BAYI
1 April 2020

Haruskah Membeli Susu Formula yang Mengandung Prebiotik?

Diklaim dapat mencegah kolik pada bayi
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Reksita
Disunting oleh Ikhda Rizky Nurbayu

Sebuah studi yang diterbitkan dalam jurnal PubMed menemukan bahwa mikrobiota gastrointestinal bayi yang diberi ASI berbeda dari bayi yang diberi susu formula standar.

Di mana ASI kaya akan prebiotik oligosakarida dan mengandung sejumlah kecil probiotik, kandungan yang tidak terdapat dalam susu formula biasa.

Lalu, perlukah Moms membeli susu formula yang mengandung prebiotik untuk Si Kecil?

Apa sih Prebiotik Itu?

Haruskah Membeli Susu Formula yang Mengandung Prebiotik? 1

Foto: parade.com

Dikutip dari BabyGooroo, prebiotik adalah zat yang tidak dapat dicerna yang ditemukan dalam makanan tertentu yang mendorong pertumbuhan probiotik (bakteri baik) di saluran usus.

ASI, asparagus, pisang, daun bawang, bawang merah, bawang putih, gandum dan tomat adalah sumber alami prebiotik. Tetapi prebiotik juga dapat ditambahkan ke dalam makanan dan minuman. Salah satunya ke dalam susu formula bayi.

Prebiotik dalam susu formula bayi dirancang menyerupai oligosakarida yang ditemukan dalam ASI. Prebiotik ini dirancang untuk merangsang pertumbuhan lactobacillus dan bifidobacteria - probiotik utama yang ditemukan dalam saluran usus bayi ASI.

Baca Juga: Apa Perbedaan Probiotik dan Prebiotik untuk Anak?

Apakah Prebiotik Tambahan Pada Sufor Aman Untuk Bayi?

Haruskah Membeli Susu Formula yang Mengandung Prebiotik? 2

Foto: happyfamilyorganics.com

Menurut American Academy of Pediatrics (AAP), probiotik ataupun prebiotik yang ditambahkan ke susu formula dan makanan lain yang dipasarankan untuk anak-anak sejauh ini dinilai tidak berbahaya bagi bayi dan anak-anak yang sehat. Akan tetapi, masih belum ada penelitian yang cukup terhadap efek samping dari penggunaannya secara rutin.

Selain itu, sebaiknya Moms tidak membeli susu formula yang mengandung prebiotik jika Si Kecil memiliki penyakit kronis atau serius. Karena AAP melarang pemberian makanan atau minuman dengan tambahan probiotik dan prebiotik pada bayi dan anak-anak dengan penyakit kronis atau serius.

Baca Juga: Cara Tepat Menyiapkan Susu Formula untuk Si Kecil

Benarkah Prebiotik Bermanfaat Bagi Pertumbuhan Bayi?

Haruskah Membeli Susu Formula yang Mengandung Prebiotik? 3

Foto: bundoo.com

Sebuah analisis yang diterbitkan di Cochrane Collaboration, sebuah organisasi internasional yang mengevaluasi penelitian medis, menemukan bahwa susu formula yang mengandung prebiotik tidak mencegah asma atau gatal-gatal pada bayi dibandingkan dengan bayi yang diberi susu formula biasa.

Namun, ada bukti yang menunjukkan bahwa susu formula dengan prebiotik dapat melindungi bayi dari risiko eksim.

Sementara dalam studi lain yang diterbitkan melalui Journal of the American College of Nutrition, ditemukan bahwa formula yang mengandung prebiotik memiliki dampak yang tidak jauh berbeda dengan ASI dalam mempromosikan pertumbuhan Bifidobacterium dan Lactobacillus.

Di mana ini dapat menghambat pertumbuhan Clostridium yang secara signifikan mencegah kolik.

Baca Juga: Manfaat Prebiotik, Bakteri yang Aman untuk Si Kecil

Apakah Moms Perlu Membeli Susu Formula yang Mengandung Prebiotik?

Haruskah Membeli Susu Formula yang Mengandung Prebiotik? 4

Foto: healthline.com

“Jika bayi berisiko alergi, hal terbaik yang dapat dilakukan adalah menyusui secara eksklusif selama empat bulan. Dan jika ingin memberikan suplemen, berikan suplemen dengan formula terhidrolisis,” kata Dr. Frank Greer, seorang profesor pediatri di Meriter Hospital’s Wisconsin Perinetal Center di Madison, seperti dikutip dari Reuters.

Namun, pilihan tetap ada di tangan Moms sebagai orang tua. Sebaiknya konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter sebelum membeli susu formula yang mengandung prebiotik untuk Si Kecil.

Artikel Terkait