KESEHATAN
29 Maret 2020

Cuci Tangan dengan Hand Sanitizer atau Air dan Sabun? Ini Plus Minusnya!

Ketahui penjelasannya berikut ini
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Amelia Puteri
Disunting oleh Dina Vionetta

Sebagai langkah untuk menghindari penyakit COVID-19, para pakar telah mengingatkan pentingnya mencuci tangan dengan air dan sabun. Tetapi, tidak sedikit orang menggunakan hand sanitizer untuk membasmi bakteri.

Meskipun sama-sama bisa membasmi kuman dan bakteri, membersihkan tangan dengan sabun dan air, atau hand sanitizer memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing.

Cari tahu lebih lanjut tentang kelebihan dan kekurangan membersihkan tangan dengan menggunakan hand sanitizer, serta air dan sabun berikut ini.

Baca Juga: Lebih Baik Cuci Tangan daripada Menyetok Masker untuk Mencegah Corona, Ini Penjelasannya

1. Mencuci Tangan

cuci tangan-3

Foto: Orami Photo Stock

Mengutip Centers for Disease and Control Prevention, Moms perlu sering mencuci tangan dengan sabun dan air selama 20 detik, terutama setelah berada di tempat umum, setelah menyeka hidung, batuk, atau bersin.

Berikut ini kelebihan dan kekurangan dari membersihkan tangan dengan mencuci menggunakan air dan sabun.

Kelebihan Mencuci Tangan

  • Lebih bersih. Mencuci tangan dengan air dan sabun lebih bersih ketimbang menggunakan hand sanitizer. Disarankan, Moms perlu mencuci tangan selama 20 detik agar dapat menghilangkan kuman secara efektif.
  • Lebih efektif hilangkan kuman. Menurut jurnal American Society for Microbiology, mencuci tangan dengan air mengalir dan sabun lebih efektif daripada setetes gel hand sanitizer yang belum digosokkan.
  • Harga sabun lebih murah. Hand sanitizer dalam ukuran kecil punya harga yang kurang lebih sama dengan sabun cuci tangan dengan jumlah yang lebih banyak.
  • Produk tidak cepat habis. Sabun juga bisa lebih lama digunakan selama berminggu-minggu, karena cukup menggunakan jumlah yang sedikit sebelum dicampur dengan air.

Baca Juga: Usia Berapa Anak Bisa Diajarkan Cuci Tangan Sendiri? Perhatikan Cara yang Benar!

Kekurangan Mencuci Tangan

  • Butuh akses air dan sabun. Jika Moms sedang berada di luar, maka akan sulit untuk mendapatkan akses air bersih dan sabun. Pada kondisi ini, akan lebih baik jika memiliki hand sanitizer.
  • Kurang praktis. Penggunaan air dan sabun untuk cuci tangan kurang praktis dibandingkan hand sanitizer yang tinggal dituangkan dan diusapkan ke telapak tangan.
  • Boros air. Karena perlu dilakukan di bawah air mengalir, mencuci tangan dengan sabun dan air akan menghabiskan lebih banyak air. Sehingga Moms akan lebih boros air.

Baca Juga: Hand Sanitizer untuk Membunuh Bakteri, Ampuhkah?

2. Hand Sanitizer

hand sanitizer-1

Foto: Orami Photo Stock

Jika sabun dan air tidak ada, Moms bisa menggunakan hand sanitizer yang setidaknya mengandung 60-70% kadar alkohol. Tuangkan ke telapak tangan, lalu oleskan ke seluruh permukaan tangan dan gosokkan sampai kering.

Kelebihan Hand Sanitizer

  • Lebih praktis. Selain kemasannya yang kecil dan mudah dibawa kemana-mana, mencuci tangan dengan hand sanitizer juga lebih praktis karena bisa dilakukan di mana saja.
  • Efektif hilangkan beberapa jenis kuman. Harvard Health menuliskan bahwa hand sanitizer dengan 70% kadar alkohol bisa membunuh beberapa bakteri dan virus.
  • Punya ragam variasi. Ada ragam variasi hand sanitizer yang bisa dipilih, baik itu bentuk cair atau gel. Pastikan pilih produk yang sudah lulus BPOM ya, Moms.

Baca Juga: Hand Sanitizer vs Sabun, Mana yang Lebih Efektif Membunuh Kuman?

Kekurangan Hand Sanitizer

  • Tidak ampuh pada tangan yang cukup kotor. Menurut CDC, hand sanitizer tidak bekerja dengan baik dalam membersihkan tangan yang sangat berminyak atau kotor. Disarankan untuk gunakan sabun dan air mengalir.
  • Lebih cepat habis. Baik itu ukuran kecil atau besar, memakai hand sanitizer cenderung lebih cepat habis dibandingkan dengan memakai sabun cuci tangan.
  • Lebih boros. Harga hand sanitizer juga lebih mahal dari sabun cuci tangan. Jika Moms sedang mengkarantina diri di rumah, lebih baik gunakan sabun dan air yang sudah dinilai lebih efektif angkat banyak kuman.

Itu dia Moms, kelebihan dan kekurangan dari menggunakan sabun cuci tangan dan hand sanitizer. Selalu ingatkan Si Kecil untuk mencuci tangan setiap hari agar dapat menghilangkan kuman di tangan ya, Moms.

Artikel Terkait