KEHAMILAN
23 Agustus 2019

Gundah Usai Melahirkan? Yuk Kelola Stresnya, Moms!

Moms, yuk hilangkan stres demi Si Kecil
Artikel ditulis oleh Orami
Disunting oleh Carla Octama

Bagi ibu baru, pekan dan bulan pertama setelah melahirkan bisa menjadi melelahkan.

Ibu baru biasanya kurang tidur, berurusan dengan hormon yang menggila, pulih dari kehamilan dan melahirkan, dan yang terpenting, berusaha merawat si kecil.

Ibu baru biasanya merasakan kewalahan dan penuh keraguan terhadap dirinya, dan ini sangatlah umum. Untuk para ibu baru, agar rasa lelahnya tidak berubah menjadi stres yuk coba kelola stresnya!

Stres Pasca-Persalinan Sangat Normal

adult-art-baby-235243.jpg

“Stres sangat umum bagi ibu nifas,” kata pelatih kebugaran Jaime McFaden, seperti yang dikutip dari aaptiv.com

Menurutnya, ada begitu banyak perubahan yang terjadi secara internal dan eksternal terhadap ibu hamil. Apalagi hidup benar-benar berbeda.

"Kamu mungkin sedang menyusui atau memompa, bangun sepanjang waktu, merasa lapar, berurusan dengan perubahan hormon, dan berusaha mempertahankan kehidupan normal. Ada banyak alasan mengapa periode pascamelahirkan bisa sangat menegangkan,” jelas dia.

Baca Juga : 4 Cara Sembuh Dari Trauma Persalinan

Penyebab Stres Usai Persalinan

adorable-asleep-baby-38535.jpg

Banyak hal yang membuat ibu baru stres usai melahirkan, seperti, mengelola banyak tugas, bersiap untuk kembali bekerja, dan transisi ke merawat anak pertama.

Ditambah lagi belajar merawat dan merespons lebih dari satu anak, menyesuaikan hubungan dengan pasangan, kelelahan, dan tidak menemukan waktu perawatan diri.

Selain itu juga, kesulitan ikatan dengan bayi, perasaan mudah tersinggung, mudah marah, dan terlalu sensitif terhadap emosi.

Kurangnya Kenikmatan Menjadi Seorang Ibu

adult-art-baby-208188.jpg

Pada dasarnya, stres pascamelahirkan dapat terjadi akibat kurang tidur, menyusui, merawat manusia lain 24/7, dan kebutuhan pribadi si ibu diabaikan, kata Dr. Wyatt Fisher, Seorang Psikolog dan Penasihat Perkawinan Berlisensi di Boulder, CO.

Stres ibu melahirkan juga dipicu oleh pengalaman kehamilan atau persalinan yang sulit, tambah lagi menurut Psikoterapis Dr. Mayra Mendez, terutama pengalaman yang dapat mengakibatkan trauma yang berkelanjutan atau takut sakit.

"Stres dikenal luas untuk mengurangi produksi oksitosin dan endorfin, yang mengurangi rasa sakit selama dan setelah kelahiran," jelas Ahli Terapi Perkawinan dan Keluarga Gina Borelli, yang berspesialisasi dalam depresi pascapersalinan dan kesedihan di Rumah Sakit Umum Marin.

“Periode pascapersalinan sangat menantang bahkan ketika seseorang tidak cenderung mengalami depresi atau kecemasan. Pemulihan setelah lahir dipengaruhi oleh kurang tidur dan kecemasan yang menyertai tugas orangtua yang normal. Orang tua baru biasanya memiliki perasaan bersalah — terutama dalam hal menyeimbangkan perawatan diri dengan kebutuhan untuk merawat anak mereka.”

Baca Juga : 3 Cara Menjadi Ibu yang Bahagia, Bisa Ditiru!

Usahakan untuk Makan Sehat, Berolahraga Secukupnya, dan Istirahat Sebanyak Mungkin

baby-barefoot-blur-415824.jpg

"Untuk mengatasi stres pascapersalinan, pastikan ibu menjaga diri sendiri," kata Raffi Bilek, Penasihat Pasangan dan Direktur Pusat Terapi Baltimore.

“Pergi berjalan-jalan di luar rumah dengan bayi, pastikan untuk mandi atau mandi di sana ketika bisa, menyewa pengasuh bayi selama satu jam, dan pijat. Setelah melahirkan, hal-hal ini tidak mewah. Itu adalah kebutuhan," tambahnya.

Jadi usahakan untuk selalu berpikir positif dalam menjalaninya ya, Moms!

(TPW/CAR)

Artikel Terkait