KEHAMILAN
10 Agustus 2020

Segala Hal yang Perlu Moms Ketahui Saat Hamil 7 Bulan

Sudah siapkah Moms menyambut awal trimester 3?
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Serenata Kedang
Disunting oleh Amelia Puteri

Saat hamil, Moms pasti akan mempelajari banyak hal terutama mengenai kandungannya.

Jika Moms belum tahu seperti apa ciri-ciri kehamilan 7 bulan, gejala, makanan yang baik untuk dikonsumsi, vitamin untuk penunjang kesehatan janin, bentuk perut bahkan hingga pantangan apa yang harus dilakukan, yuk simak pembahasan hamil 7 bulan di bawah ini agar Moms tahu dan siap untuk menjalani kehamilan.

Ciri-ciri Hamil 7 Bulan

Hamil 7 Bulan darah meningkat.jpg

Foto: freepik.com

Untuk mengetahui seperti apa tanda-tanda kehamilan 7 bulan, yuk simak ciri-cirinya berikut ini:

1. Organ Tubuh Membengkak

Beberapa organ tubuh Moms juga akan mengalami pembengkakan seperti di pergelangan kaki hingga kaki dan tangan. Mungkin area wajah juga akan membengkak karena menahan lebih banyak cairan dan sirkulasi darah yang lambat.

2. Volume Darah Meningkat

Dilansir dari About Kids Health, pada usia kehamilan 7 bulan volume darah naik sebesar 30% hingga 50% dari biasanya.

Kenaikan yang cukup besar ini ternyata berguna untuk kebutuhan janin dan cadangan ketika Moms kehilangan banyak darah saat persalinan nanti. Wah, hebat ya!

3. Janin Lebih Aktif

Di usia kehamilan 7 bulan ini, bayi Moms akan lebih aktif daripada bulan-bulan sebelumnya karena organ-organ tubuh bayi sudah berkembang hampir sempurna sehingga ia juga akan sering bergerak.

Baca Juga: Menariknya Perkembangan Janin pada Usia Kehamilan 30 Minggu

4. Berat Badan Naik Drastis

Moms akan mengalami kenaikan berat badan yang drastis di usia hamil 7 bulan ini. Kenaikannya bisa setiap minggu antara 8 sampai dengan 11 kg.

5. Postur Tidak Seimbang

Semakin bertambah besarnya perut Moms ini akan menyulitkan janin untuk bergerak karena sempitnya ruang untuk gerak.hamilJanin seringkali menggerakkan siku dan lututnya.

Bertambah beratnya janin ini rupanya cukup menyulitkan karena akan membuat Moms tidak seimbang untuk menahan berat tubuh. Untuk itu, selalu berusaha mempertahankan postur seimbang, ya.

Gejala Hamil 7 Bulan

gejala hamil 7 bulan

Foto: Orami Photo Stock

Kehamilan 7 bulan banyak memiliki gejala mengingat sudah dekatnya dengan waktu persalinan. Maka, wajar bila Moms mengalami hal-hal seperti di bawah ini:

1. Merasa Sesak

Hamil 7 bulan adalah trimester ke-3 di mana keadaan perut semakin membesar sehingga ini akan mengakibatkan rahim mendorong diafragma.

Apa yang terjadi adalah otot yang mengatur pernapasan akan terganggu, sehingga Moms akan lebih merasa sesak napas. Untuk itu, hindari melakukan kegiatan berat agar tidak kesulitan bernapas ya, Moms.

2. Konstipasi dan Sembelit

Kehamilan usia ini akan membuat Moms merasa sakit perut di waktu-waktu tertentu dan mengalami susah BAB. Bahkan, susahnya BAB masih dibarengi dengan hasrat buang air kecil yang tidak teratur.

Jika Moms mengalami hal ini, tindakan cepatnya adalah berbaring miring kemudian berikan bantalan untuk perut dan di antara kaki.

