KESEHATAN
16 November 2019

4 Hal yang Boleh Dikatakan kepada Orang Depresi

Selalu ingat untuk memberi dukungan ya Moms
Artikel ditulis oleh Orami
Disunting oleh Andra Nur Oktaviani

Depresi bisa terjadi pada siapa saja, tidak memandang gender bahkan usia. laki-laki dan perempuan, muda dan tua, dan bahkan orang-orang yang tampaknya memiliki segalanya dapat menderita depresi yang membuat semua aspek kehidupan tampak begitu sulit.

Sebagian besar penyakit mental biasanya sangat jarang terjadi, namun berbeda dengan depresi berat yang justru sangat umum.

Menurut National Institute of Mental Health, hampir 7 persen orang dewasa Amerika, diperkirakan sekitar 16 juta orang pada tahun 2016, memiliki setidaknya satu episode depresi.

Nah, jika kita mungkin mengenal dan mengetahui seseorang yang dikenal atau bahkan dicintai, mengalami depresi, itu adalah hal yang baik. Karena setidaknya kita mengetahui kondisinya dan berusaha berempati.

Hal yang Boleh Dikatakan kepada Orang Depresi

Dengan kondisi seperti itu, penting bagi kita untuk menjaga perkataan. Salah berkata bisa membuat kondisi mereka makin parah lho Moms!

Namun, kita pasti bertanya-tanya apa hal yang boleh dikatakan kepada orang depresi, sehingga jangan sampai memperburuk kondisinya.

Apa saja hal yang boleh dikatakan kepada orang depresi? Yuk simak ulasannya di bawah ini!

Baca Juga:Mengenal Hidroterapi, Terapi Air untuk Orang yang Sedang Alami Depresi

1. Aku di Sini Untukmu

Aku di sini untukmu.jpg

Hal yang boleh dikatakan kepada orang depresi yang pertama adalah selalu ada untuk memberikan dukungan. "Jangan hanya mengatakannya, bersungguh-sungguh," kata psikolog Dr. John Grohol, pendiri dan kepala eksekutif PsychCentral.com seperti dilansir dari today.com.

Dia menekankan, saat kita mengatakan hal tersebut, itu berarti kita harus benar-benar menemaninya mencari bantuan ahli seperti psikolog atau psikiater. Selain itu, kita bisa menawarkan untuk membantu mereka dengan hal-hal seperti mencari terapis, menepati janji atau dukungan apa pun yang mereka butuhkan.

"Untuk individu yang depresi mengetahui bahwa ada seseorang di sana untuk mereka sangat besar," tambahnya.

2. Ayo Kita Lakukan Sesuatu

Ayo kita lakukan sesuatu.jpg

Hal yang boleh dikatakan kepada orang depresi yang selanjutnya adalah mengajak melakukan sesuatu. Penderita depresi dapat masuk ke dalam pemikiran ruminatif, yakni memutar ulang peristiwa negatif atau menyiksa bagaimana situasi tertentu bisa dimainkan secara berbeda.

Nah, terapis membantu orang menghadapi jenis pemikiran negatif ini, tapi kita sebenarnya juga dapat membantu. Di antaranya dengan melakukan kegiatan bersama yang menantang secara mental dan fisik.

Hal ini dapat membantu mengalihkan perhatian seseorang yang berada di tengah pola pemikiran ruminatif.

"Katakan, ayo jalan-jalan, ayo kickboxing, ayo pergi ke kelas yoga, ayo lakukan sesuatu bersama. Seseorang bisa sangat terkejut dengan betapa baiknya perasaan mereka setelah melakukan sesuatu dengan seseorang," urai psikolog Dr. Carl Tishler, asisten profesor psikiatri dan psikologi di The Ohio State University.

Baca Juga: Moms, Kenali Lebih Dekat 6 Gejala Depresi Pada Anak

3. Saya Tidak Tahu Persis Apa yang Kamu Rasakan, Tetapi itu Pasti Sulit

-Saya tidak tahu persis apa yang Kamu rasakan, tetapi itu pasti sulit___.jpg

Hal yang boleh dikatakan kepada orang depresi yang selanjutnya adalah menyampaikan simpati meskipun tidak tahu persis apa yang dialami. Depresi adalah kondisi kompleks dengan komponen genetik, biologis dan psikologis.

Ketika kita menegaskan kembali bahwa kita mungkin tidak memahami penyakitnya, tetapi kita mengakui bahwa itu nyata dan seringkali sulit dikendalikan, maka itu dapat sangat bermanfaat orang yang mengalami depresi.

"Mengakui bahwa depresi itu menyebalkan, bisa menjadi awal dari percakapan yang baik," kata Grohol, membiarkan individu yang depresi itu berbicara tanpa takut dihakimi.

4. Terkadang, Diam Saja itu Lebih Baik

Terkadang diam lebih baik.jpg

Hal yang boleh dikatakan kepada orang depresi yang selanjutnya adalah tidak berkata apapun alias diam.

"Tidak apa-apa mengatakan pada mereka namun kita namun tidak usah menawarkan, dan hanya duduk dan mendengarkan," kata Tishler.

Karena perasaan kesepian dan keterasingan sering kali dapat membanjiri orang dengan depresi. Sehingga, kehadiran kita semata-mata dapat membantu.

Baca Juga: Terapi Sentuhan untuk Mengatasi Depresi

Nah, itulah beberapa hal yang boleh dikatakan kepada orang depresi. Wah ternyata kita tidak bisa sembarangan ya Moms dalam menghadapi orang depresi. Ingat, selalu tunjukkan dukungan kepada mereka agar mereka punya motivasi untuk bangkit.

(SERA)

Artikel Terkait