BALITA DAN ANAK
18 Juni 2019

Banyak Film Menarik di Bioskop? Ini Hal yang Harus Dipertimbangkan sebelum Membawa Balita ke Bioskop

Pertimbangkan juga kenyamanan penonton lain ya Moms
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Orami
Disunting oleh Andra Nur

Semenjak liburan Lebaran banyak film keluarga dirilis. Bukan hanya film Hollywood, film Indonesia pun banyak. Maklum, libur Lebaran memang berdekatan dengan jadwal libur sekolah.

Moms dan Dads pun mungkin sudah merencanakan untuk membawa Si Kecil yang masih balita menonton di bioskop. Meski begitu, Moms dna Dads harus tetap mempertimbangkan kondisi Si Kecil sebelum diajak ke bioskop.

Moms juga perlu mempertimbangkan beberapa hal sebelum membawa balita ke bioskop. Apa saja hal yang harus dipertimbangkan sebelum membawa balita ke bioskop? Yuk simak ulasannya di bawah ini!

Baca Juga: Sindiran Viral Leony pada Orang Tua yang Bawa Bayi ke Bioskop, Perhatikan 4 Tips Ini Saat Nonton Film di Bioskop Bersama Si Kecil

1. Memberikan Dampak Negatif pada Tumbuh Kembang

bioskop1.jpg

Hal yang harus dipertimbangkan sebelum membawa balita ke bioskop yang pertama adalah dampaknya pada tumbuh kembang. Berdasarkan penelitian American Academy of Pediatrics (AAP), bayi di bawah 18 bulan harus mengindari bukan hanya film di bioskop, tapi juga film dan acara TV.

Ketika balita sudah berusia lebih dari 18 bulan, Moms mulai diperbolehkan namun hanya program mendidik dan disesuaikan dengan usia dan tentu saja harus ada pendamping.

Setelah Si Kecil berusia lebih dari 2 tahun, layar besar sudah diperbolehkan namun hanya sekitar satu jam saya dan harus didampingi oleh orang tua agar bisa membantu Si Kecil memahami apa yang mereka lihat dan saksikan.

Karena film memiliki durasi lebih dari satu jam, mungkin Moms dan Dads bisa mengajak Si Kecil, namun harus sangat jarang. Terlalu lama menatap layar pada Si Kecil akan berdampak negatif pada penguasaan bahasa serta perkembangan emosi dan sosial.

Menatap layar terlalu lama juga bahkan gangguan tidur dan berat bayi dalam beberapa tahun pertama kehidupannya, ketika otaknya tumbuh paling cepat. Nah, ini menjadi hal yang harus dipertimbangkan sebelum membawa balita ke bioskop.

2. Volume Suara Bioskop Terlalu Keras

bioskop2.jpg

Hal yang harus dipertimbangkan sebelum membawa balita ke bioskop yang selanjutnya adalah volume suara yang terlalu kencang.

Berdasarkan rekomendasi di atas tentu Moms dan Dads punya kebijakan tersendiri untuk Si Kecil. Meski begitu, balita sebaiknya tidak dibiasakan ke bioskop. Pasalnya, film di bioskop diputar dengan suara yang sangat kencang dan itu bisa menjadi alasan kuat untuk tidak mengajaknya ke bioskop.

Tingkat desibel di bioskop sangat bervariasi, tetapi Pusat Pendengaran dan Komunikasi memperingatkan bahwa volume suara bioskop sering kali jauh melampaui 90 desibel. Dan itu terlalu keras untuk siapa pun, tetapi itu sangat berbahaya bagi anak-anak kecil yang telinganya masih berkembang.

Volume suara yang terlalu kencang ini jadi hal yang harus dipertimbangkan sebelum membawa balita ke bioskop lainnya.

Baca Juga: Bolehkah Bayi Diajak Nonton Bioskop?

3. Gambar dan Suara Menakutkan bagi Balita

bioskop3.jpg

Hal yang harus dipertimbangkan sebelum membawa balita ke bioskop yang selanjutnya adalah gambar dan suara yang cenderung menakutkan.

Selain itu, mungkin ada pula gambar dan suara yang akan menakutkan bagi Si Kecil. Adegan menakutkan dapat menakuti anak kecil, bahkan jika dia tidak memahami konten, musik, dan suasana film dapat menimbulkan rasa takut. Dalam hal ini, Moms mungkin perlu mewaspadai kemungkinan teror pada malam.

Belum lagi kalau Moms dan Dads mengajak Si Kecil menonton film yang tidak sesuai dengan umur Si Kecil. Ketika Si Kecil menyaksikan orang saling tendang dan tinju, akan sangat mungkin ditiru. Kalaupun Si Kecil diajak ke bioskop, pastikan film yang disaksikan sesuai dengan usia Si Kecil.

4. Kemungkinan Mengganggu Orang Lain

bioskop4.jpg

Hal yang harus dipertimbangkan sebelum membawa balita ke bioskop yang selanjutnya adalah kenyamanan penonton lain.

Pada usia balita, Si Kecil cenderung tidak bisa diam dan akan bertahan duduk di kursinya hingga dua jam, sehingga akan sangat mungkin banyak yang terganggu. Karena itu usahakan membuat Si Kecil mau duduk diam, baik dengan bantuan orang tua lain ataupun camilan kesukaannya.

Baca Juga: 5 Film Anak Indonesia Paling Sukses, Sudah Nonton?

Itulah beberapa hal yang harus dipertimbangkan sebelum membawa balita ke bioskop Moms. Jangan sampai nonton bioskop bukannya membuat Si Kecil senang tapi malah memberikan dampak buruk.

(TPW)

Artikel Terkait