KEHAMILAN
2 Agustus 2019

Haruskah Ibu Menyusui Mengonsumsi Vitamin Prenatal?

Apakah vitamin prenatal mampu memenuhi kebutuhan nutrisi ibu menyusui?
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Orami
Disunting oleh Carla Octama

Setelah melahirkan, Moms mungkin berpikir untuk melanjutkan mengonsumsi vitamin prenatal yang juga dikonsumsi selama hamil.

Wanita menyusui, bagaimanapun, memang membutuhkan nutrisi tertentu untuk memastikan kesehatan optimal bagi buah hatinya yang disusui dan dirinya sendiri.

Benarkah konsumsi vitamin prenatal untuk ibu menyusui perlu dilakukan? Apakah vitamin prenatal mampu memenuhi kebutuhan nutrisi ibu menyusui?

Baca Juga: Bisakah Memberi ASI Eksklusif Meskipun Ibu Menyusui Menderita Mastitis?

Konsumsi Vitamin Prenatal dan Menyusui

Haruskah Busui Mengonsumsi Vitamin Prenatal 1.jpg

Foto: todaysparent.com

Dikutip dari babycenter.com, ahli fisiologi dan ahli gizi Jill D. Stovsky, M.Ed., R.D., L.D., mengatakan bahwa terus mengonsumsi vitamin prenatal saat sedang menyusui boleh saja dilakukan.

Konsumsi vitamin prenatal untuk ibu menyusui, menurut Jill D. Stovsky, sebenarnya hanya untuk memastikan bahwa Moms mendapatkan vitamin dan mineral penting yang dibutuhkan selama menyusui.

Kebanyakan wanita bisa mendapatkan semua vitamin dan mineral yang diperlukan oleh tubuh dari makanan dengan gizi seimbang.

Tetapi, hal tersebut bisa sulit dilakukan oleh busui yang harus mengurus bayi, menyelesaikan pekerjaan rumah, dan mungkin bekerja.

Sehingga vitamin prenatal dapat membantu memenuhi kebutuhan nutrisi yang tidak didapatkan dari asupan makanan sehari-hari.

Baca Juga: Yuk Kenali Kiat Sukses Menyusui Di Tempat Umum

Sudah Cukupkah Nutrisi yang Didapatkan dari Vitamin Prenatal untuk Ibu Menyusui?

Haruskah Busui Mengonsumsi Vitamin Prenatal 2.jpg

Foto: babywise.life

Untuk memenuhi peningkatan kebutuhan nutrisi selama menyusui, busui membutuhkan lebih banyak vitamin dari makanan bergizi.

Beberapa vitamin dan mineral dibutuhkan bahkan jumlah yang lebih tinggi dibandingkan selama hamil, seperti kebutuhan vitamin B, vitamin A, dan vitamin C.

Nutrisi penting yang lebih banyak dibutuhkan oleh ibu menyusui adalah folat, karena diekskresikan ke dalam ASI.

“Karena vitamin prenatal menyediakan jumlah folat yang lebih tinggi, merupakan ide yang baik untuk terus meminumnya selama masa menyusui,” kata Dr. Amos Grunebaum, M.D., seperti dikutip dari babymed.com.

“Jika diinginkan, multivitamin reguler dan suplemen folat tambahan juga dapat dikonsumsi. Penting diingat untuk mendapatkan 1.000 mg kalsium setiap hari dari makanan kaya kalsium seperti susu, yogurt, keju, dan sayuran berdaun hijau gelap,” jelasnya.

Dr. Amos Grunebaum juga mengatakan bahwa busui sebaiknya mengonsumsi suplemen kalsium tambahan yang mengandung 500 mg kalsium, karena vitamin prenatal biasanya hanyamengandung sekitar 200 mg kalsium.

Vitamin prenatal untuk ibu menyusui juga bukan bersifat sebagai suplemen utama dan/atau pengganti makanan bergizi.

Baca Juga: Nutrisi Penting untuk Ibu Menyusui

Vitamin prenatal hanya berfungsi mengisi setiap kekurangan vitamin dan mineral yang mungkin tidak diterima busui dari makanan yang mereka konsumsi setiap harinya.

Mengonsumsi suplemen atau vitamin tambahan yang dirancang khusus untuk ibu menyusui dapat membantu Moms mendapatkan nutrisi penting yang membantu tubuh tetap sehat dan menghasilkan banyak ASI berkualitas tinggi untuk Si Kecil.

Namun, jangan lupa untuk tetap berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter atau ahli gizi agar suplemen yang dikonsumsi benar-benar sesuai dengan kondisi Moms.

Sudahkah Moms berkonsultasi dengan dokter mengenai kebutuhan nutrisi Moms selama menyusui?

(RGW)

Artikel Terkait