JALAN-JALAN
24 Agustus 2016

Hal Yang Bisa Anda Pelajari Dari Naik Gunung

Mendaki gunung bukan ajang eksis tapi sebagai pelajaran mental
Artikel ditulis oleh (fitria.rahmadianti)
Disunting oleh (fitria.rahmadianti)

Naik gunung saat ini sedang trend di kalangan kaum muda. Banyak yang beranggapan masa muda belum lengkap jika belum pernah merasakan sensasi naik gunung. Tapi tahukah Anda, bahwa naik gunung bukan sekedar ajang eksis dan bersenang-senang. Pelajaran mental dan perilaku akan kamu temui didalamnya. Apa saja? Berikut penjelasannya.

1. Teamwork Building

Naik gunung bisa Anda lakukan bukan hanya dengan kemampuan Anda sendiri. Memang bisa jika dilakukan sendiri, tapi untuk pemula tidak disarankan untuk mencapai puncak tanpa ada pengawasan dari orang yang sudah ahli ataupun ketua regu. Dalam perjalanan memuju puncak Anda akan merasakan sisi kerja sama yang begitu kuat. Saling menyemangati ketika ada yang mulai lelah, atau saling membantu satu sama lain ketika sedang menghadapi track yang sulit.

2. Toleransi

2 toleransi

3. Bersyukur

Pernahkah Anda merasa selalu kekurangan dan selalu merasa tidak puas dengan semua yang Anda dapatkan? Jika Anda pernah merasakannya, coba lakukan aktivitas naik gunung. Diperjalanan Anda akan terus disuguhkan pemandangan dan kejutan alam yang luar biasa, yang menjadikan Anda merasa bersyukur bahwa nikmat bukan hanya materi, tapi kekuasaan Sang Maha Pencipta juga perlu disyukuri.

4. Menambah teman

Untuk Anda para pemula yang tidak memiliki teman yang berpengalaman mendaki gunung. Mungkin Anda akan mencari trip gabungan dari beberapa agent travel backpacker yang banyak tersedia di situs-situs online. Kemungkinan besar seluruh anggota perjalanan Anda tidak mengenal satu sama lain. Gunakan kesempatan ini sebagai ajang menambah koneksi. Setelah pendakian selesai, jangan sungkan meminta kontak masing-masing anggota. Semakin banyak Anda berteman, semakin luas pengetahuan Anda dan sangat berpengaruh untuk keberlangsungan karir Anda dikemudian hari.

5. Menaklukkan diri sendiri

Sekali lagi, aktivitas mendaki gunung bukan hal yang mudah. Perlu tekad yang bulat dan semangat yang terus menyala jika Anda ingin menaklukan puncak gunung. Dari mendaki Anda akan belajar bahwa tidak mudah untuk mencapai sesuatu yang tinggi, tapi dengan semangat yang tidak pernah padam, kesabaran, dan kerja keras semua itu akan terbayar dengan hal yang indah. Pemandangan di puncak gunung akan membayar jerih payah Anda yang sudah menaklukan diri Anda sendiri, yang sudah melampaui kemampuan Anda sendiri, yang sudah kuat menopang langkah dengan kaki Anda sendiri. Jika tidak bisa Anda menjadi pemenang diberbagai kompetisi, paling tidak dengan mendaki gunung Anda sudah menjadi juara untuk diri Anda sendiri.

--LMF

Foto: getintravel, shutterstock

Artikel Terkait