KESEHATAN
19 September 2019

Green Coffee untuk Diet, Apakah Aman?

Keamanannya tergantung dari produk yang kita beli
Artikel ditulis oleh Adeline Wahyu
Disunting oleh Intan Aprilia

Green coffee dikenal juga dengan nama kopi hijau. Jenis kopi ini adalah biji kopi (biji) dari buah-buahan Coffea yang belum dipanggang. Proses pemanggangan biji kopi mengurangi jumlah asam klorogenat kimia.

Oleh karena itu, biji kopi hijau memiliki tingkat asam klorogenat yang lebih tinggi dibandingkan dengan biji kopi biasa. Asam klorogenat dalam kopi hijau dianggap memiliki manfaat bagi kesehatan.

Kopi hijau menjadi populer untuk menurunkan berat badan setelah disebutkan di acara Dr. Oz pada tahun 2012. Dalam acara tersebut, Dr. Oz menyebutnya sebagai ‘biji kopi hijau yang membakar lemak dengan cepat’ dan mengklaim bahwa tidak diperlukan olahraga atau diet. Amankah green coffee untuk diet?

Baca Juga: 4 Menu Sarapan Untuk Turunkan Berat Badan

Cara Kerja Kopi Hijau untuk Menurunkan Berat Badan

kopi hijau untuk diet

Biji kopi merupakan sumber dua fitokimia terbaik, kafein dan asam klorogenat. Asam klorogenik adalah salah satu asam yang berguna untuk menurunkan berat badan.

Namun, memanggang biji kopi dapat menghancurkan asam klorogenik, itulah sebabnya ekstrak kopi hijau cocok untuk mereka yang ingin menurunkan berat badan.

Berdasarkan sebuah jurnal dari US National Library of Medicine tentang kopi hijau, green coffee untuk diet yang mengandung asam klorogenik dapat membantu meningkatkan sensitivitas insulin dengan menurunkan regulasi gen yang menyebabkan kenaikan berat badan.

Baca Juga: Ini Rumus Bikin Kopi Tubruk Enak

Dalam International Journal Corner, asam klorogenik juga dapat mencegah penyerapan lemak dan meningkatkan metabolisme lemak di hati, sehingga membantu penurunan berat badan.

Ekstrak green coffee untuk diet dapat membantu menurunkan gula darah dan menjaga lonjakan insulin tetap terkendali. Selain meningkatkan metabolisme lemak, asam klorogenat juga menormalkan hormon terkait obesitas.

Amankan Penggunaan Green Coffee untuk Diet?

kopi hijau untuk diet

Produk green coffee untuk diet yang dipasarkan oleh berbagai perusahaan dapat mengandung asam klorogenat dan kafein dalam konsentrasi berbeda.

Selain itu, karena suplemen tidak harus konsisten dalam hal komposisi, kopi hijau berkualitas rendah dapat dijual atas nama kopi hijau berkualitas tinggi.

Baca Juga: Singkirkan Mata Lelah dengan Ampas Kopi

Akhirnya, kafein dalam kopi hijau berkualitas rendah dapat bereaksi dengan obat lain dan suplemen yang saat ini Moms konsumsi.

Jadi, sebelum memutuskan untuk mengonsumsi kopi hijau, pertimbangkan produk dengan baik terlebih dahulu, bila perlu bicarakan dengan dokter untuk mengetahui merek mana yang sebaiknya dipilih.

Perhatikan bagian manfaat dan efek samping sebelum membeli. Jadi, semuanya tergantung dari produk yang Moms beli ya.

Artikel Terkait