3. Mulai Merasa Mulas

Di trimester ke-3 ini Moms akan mulai merasa mulas di beberapa waktu. Jangan khawatir karena ini normal bagi usia kehamilan 7 bulan.

Baca Juga: 3 Tips Tetap Sehat Bekerja Saat Hamil di Trimester Ketiga

4. Keputihan Semakin Meningkat

Keputihan yang sering Moms alami akan meningkat di bulan ke-7. Hal ini terjadi karena hormon estrogen bertambah sehingga peningkatan aliran darah ke daerah panggul pun ikut meningkat dan merangsang selaput lendir. Tak heran apabila keputihan jadi meningkat ya, Moms.

5. Organ Tubuh Kram

Sebagai perempuan yang hamil besar, tak heran Moms akan semakin sering mengalami kram di beberapa organ tubuh, misalnya kaki. Hal ini wajar terjadi karena Moms melakukan aktivitas seperti berjalan dan kegiatan rutin dengan keadaan perut yang semakin besar.

6. Gatal Berlebih

Moms mungkin juga akan mengalami gatal yang sangat berlebihan. Hal ini dikarenakan perut yang semakin membesar sehingga kulit bagian perut akan tertarik melebar.

Nah, kulit yang tertarik dalam waktu singkat ini mungkin akan menyebabkan gatal yang berlebihan. Jika hal ini dirasa mengganggu, segera konsultasikan ke dokter, ya.

7. Tekanan Darah Tinggi

Tak heran di usia kehamilan ini Moms juga akan sering mengalami darah tinggi. Moms perlu konsultasi ke dokter jika terlalu sering mengalami ini untuk memastikan Moms dalam kondisi yang normal atau ada masalah.

Baca Juga: 5 Cara Mencegah Tekanan Darah Tinggi pada Ibu Hamil

Makanan yang Baik untuk Hamil 7 Bulan

makanan yang baik untuk hamil 7 bulan

Foto: Orami Photo Stock

Mengonsumsi makanan yang baik adalah salah satu tugas Moms untuk membantu si kecil di dalam perut tumbuh dengan baik dan sempurna. Berikut ini adalah rekomendasi makanan yang sebaiknya Moms konsumsi selama kehamilan 7 bulan.

1. Kalsium

Kalsium adalah kandungan penting bagi perkembangan tulang. Moms yang sedang hamil 7 bulan harus banyak mengonsumsi makanan yang mengandung kalsium karena akan membantu pertumbuhan tulang dan kerangka tubuh bayi.

Mengutip Cleveland Clinic, Moms harus mengonsumsi setidaknya 1000 gram kalsium setiap harinya. Contoh makanan yang banyak mengandung kalsium adalah susu, yoghurt, keju, dan lain-lain.

2. DHA

DHA berfungsi untuk tumbuh kembang otak dan otot bayi. Moms setidaknya harus mendapatkan kandungan DHA sebanyak 200 mg per hari. Contoh makanan yang banyak mengandung DHA adalah minyak ikan, ikan tuna, ikan trout, kerang, dan biji kenari.

Baca Juga: Ibu Hamil Susah Tidur Saat Trimester Ketiga? Ini Kiat Agar Bisa Tidur Nyenyak

3. Asam Folat

Moms tentu menginginkan bayi yang sehat dan sempurna, bukan? Mengonsumsi makanan yang banyak mengandung asam folat setidaknya 600 sampai dengan 800 mg per hari dapat mencegah bayi lahir cacat.

Asam folat juga membantu bayi untuk tumbuh dengan sistem saraf yang baik. Moms bisa mengonsumsi jeruk, avokad, sereal, oatmeal, dan roti gandum.

4. Magnesium

Salah satu gejala hamil 7 bulan adalah kram di beberapa organ tubuh. Mengonsumsi makanan yang mengandung magnesium akan membantu mengurangi risiko kram dan ini sangat mampu untuk mencegah bayi lahir prematur.

