RUPA-RUPA
22 Mei 2019

6 Hal yang Harus Disiapkan Jika Mudik Pakai Mobil

Makanan di dalam mobil itu penting ya Moms
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Ikhda Rizky
Disunting oleh Carla

Mudik sudah menjadi tradisi tahunan masyarakat di Indonesia yang terjadi menjelang lebaran. Apalagi seperti yang Moms tahu kalau mudik merupakan momen yang paling ditunggu-tunggu.

Ada berbagai sarana transportasi untuk mudik ke kampung halaman, mulai dari pesawat, kereta api, bis, motor, dan mobil. Biasanya banyak dari mereka yang menggunakan mobil untuk mudik karena alasan praktis dan lebih mudah jika pergi bersama Si Kecil.

Nah, apakah Moms menjadi salah satunya yang ikut mudik ke kampung halaman menggunakan mobil? Sebelum itu, Moms harus memperhatikan beberapa hal yang harus atau bahkan wajib dipersiapkan saat mudik pakai mobil. Ini kelima hal yang harus dipersiapkan:

1. Periksa Kondisi Kendaraan

اعطال بسيطة بالسيارة يمكنك اصلاحها بنفسك 1(2)

Hal paling pertama yang harus disiapkan ketika Moms sekeluarga akan mudik pakai mobil adalah mengecek kondisi kendaraan. Tujuannya tentunya supaya terhindar dari bahaya.

Moms bisa menyuruh pasangan atau suami untuk mengecek kondisi filter udara, kipas pendingin, aki, timing belt, rem, filter bensin, ban, tekanan ban, lampu, dan berbagai cairan di mobil seperti minyak rem, oli mesin, air radiator, air wiper.

Simpelnya adalah dengan membawa mobil Moms ke bengkel paling tidak 3 minggu sebelum digunakan mudik, tujuannya untuk menghindari antrean panjang di bengkel.

Baca Juga: 5 Tips Mudik Lebaran Nyaman bagi Ibu Hamil

2. Mempersiapkan Fisik

conduct brand health check 1

Seperti yang kita tahu kalau mudik pakai mobil biasanya membutuhkan waktu tempuh yang cukup lama. Kemacetan panjang pun terkadang bisa terjadi dan membuat energi terkuras.

Moms dan keluarga harus mempersiapkan fisik sebelum mudik pakai mobil ya Moms. Pastikan sang suami telah siap berkendara jarak jauh dan persiapkan pula siapa yang harus menggantikannya untuk menyetir.

Sebaiknya hindari obat-obatan, ganti dengan mengonsumsi buah dan sayur saat sahur dan berbuka puasa. Jika memungkinkan, Moms bisa mengonsumsi multivitamin sebagai tambahan energi saat mudik pakai mobil.

3. Istirahat Itu Perlu

sleep car 56fc4c385f9b586195ab51dc

Saat badan sudah terasa lelah atau terasa mengantuk, sebaiknya pinggirkan mobil di tempat yang aman, bisa pom bensin atau masjid untuk mengistirahatkan badan.

Istirahat dapat membantu suami yang menyetir atau Moms sebagai penumpang untuk fokus dan berkonsentrasi selama perjalanan.

Baca Juga: 6 Cara Menjaga Rumah Agar Aman Selama Mudik

4. Menyediakan Makanan dan Minuman

61wn8m7kunl. sl1001

Perjalanan mudik pakai mobil ke kampung halaman rata-rata ditempuh selama kurang lebih 6 – 12 jam, bahkan bisa saja lebih sampai 1 – 2 hari. Tergantung dari jarak tempuh dan kondisi kemacetan yang melanda.

Tujuan menyediakan makanan dan minuman yang cukup di dalam mobil sebagai pengganjal di jam berbuka puasa atau saat sahur tiba. Enaknya memang kita bisa mampir ke restoran atau swalayan terdekat, namun jika kondisinya Moms terjebak kemacetan panjang bagaimana?

5. Menata Barang Bawaan

auto met bagage

Menata barang bawaan terkadang menjadi hal sepele yang harus disiapkan saat mudik pakai mobil. Namun, dengan Moms menata barang bawaan serapi mungkin, akan memudahkan ketika Moms mengambil dan membutuhkan barang tersebut.

Misal, Moms bisa meletakkan barang-barang yang tidak akan diambil selama perjalanan di area paling dalam bagasi atau paling bawah. Sedangkan barang-barang yang dibutuhkan selama perjalanan bisa Moms letakkan di paling atas tumpukan barang.

Baca Juga: Kiat Agar Balita Tidak Terlalu Capek dan Sakit Saat Mudik

6. Menyiapkan Segala Kebutuhan

15627 1504666801623 first aid kit small img4 1000x1000px

Selama mudik pakai mobil, kebutuhan yang harus disiapkan Moms dan keluarga antara lain seperti peralatan solat, pakaian ganti, kebutuhan Si Kecil, sampai obat-obatan yang sudah dimasukkan ke dalam kotak P3K.

Itu dia enam hal yang harus dipersiapkan ketika Moms dan keluarga mudik pakai mobil ke kampung halaman. Apakah Moms mudik? Ada hal lain yang perlu dipersiapkan? Share yuk Moms di bawah.

(IRN)

Artikel Terkait