RUPA-RUPA
4 Agustus 2019

Harganya Hingga Jutaan, Ini 5 Kopi Termahal di Dunia

Kopi Luwak tak lagi menjadi kopi termahal di dunia
Artikel ditulis oleh Amelia
Disunting oleh Ikhda Rizky Nurbayu

Kopi menjadi salah satu minuman yang umum dikonsumsi di kalangan masyarakat luas. Kopi pun dijual dengan berbagai harga, mulai dari yang murah hingga mahal.

Misalnya kopi kemasan, yang dijual dengan harga yang tentu lebih murah ketimbang ketika Moms membeli kopi di kafe terkenal.

Namun, ada jenis kopi lain yang memiliki harga tidak terduga, dan sangat mahal. Mahalnya kopi ini bisa karena termasuk dalam jenis kopi yang langka, atau karena waktu dan sumber daya yang diperlukan untuk membuat kopi ini. Berikut 5 kopi termahal di dunia.

1. Kopi Molokai

kopi molokai.jpg

Foto: thepinnaclelist.com

Beberapa orang menganggap Hawaii menjadi negara terbaik di Amerika Serikat untuk penanaman kopi. Sehingga, tidak heran bila ada cukup banyak pembuat kopi terbaik di Hawaii, dengan produknya bernama Kopi Molokai.

Kopi Molokai menjadi salah satu produksi kopi terbaik dari Hawaii, diproduksi oleh Coffees of Hawaii di Kualapu'u, Maui County.

Kombinasi keterampilan dalam proses membuat kopi dan kondisi penanaman kopi membuat kopi ini punya harga yang cukup mahal, dijual sekitar US$ 51 per pon, atau setara Rp719.000 per 450 gram-nya.

Baca Juga: 8 Cara Mengatasi Kecanduan Kopi

2. St. Helena Coffee

st. helena coffee.jpg

Foto: sainthelenaisland.info

St. Helena adalah sebuah pulau yang terletak di tengah Samudera Atlantik. Lokasi ini juga menjadi tempat penanaman kopi dengan harga termahal keempat di dunia.

Apa yang membuat kopi St. Helena mahal adalah kebutuhan biaya transportasi yang tinggi. St. Helena Coffee dijual dengan harga US$ 79 per pon, atau sekitar Rp1,1 juta lebih per 450 gram.

3. Kopi Luwak

kopi luwak.jpg

Foto: enjoyjava.com

Kopi Luwak merupakan jenis kopi yang sudah umum didengar di Indonesia. Jenis kopi ini juga termasuk kopi yang termahal di dunia.

Apa yang membuat kopi Luwak punya harga tinggi adalah proses pembuatannya. Kopi Luwak diproduksi dengan memberi makan biji kopi ke musang.

Pembuat kopi memberi makan biji kopi ke musang, lalu kotoran musang yang merupakan hasil pengolahan biji kopi ini diolah menjadi produk kopi, dan dijual seharga US$ 160 per pon, atau setara Rp2,25 juta per 450 gram-nya.

4. Hacienda La Esmeralda Coffee

Hacienda+La+Esmeralda.jpg

Foto: claritycoffee.com

Kopi Hacienda La Esmeralda telah dikenal menjual produk kopinya dengan harga US$ 350 per pon, atau setara Rp4,9 juta per 450 gram.

Produk kopi ini punya harga tinggi karena menggabungkan keahlian tinggi dari para penanam kopi, dan lahan penanaman kopi yang terbaik di Panama.

Baca Juga: 7 Jenis Minuman Kopi dan Perbedaannya, Mana Favoritmu?

5. Black Ivory Coffee

black ivory coffee.jpg

Foto: thepinnaclelist.com

Di Thailand Utara, Black Ivory Coffee Company Ltd. memproduksi Black Ivory Coffee dengan memberi makan kopi Arabika ke gajah.

Rasa dari Black Ivory Coffee ini dipengaruhi oleh enzim pencernaan gajah, yang memecah protein kopi. Biji kopi dicerna dalam waktu 15-70 jam, dan dengan berbagai proses yang terjadi di dalam perut gajah, memberikan rasa khusus pada produk kopi ini.

Black Ivory Coffee menjadi produk kopi termahal dan terlangka di dunia, dengan harga Rp15,5 juta per kilogram-nya.

Wah, mahal-mahal ya Moms. Apakah Moms pernah mencoba salah satunya?

Artikel Terkait