PROGRAM HAMIL
18 April 2019

Hal Menyenangkan yang Akan Dialami Saat Trimester Kedua Kehamilan

Selamat datang di masa yang menyenangkan selama kehamilan
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Intan Aprilia
Disunting oleh Intan Aprilia

Pada skala 1 hingga 10, kira-kira seberapa sakit yang dirasakan oleh ibu hamil? Namun tahukah Moms bahwa ada hal indah saat hamil yaitu trimester kedua!

Setelah melewati fase mual dan muntah yang Moms alami sepanjang trimester pertama, akhirnya Moms akan memasuki fase yang lebih santai. Apa saja hal menyenangkan yang akan Moms alami saat trimester kedua kehamilan?

Perubahan di Trimester Kedua

trimester kedua cover

Trimester pertama adalah momen adaptasi yang cukup berat. “Di fase ini ibu hamil mengalami perubahan hormon yang membuat banyak perubahan mulai dari fisik hingga mood,” ujar Tracy Davis, MD.

Moms akan merasakan penciuman sudah tidak setajam dulu. Artinya Moms tak perlu takut merasa mual dan tak nafsu makan karena mencium baunya.

Di trimester kedua kehamilan, aliran darah akan semakin lancar selama kehamilan ini. Hal ini membuat Moms lebih merona dan tampak cantik.

Kuku dan rambut yang rusak di trimester pertama akan pulih di saat ini. Namun, bagian terbaiknya adalah Moms akan lebih berenergi. Say goodbye untuk tidur-tidur seharian di kamar!

Baca Juga: 5 Sumber Makanan Penting Untuk Dikonsumsi Selama Trimester Kedua Agar Janin Berkembang Sempurna

Hal Baik Lainnya yang Akan Dialami

trimester kedua 02

Moms akhirnya bisa memberitahu semua orang mengenai kondisi kehamilan Moms! Tentu saja awal kehamilan adalah fase yang sangat rapuh.

Artinya, keguguran sangat mungkin terjadi di awal kehamilan. Belum lagi masalah lain seperti perkembangan organ janin yang tak sempurna sebab organ penting berkembang pesat di awal kehamilan.

Selain itu, perut yang mulai membesar membuat orang di sekitar Moms sadar akan kehamilan yang sedang Moms jalani. Jika Moms setiap hari menggunakan transportasi umum maka orang akan menyadari kebutuhan Moms untuk tidak terlalu lama berdiri. Tak perlu lagi sungkan meminta duduk pada orang lain saat berada di transportasi umum!

Di trimester kedua pula Moms akan mulai punya tenaga untuk menyiapkan kehadiran Si Kecil. Tentu menyenangkan memilih tempat tidurnya hingga merancang kamar untuk bayi.

Moms mungkin bisa mengetahui jenis kelamin Si Kecil di akhir trimester kedua. Menyenangkan bukan?

Baca Juga: Agar Ibu dan Janin Sehat, Lakukan 5 Tes Ini di Trimester Kedua Kehamilan

Bagi Moms yang percaya adat istiadat, tentu saja saatnya merancang acara seperti tujuh bulanan. Selain melestarikan budaya, kegiatan ini akan membangun kedekatan antara Moms dan calon bayi di dalam kandungan.

Hal lain yang tak kalah menyenangkan adalah Moms akan merasakan gerakan janin untuk pertama kalinya. Hanya dalam beberapa minggu, Moms akan memasuki periode kehidupan di mana akan melihat kulit di perut bergerak.

Moms juga biasanya bisa mencoba melakukan seks pada saat ini. Tentu saja, dengan izin dokter kandungan ya! Aliran darah yang semakin kencang membuat sensasi orgasme juga berbeda.

Wah, apalagi Moms bisa merencanakan liburan berdua bersama suami. Tentu menjadi hal yang dinanti sepanjang kehamilan bukan? Apakah Moms mengalami hal menyenangkan tadi saat trimester kedua?

(GSA/INT)

Artikel Terkait