PROGRAM HAMIL
15 Agustus 2019

Hamil Alami setelah IVF, Mungkinkah?

Kalo IVF gagal, apakah masih bisa hamil?
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Orami
Disunting oleh Andra Nur Oktaviani

Masalah infertilitas merupakan salah satu faktor yang mendorong banyak pasangan menjalani prosedur in vitro fertilization (IVF) untuk punya anak.

Sebagian pasangan sukses hamil setelah percobaan pertama, namun, tidak sedikit juga yang harus mencobanya beberapa kali sebelum berhasil mempunyai momongan.

Baca Juga: Selain IVF, Ini Cara Hamil Buat Penderita PCOS

Tetap Bisa Hamil Alami setelah IVF

Hamil normal setelah IVF, mungkinkah (1) (1).jpg

Setelah kelahiran anak pertama lewat IVF, apakah artinya Moms dan Dads harus menjalani prosedur itu lagi untuk bisa memiliki anak kedua?

Ternyata belum tentu, Moms. Hamil alami setelah IVF ternyata bukanlah hal yang mustahil.

Dikutip dari situs web Reuters, pasangan yang pernah mengalami masalah infertilitas, termasuk yang kemudian menjalani IVF untuk bisa punya anak, masih mempunyai peluang untuk hamil alami setelah IVF.

Temuan tersebut berdasarkan hasil studi dari Perancis. “Sebagian besar pasangan dengan masalah infertilitas berpikir mereka tidak dapat hamil secara alami. Hasil studi kami menunjukkan bahwa mereka masih memiliki kemungkinan untuk dapat hamil alami,” kata Dr. Pénélope Troude dari lembaga penelitian medis nasional Perancis, INSERM.

Dr Troude mengatakan, temuan studi mereka juga menyiratkan harapan bagi pasangan yang belum berhasil hamil lewat IVF.

Hasil studi Dr. Troude tentang hamil alami setelah IVF telah dimuat di jurnal Fertility and Sterility.

Baca Juga: Deteksi Awal Masalah Infertilitas, Jangan Takut Datang ke Klinik IVF

Dalam studi tersebut, Dr. Troude dan rekan-rekannya mengumpulkan informasi dari sekitar 2.100 pasangan yang pernah menjalani perawatan kesuburan pada awal 2000 di Perancis. Sekitar 1.300 pasangan berhasil hamil lewat IVF.

Delapan hingga sepuluh tahun kemudian, seluruh pasangan dalam studi tersebut diminta mengisi survei yang dirancang untuk mendata apakah mereka pernah hamil alami setelah IVF.

Dari pasangan yang punya anak lewat IVF, sebanyak 17 persen di antaranya berhasil hamil alami setelah IVF tanpa melalui prosedur atau perawatan kesuburan apa pun.

Dan, dari kelompok pasangan yang program IVF-nya tidak sesuai harapan, sekitar 24 persen di antara mereka akhirnya berhasil hamil alami.

Kisah tentang Moms yang hamil alami setelah IVF juga diceritakan di situs web Parents.

Dikutip dari situs web tersebut, Jennifer L. Nichols, D.O., dari Abington Reproductive Medicine di Pennsylvania mengatakan terdapat sejumlah studi yang merekam keberhasilan para perempuan yang hamil alami setelah IVF.

Meskipun demikian, tidak semua pasangan dengan masalah infertilitas memiliki peluang untuk dapat hamil alami setelah IVF.

Baca Juga: Sebagai Pejuang Program IVF, Saya Bangga Karena Bisa Punya Hati yang Penuh Sabar

Penderita Endometriosis dan Unexplained Infertility Berpeluang Hamil Alami setelah IVF

Hamil normal setelah IVF, mungkinkah (1).jpg

Infertilitas dengan sebab tertentu, seperti endometriosis atau infertilitas yang tidak dapat dijelaskan (unexplained infertility) masih menyimpan kemungkinan untuk “sembuh” setelah menjalani perawatan kesuburan.

Menurut Dr. Nichols, terdapat kemungkinan bila kehamilan menimbulkan dampak positif terhadap endometriosis. “Kehamilan dapat meningkatkan aliran darah ke rahim dan memengaruhi anatomi sehingga memperbaiki implantasi embrio,” terangnya.

Perubahan hormon akibat kehamilan juga bisa membantu mengatasi problem siklus menstruasi tidak teratur.

“Kehamilan bisa jadi berperan dalam mengatur kelainan ini sehingga perempuan (penderita endometriosis) mempunyai peluang untuk hamil secara alami,” tambah Dr. Nichols.

Ternyata, peluang untuk hamil alami setelah IVF itu ada Moms. Jadi, jangan patah semangat dulu ya!

(AN)

Artikel Terkait