PARENTING ISLAMI
13 September 2020

10 Hak Ibu dalam Islam, Sudahkah Terpenuhi?

Derajat seorang ibu lebih tinggi dibandingkn dengan ayah. Karenanya, hak-hak berikut ini perlu kita tunaikan.
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Zarah Amala
Disunting oleh Andra Nur Oktaviani

Berbakti kepada kedua orang tua adalah hal yang wajib dilakukan seorang muslim. Akan tetapi, di antara kedua orang tua, seorang ibu lebih dimuliakan dibandingkan seorang ayah.

Allah ta'ala telah memerintahkan manusia untuk berbuat baik kepada kedua orang tua, dan mengingatkan secara khusus tentang jasa ibu yang telah mengandung dan menyusuinya dengan susah payah.

Di dalam Al-Quran, Allah subhanahu wa ta'ala berfirman,

“Dan Kami perintahkan kepada manusia (berbuat baik) kepada dua orang ibu-bapanya; ibunya telah mengandungnya dalam keadaan lemah yang bertambah-tambah, dan menyapihnya dalam dua tahun . Bersyukurlah kepadaKu dan kepada dua orang ibu bapakmu, hanya kepada-Kulah kembalimu.” (Qs. Luqman : 14)

Baca Juga: 7+ Amalan Ibu Hamil Menurut Islam, Yuk Lakukan Moms!

Hak Ibu dalam Islam

Itulah mengapa seorang ibu memiliki hak yang berbeda dengan seorang ayah. Berikut ini beberapa hak ibu dalam Islam seperti dikutip dari A-Z Islam.

1. Dihormati Tiga Kali sebelum Ayah

hak ibu dalam islam-3.jpg

Foto: Shutterstock

Hak ibu dalam Islam yang pertama adalah dihormati tiga kali sebelum ayah."Dari Abu Hurairah radhiyallaahu ‘anhu, belia berkata, “Seseorang datang kepada Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam dan berkata, ‘Wahai Rasulullah, kepada siapakah aku harus berbakti pertama kali?’ Nabi shallallaahu ‘alaihi wasallam menjawab, ‘Ibumu!’ Dan orang tersebut kembali bertanya, ‘Kemudian siapa lagi?’ Nabi shallallaahu ‘alaihi wasallam menjawab, ‘Ibumu!’ Orang tersebut bertanya kembali, ‘Kemudian siapa lagi?’ Beliau menjawab, ‘Ibumu.’ Orang tersebut bertanya kembali, ‘Kemudian siapa lagi,’ Nabi shalallahu ‘alaihi wasallam menjawab, ‘Kemudian ayahmu'." (HR. Al-Bukhari dan Muslim)

Ibu adalah orang yang paling berhak atas perlakuan baik dari anak-anaknya. Ini karena perjuangannya dalam mengandung, melahirkan, dan membersarkan anak-anaknya.

2. Dipatuhi oleh Anak-anaknya

Hak ibu dalam Islam yang selanjutnya adalah dipatuhi oleh anak-anaknya. Seorang ibu memainkan peran penting sepanjang hidup anaknya. Jadi, sudah menjadi kewajiban mereka untuk dipatuhi oleh anak-anak.

Nabi (saw) berkata, "Dua (jenis dosa) Allah akan meneruskan (hukuman) di dunia ini: pelanggaran keras dan ketidaktaatan anak-anak kepada orang tua mereka." (Tirmidzi dan Ibnu Majah)

3. Diperlakukan dengan Baik

Hak ibu dalam Islam yang selanjutnya adalah diperlakukan baik. Seorang ibu harus diperlakukan dengan baik oleh anak-anaknya dengan segala cara. Ada sebuah kisah ketika Asma 'binti Abu Bakar bertanya kepada Nabi (saw), tentang ibunya yang tidak percaya. Dia bertanya kepada Nabi bagaimana dia harus memperlakukannya, dan dia menjawab,

"Ya, berhubungan baiklah dengan ibumu." (Al-Lu'lu 'wal-Marjan-587)

4. Membesarkan Anak-anaknya Sendiri

hak seorang ibu-4.jpg

Foto: Shutterstock

Hak ibu dalam Islam yang selanjutnya adalah membesarkan anak-anaknya sendiri. Seorang ibu akan berkorban apapun untuk anak-anaknya, dan dia telah melakukannya saat melahirkan mereka.