Penuhi kebutuhan magnesium setidaknya 400 mg per hari untuk setiap 1000 gram kalsium. Contoh jenis makanan yang banyak mengandung magnesium adalah bayam, avokad, tahu, pisang, almond, dan biji labu.

5. Protein dan Zat Besi

Makanan yang mengandung protein dan zat besi tidak hanya bermanfaat bagi bayi lho tapi juga untuk Moms sendiri. Salah satu manfaatnya adalah mencegah perdarahan dan anemia saat persalinan.

Mengutip Parenting First Cry, konsumsi makanan yang mengandung protein dan zat besi setidaknya 27 mg per hari. Contoh makanan yang banyak kandungan protein dan zat besi adalah sayuran berwarna gelap (bayam), kismis, aprikot, biji wijen, kacang-kacangan, telur, dan daging.

6. Serat

Saat hamil 7 bulan, Moms sangat berisiko mengalami sembelit. Mengonsumsi makanan yang mengandung serat bermanfaat sebagai pembersih empedu dan mencegah sembelit. Pastikan minum air putih yang cukup dan perbanyak konsumsi makanan seperti kacang-kacangan, buah, dan sayuran.

7. Vitamin C

Kebutuhan zat besi bagi kehamilan 7 bulan dapat diupayakan dengan mengonsumsi makanan yang mengandung vitamin c karena vitamin c membantu menyerap zat besi dengan sempurna. Contoh makanan yang mengandung vitamin c adalah lemon, jeruk, melon, dan brokoli.

Baca Juga: Hati-Hati, Jangan Sembarang Suntik Vitamin C!

Bentuk Perut Hamil 7 Bulan

Hamil 7 Bulan pengaruh postur tubuh.jpg

Foto: freepik.com

Banyak di antara Moms yang rupanya khawatir setelah membandingkan perut hamilnya dengan perut hamil milik orang lain karena memiliki bentuk yang berbeda. Yuk, simak bentuk perut hamil Moms dan penyebab perbedaan perut hamil terhadap setiap wanita saat hamil.

1. Pengaruh Postur Tubuh

Membicarakan bentuk perut saat kehamilan sangat dipengaruhi oleh kondisi fisik Moms sendiri. Jika Moms memiliki postur yang tidak tinggi, maka bayi akan memiliki sedikit ruang karena jarak antara pinggul dan tulang rusuk sedikit. Sehingga, rahim akan melebar bukan memanjang dan benjolan akan tampak lebih besar mengembang.

Namun, jika postur Moms tinggi dan memiliki perut panjang, maka perut Moms saat hamil mungkin tidak akan tumbuh ke samping dan ukuran benjolan akan tampak lebih kecil.

Ini akan menyebabkan pertumbuhan perut Moms yang panjang dan membuat lebih banyak ruang bagi bayi sehingga ada banyak ruang untuk tumbuh.

2. Pengaruh Cairan Ketuban

Selain dipengaruhi postur tubuh, ukuran perut juga dipengaruhi oleh banyak atau sedikitnya cairan ketuban. Pada saat mulai kehamilan, Moms akan menghasilkan cairan ketuban.

Namun seiring bayi berkembang, ia juga akan menghasilkan cairan dari paru-parunya. Banyak atau sedikitnya cairan ini akan memengaruhi ukuran perut Moms juga, lho.

3. Pengaruh Genetik

Genetik yang Moms and Dads miliki sangat berpengaruh terhadap bayi. Jika Moms and Dads memiliki genetik tinggi dan besar, maka bayi juga berkemungkinan besar demikian. Ini tentu akan sangat memengaruhi bentuk bayi dan membuat bentuk perut sesuai dengan kondisi sang bayi.

Baca Juga: Apakah Stunting Merupakan Penyakit Genetik? Ini Kata Ahli!

Larangan Ibu Hamil 7 Bulan

Nah, saat hamil 7 bulan, ada pula lho beberapa larangan atau pantangan yang harus Moms perhatikan. Apa saja?

