KESEHATAN
30 September 2019

Harap Diperhatikan, Ini 5 Daftar Makanan Penyebab Bau Mulut!

Bau mulut memang tidak fatal, tapi memalukan. Jika tak ingin malu, hindari makanan penyebab bau mulut ini!
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Ryo
Disunting oleh Ryo

"Bau mulut kronis, yang dikenal sebagai halitosis, biasanya disebabkan oleh masalah yang berkaitan dengan kesehatan mulut atau gigi yang dapat meningkatkan pertumbuhan bakteri penyebab bau," kata ahli diet bersertifikat Andy De Santis dari Toronto, Kanada.

De Santis menyebutkan ada beberapa jenis makanan tertentu yang berkontribusi menyebabkan bau mulut, atau memperburuk bau mulut yang sudah berlangsung.

“Jika Anda telah berurusan dengan bau mulut dalam waktu yang sangat lama berarti ada masalah yang harus diatasi oleh dokter gigi Anda. Namun, ahli diet bisa membantu Anda memilih makanan yang harus dihindari agar tidak menimbulkan bau mulut," tambah De Santis.

Jika Moms tidak menderita halitosis kronis karena masalah kesehatan mulut, bisa jadi masalahnya karena pilihan makanan. De Santis mengungkapkan tujuh makanan dan minuman yang bisa jadi penyebabnya.

Baca Juga: Kenali 4 Penyebab Bau Mulut dan Cara Mengatasinya

1. Kopi

Kopi

Foto: freepik.com

Meskipun kopi memiliki beberapa manfaat, seperti potensi untuk menurunkan diabetes tipe 2 dan menurunkan risiko kanker mulut dan faring, kopi dapat menjadi penyebab utama bau mulut.

"Asupan kafein diketahui berkontribusi pada mulut kering," kata De Santis. "Ini bermasalah karena mulut kering adalah salah satu faktor risiko bau mulut. Saat mulut Anda kering, bakteri di mulut bertambah."

Baca Juga: Selamat Tinggal Bau Mulut!

2. Alkohol

alkohol

Saat minum alkohol semalaman, keesokan hari kita bisa datang dengan napas yang sangat bau.

“Sama seperti kafein, alkohol juga diketahui berkontribusi terhadap mulut kering, dan juga dapat memperburuk atau sementara menyebabkan bau mulut,” kata De Santis.

Jadi jika Moms bangun dengan mulut kering dan mengalami dehidrasi, sudah dipastikan sedahsyat apa bau nafasnya!

3. Bawang Bombai dan Bawang Putih

6 Manfaat Bawang Putih Bagi Kesehatan

Foto: freepik.com

Bawang Bombay dan bawang putih mungkin terasa sangat enak ketika dicampurkan dalam beberapa hidangan favorit. Tapi, kadang harganya sangat mahal. Bau mulut muncul setelah memakannya.

Menurut De Santis, kedua makanan ini menimbulkan bau mulut karena kaya akan senyawa yang mengandung belerang.

"Senyawa ini baik untuk kesehatan kita. Tetapi mereka juga menghasilkan bau yang tidak menyenangkan selepas makan malam," katanya.

4. Susu dan Keju

Mana yang Lebih Sehat Mentega atau Keju -1.jpg

Foto: freepik.com

Susu mungkin baik untuk kesehatan tulang, tetapi tidak baik untuk nafas.

"Bakteri di mulut Anda sangat suka memecah asam amino yang ditemukan dalam produk susu dan sampingannya. Hasilnya adalah senyawa berbau kurang enak pada mulut Anda," kata De Santis.

Namun, hal ini tidak berlaku untuk yogurt. Ini mungkin karena bakteri sehat yang dikandungnya.

5. Tuna Kalengan

Mengapa Ikan Jadi Makanan Terpenting Saat Hamil, Ini Ulasannya - Cover.jpg

Menurut Livestrong, tuna kalengan kaya asam lemak omega-3 - lemak tak jenuh yang dapat membantu meningkatkan fungsi pembuluh darah, menurunkan tekanan darah dan mengurangi risiko penyakit kardiovaskular. Namun tuna kalengan juga berpotensi menyebabkan bau mulut.

"Menyimpan ikan dalam logam, meningkatkan oksidasi. Sebuah proses yang mengarah pada produksi senyawa berbau yang kurang menyenangkan," kata De Santis.

Baca Juga: Terlalu Cepat Makan, Bisa Menyebabkan Bau Mulut Setelah Makan

(RYO/DIN)

Artikel Terkait