Sate Madura yang disajikan dengan bumbu kacang.

Sate Padang memiliki kuah yang kental yang makin mencair begitu sate dingin. Sehingga sangat disarankan memakan Sate Padang selagi hangat.

Sate Padang juga sangat nikmat dan gurih, serta aroma wangi dari bawang goreng bisa ditaburi cukup banyak di atasnya.

5. Lamang Tapai

lamang tapai.jpg

Foto: google.co.id

Selain lauk, masakan Minang yang manis juga tidak kalah nikmat, meski tentu saja cara pembuatannya tidak kalah sulit dari masakan Minang yang lain.

Lamang adalah beras ketan yang dimasak dengan cara dibakar di dalam bambu, sehingga memiliki wangi dan rasa yang sangat enak, ditambah dengan tapai, yang manis dan masam.

Baca Juga: Resep Bubur Kampiun Khas Sumatra Barat

Nah, sudah pernah mencoba ya mana nih, Moms? Enak semua lho rasanya!

Artikel Terkait