1. Mengonsumsi Makanan Pedas dan Berlemak

Makanan yang mengandung lemak akan sulit dicerna. Ketika tubuh sulit mencerna makanan, akan menimbulkan rasa tidak nyaman dan menghambat waktu tidur. Sebaiknya hindari makanan jenis ini terutama saat malam hari. Contoh makanan yang pedas dan mengandung lemak adalah saos sambal dan gorengan.

2. Mengonsumsi Minuman Bersoda dan Kafein

Hamil 7 Bulan konsumsi minuman bersoda.jpg

Foto: freepik.com

Minuman bersoda adalah jenis minuman yang tinggi gula namun tidak mengandung nutrisi. Maka, sebaiknya hindari mengonsumsi ini.

Mengutip Baby Center, kafein juga menyebabkan konstipasi dan dehidrasi, untuk itu hindari minuman sejenis kopi-kopian.

Baca Juga: Ini Batasan Kafein Aman Program Hamil

3. Mengonsumsi Makanan Tinggi Sodium

Makanan yang mengandung sodium ternyata dapat menyebabkan pembengkakan dan kembung. Moms yang sedang hamil 7 bulan sebaiknya menghindari makanan jenis ini seperti keripik dan makanan kering berbumbu cepat saji.

4. Mengonsumsi Junk Food

Hamil 7 Bulan junk food.jpg

Foto: freepik.com

Demi pertumbuhan bayi yang baik, tentu Moms harus menghindari junk food karena ini tidak sehat. Usahakan mengonsumsi makanan sehat dan alami seperti sayur-sayuran dan buah-buahan.

5. Menggunakan Sepatu Hak Tinggi

Moms yang sedang hamil 7 bulan sudah sangat sulit menjaga keseimbangan dikarenakan berat badan yang semakin besar. Menggunakan sepatu ber-hak tinggi sangat berisiko cedera. Jadi, sebaiknya Moms menunggu waktu pascapersalinan saja ya jika mau menggunakan sepatu hak tinggi.

Baca Juga: Sudah Mau Lahiran Meghan Markle Masih Pakai Sepatu Hak, Ini 6 Bahaya Ibu Hamil Mengenakan High Heels

6. Olahraga Berat

Jika Moms biasa melakukan olahraga berat di masa-masa tidak hamil, maka saat mengalami kehamilan Moms harus mengurangi kegiatan ini. Gantilah dengan olahraga ringan yang dapat membantu proses persalinan seperti berjalan kaki dan naik tangga.

Vitamin Hamil 7 Bulan

Hamil 7 Bulan vitamin.jpg

Foto: freepik.com

Dilansir dari Pregnancy Birth Baby, vitamin yang paling baik untuk Moms saat hamil 7 bulan adalah vitamin yang berasal dari makanan alami yang dikonsumsi untuk makan sehari-hari dan bukan dari suplemen atau multivitamin sejenis obat-obatan.

Sehingga untuk memenuhi asupan vitamin yang diperlukan untuk kehamilan, Moms hanya perlu memperbaiki pola dan konsumsi makanan saja.

Namun tetap ada suplemen yang harus Moms hindari saat hamil 7 bulan, yaitu suplemen vitamin A dosis tinggi, suplemen vitamin B6, suplemen vitamin C, suplemen vitamin D, dan suplemen vitamin E.

Kalau ada keharusan mengonsumsi vitamin-vitamin di atas, maka harus menggunakan resep dokter karena penggunaan vitamin di atas memiliki takaran-takaran tertentu yang harus disesuaikan dengan kondisi kehamilan Moms.

Moms, itulah informasi lengkap seputar hamil 7 bulan yang bisa diketahui. Semoga Moms dan Si Kecil dalam perut tetap sehat sampai waktunya tiba persalinan, ya. Semangat!

Artikel Terkait