PERNIKAHAN & SEKS
26 Maret 2019

Hal Yang Harus Dipertimbangkan Sebelum Rujuk Dengan Suami

Menemukan apa yang menjadi penyebab utama dalam sebuah keretakan rumah tangga adalah hal yang paling penting
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Ikhda Rizky Nurbayu
Disunting oleh Ikhda Rizky Nurbayu

Perceraian memang menjadi sesuatu yang dirasa amat menyakitkan bagi pasangan rumah tangga. Meski seolah sudah tak dapat dipertahankan, rupanya ada beberapa pasangan yang berhasil rujuk dan membatalkan perceraian.

Memang hal itu merupakan sebuah keputusan yang sangat baik, namun tetap harus ada beberapa hal yang dipertimbangkan sebelum rujuk dengan suami seperti:

Temukan Penyebab Perceraian

Menemukan apa yang menjadi penyebab utama dalam sebuah keretakan rumah tangga menjadi hal yang paling penting.

Meski terkadang hal ini di dukung oleh sejumlah masalah kecil lainnya, namun tentu ada sebuah pemicu utama.

Mengetahui penyebab utama perceraian sebelum akhirnya rujuk kembali adalah sebuah kunci agar Moms dan pasangan dapat menghindari kesalahan yang sama terjadi lagi.

Baca Juga: 4 Artis Hollywood Ini Menikah Dua Kali Dengan Orang yang Sama

no fault divorce

Niat Rujuk Harus Datang Dari Kedua Belah Pihak

Meski rujuk adalah niat yang baik, namun pastikan hal tersebut dilakukan karena adanya keinginan dari kedua belah pihak. Jangan sampai ada niat rujuk karena salah satunya merasa kasihan dengan Si Kecil.

Ingatlah Moms, bila rujuk hanya menjadi keinginan salah satu pihak maka akan sulit untuk memperbaiki semuanya. Tak menutup kemungkinan, hubungan yang seolah seperti berjuang sendirian ini malah akan membuat keretakan kembali di kemudian hari.

Pastikan Tak Ada Lagi Dendam

Emosi, amarah, dan dendam harus sudah sirna ketika memutuskan untuk rujuk. Kesalahan memang tak mudah untuk dilupakan, namun menyimpan dendam saat memutuskan untuk rujuk hanya akan membuat kesalahan yang sama terjadi lagi.

Meski sudah rujuk, pasangan suami istri tentu masih akan terlibat konflik-konflik kecil lainnya. Jangan sampai hanya karena masih ada dendam, ketika persoalan kecil datang masalah lama kembali terbuka.

Sama-sama Menetapkan Tujuan

Moms dan suami harus benar-benar tahu apa yang menjadi tujuan kalian di depan. Bersama-samalah membangun tujuan itu dan berupayalah menghindari kesalahan yang sama.

Dengan mengetahui apa yang menjadi tujuan bersama, maka rintangan yang akan dijumpai kedepan tidak akan mudah membuat goyah hubungan rumah tangga.

Baca Juga: Perlukah Berteman dengan Mantan?

divorce lawyers

Bila Perlu, Buat Daftar Hal Yang Tak Disukai Satu Sama Lain

Terlihat sederhana, namun hal ini bisa menjadi hal penting dalam hubungan. selain datangnya konflik eksternal, faktor perceraian sepasang suami istri biasanya disebabkan karena adanya ketidakcocokan sifat satu sama lain.

Alangkah baiknya untuk membuat daftar sifat yang tak Moms sukai dari suami begitu pula sebaliknya. Selain untuk memperbaiki diri, tentunya hal ini juga akan membantu untuk lebih mudah menerima kekurangan pasangan.

Rujuk memang hal terbaik dari sebuah perceraian, namun yang lebih baik lagi ingatlah untuk menjadikan perceraian sebagai hal yang sebaiknya tak pernah terpikirkan setelah menikah.

(IRN)

Artikel Terkait