Itulah sebabnya seorang ibu memiliki hak tertinggi untuk membesarkan anak-anaknya hingga akhir hayat. Dia akan membesarkan anak-anaknya sampai mereka dapat hidup dengan baik sendiri.

Baca Juga: 10 Aturan untuk Ibu Menyusui Menurut Islam, Jangan Abaikan!

5. Dibayarkan Utang-utangnya

Hak ibu dalam Islam yang selanjutnya adalah dibayarkan utang-utangnya. Ketika seorang ibu meninggal dan dia meninggalkan utang di dunia ini, anak-anak yang ditinggalkan harus segera membayar utangnya. Itu termasuk dalam hak-hak ibu dalam Islam yang harus dipenuhi.

6. Menyusui Anaknya yang Baru Lahir

Hak ibu dalam Islam yang selanjutnya adalah menyusui anaknya yang baru lahir. Segera setelah bayinya lahir, dia berhak menyusui bayinya. Air Susu Ibu (ASI) adalah makanan terbaik yang bisa didapat bayi di hari pertama kehidupannya. Selama masa menyusui, seorang ibu membuat ikatan batin dengan anaknya.

7. Mendidik Anak-anaknya

hak ibu dalam islam-5.jpg

Foto: Shutterstock

Hak ibu dalam Islam yang selanjutnya adalah mendidik anak-anaknya. Seorang ibu adalah guru pertama untuk anaknya. Jadi selain merawat, seorang ibu juga mendidik anaknya dengan cara yang baik sebagai persiapan untuk bergaul dengan masyarakat di masa depan. Karena itu, penting bagi seorang ibu untuk memiliki sikap yang baik.

8. Dihibur oleh Anak-anaknya

Hak ibu dalam Islam yang selanjutnya adalahDihibur oleh anak-anaknya. Allah SWT dan Nabi Muhammad SAW telah dengan kuat memerintahkan setiap Muslim untuk menyenangkan ibu mereka, terutama ketika mereka sudah di usia tua.

Nabi SAW berkata, "Maka berjuanglah untuk mereka dan menerahkan dirimu (jihaad)." (Bukhari dan Muslim)

9. Ditemani oleh Anak-anaknya

Hak ibu dalam Islam yang selanjutnya adalah ditemani oleh anak-anaknya. Seperti halnya ibu yang merawat kita sedari kecil, saat kita dewasa dan ibu semakin menua, mereka membutuhkan kita untuk merawatnya.

Dan dalam Mu'awiyyah as-Sulami berkata kepada Nabi (saw):

"Aku ingin pergi berjihad di jalan Allah." Kemudian Nabi SAW, bertanya: "Apakah ibumu hidup?". Dia berkata: "Ya." Lalu Nabi SAW menjawab, "Tinggallah bersamanya, karena Jannah ada di bawah kakinya." (Ahmad dan NASA).

10. Mendapatkan Bantuan Keuangan dari Anak-anaknya

Hak ibu dalam Islam yang selanjutnya adalah mendapat bantuan keuangan dari anak-anaknya. Salah satu hak yang didapatkan seorang ibu adalah mendapatkan bantuan finansial dari anak-anaknya. Apalagi ketika mereka tidak bisa lagi bekerja mencari nafkah.

Baca Juga: 9 Cara Mendampingi Ibu Hamil dalam Islam, Dads Wajib Tahu!

Itulah beberapa hak yang pantas didapatkan seorang ibu. Meski kasih sayang dan pengorbanan ibu jauh lebih besar dari yang kita berikan, setidaknya ini akan menjadi pahala yang baik untuk kita.

Dan sudah menjadi tugas seumur hidup kita untuk merawat dan mencintai mereka.

Artikel Terkait