KEHAMILAN
28 Mei 2020

3 Hal yang Akan Dialami saat Hamil 18 Minggu, Bersiap ya Moms!

Sindrom carpal tunnel jadi salah satu gejala hamil minggu ke-18 yang mungkin Moms rasakan
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Waritsa Asri
Disunting oleh Andra Nur Oktaviani

Minggu ke-18 merupakan saat janin mulai menguap dan cegukan. Hamil 18 minggu berarti berada di bulan ke-5 kehamilan sehingga tinggal 4 bulan lagi hingga waktu persalinan tiba. Lalu, pada tahap kehamilan ini perut Moms akan terlihat lebih jelas.

Hal ini karena bayi dan rahim tumbuh dengan cepat. Tetapi perlu diingat bahwa setiap ibu berbeda saat kehamilan. Jadi, beberapa pun hanya terlihat seperti benjolan kecil sementara yang lain terlihat begitu besar.

Walaupun begitu, semua bentuk perut pada hamil minggu ke-18 merupakan normal serta dapat bervariasi tergantung dari seberapa banyak Moms dan bayi bertambah tinggi dan berat badan, atau apakah ini kehamilan pertama atau tidak.

Hal yang Akan Dirasakan saat Hamil 18 Minggu

Jika kehamilan Moms berkembang tanpa komplikasi, maka keluhan atau gejala yang tidak mengenakkan akan terasa ringan pada minggu ke-18 ini.

Moms mungkin mengalami peningkatan energi, tetapi juga kelelahan. Bila lelah, maka tidur siang secara singkat dapat membantu. Selain itu, ada beberapa hal yang umumnya akan Moms rasakan saat hamil 18 minggu.

Apa saja hal yang akan Moms rasakan? Yuk simak ulasannya di bawah ini.

1. Sindrom Carpal Tunnel

Carpal tunne syndrome

Foto: Orami Photo Stock

Dilansir dari Healthline, sindrom carpal tunnel adalah keluhan umum ibu hamil yang disebabkan oleh saraf yang terkompresi di pergelangan tangan dan menyebabkan kesemutan, mati rasa, dan nyeri pada tangan maupun lengan.

Bila Moms bekerja di depan komputer, maka pastikan tempat kerja yang nyaman. Moms juga harus menghindari paparan getaran yang berkepanjangan, seperti alat listrik atau mesin pemotong rumput.

Berita baiknya, sindrom yang masuk kehal yang akan Moms alami saat hamil 18 minggu dan akan hilang setelah melahirkan. Tak lupa bicarakan dengan dokter kandungan bila Moms mengalami sindrom ini.

Baca Juga: 8 Cara Meringankan Carpal Tunnel Syndrome saat Hamil

2. Pegal-pegal

ibu hamil sakit pinggang

Foto: Orami Photo Stock

Hal yang akan Moms rasakan saat hamil 18 minggu lainnya adalah nyeri tubuh, seperti sakit punggung, pangkal paha, atau paha.Hal ini terjadi karena tubuh berubah dengan cepat, saat rahim mengembang dan mendorong bentuk perut keluar, pusat keseimbangan Moms pun berubah. Ini dapat menyebabkan sakit tubuh atau pegal-pegal.

Tak luput, peningkatan berat bayi Moms juga memberikan tekanan ekstra pada tulang panggul. Kompres atau pijatan ringan bisa membantu keluhan ini.

Pastikan Moms mencari tukang pijat yang berspesialisasi dalam pijat prenatal. Ada baiknya juga Moms mulai berolahraga ringan serta pastikan asupan air tercukupi.

Baca Juga: Perkembangan Janin Minggu Ke-18

3. Perubahan Kulit Disertai Gatal

Fakta-tentang-Linea-Nigra,-Garis-Hitam-pada-Perut-yang-Muncul-saat-Hamil-Hero.jpg

Foto: Orami Photo Stock

Hamil minggu ke-18, membuat perut Moms sering gatal. Sehingga, hindari mandi air panas atau memakai baju yang kencang. Gunakan krim khusus yang bisa melembabkan karena mengurangi hal tersebut.

Selain gatal, hal yang akan Moms rasakan saat hamil 18 minggu lainnya itu linea nigra atau garis gelap di perut Moms, tapi hal ini merupakan normal dan hilang setelah melahirkan. Sementara, yang kerap membuat pusing adalah stretch mark.

Ya, stretch mark merupakan perubahan kulit yang paling terkenal serta umum selama kehamilan bahkan memengaruhi hingga 90 persen ibu hamil. Stretch mark biasanya mulai muncul selama trimester kedua.

Menurut sumber dari National Institutes of Health, ada sebuah metode yang mengklaim bisa meringankan stretch mark ibu hamil yaitu menggunakan cocoa butter serta minyak zaitun ternyata tidak efektif mencegah atau mengurangi stretch mark ini.

Baca Juga: Tahapan Perkembangan Bayi Minggu Ke-18

Hal-hal yang akan Moms alami saat hamil 18 minggu ini mungkin akan menyebabkan banyak perubahan. Tapi, Moms tak perlu memusingkannya.

Malah, karena telah memasuki fase perut yang membesar jadi tak ada salahnya memanjakan diri dengan membeli baju baru agar terlihat lebih modis saat hamil.

Artikel Terkait