PERNIKAHAN & SEKS
10 Juli 2019

Haruskah Menjadwalkan Aktivitas Seks?

Sudah rutinkah jadwal bercinta Moms dan Dads?
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Orami
Disunting oleh Intan Aprilia

Bagi sebagian besar orang, rasanya akan susah menjalani hidup tanpa jadwal. Kita tak akan pernah tahu kapan harus ke kantor, makan, atau bahkan tidur di malam hari. Bayangkan menjalani hari tanpa adanya jadwal yang pasti.

Kita menjadwalkan sesuatu untuk menyusun skala prioritas agar mengerti apa saja yang terpenting dalam hidup. Termasuk dengan jadwal seks.

Salah satu aspek yang menentukan kesuksesan pernikahan adalah kehidupan seks yang bebas. Tapi kenapa masih banyak pasangan yang menganggap bahwa jadwal seks adalah sesuatu yang asing dan aneh?

Gagasan tentang jadwal seks hingga kini masih belum menjadi hal yang belum banyak diterapkan pasangan yang sudah menikah. Padahal, seks yang dijadwalkan bisa memiliki beberapa keuntungan lho! Ini dia berbagai manfaat jadwal seks yang bisa Moms dan Dads dapatkan:

Baca Juga: 6 Tips Menjadwalkan Seks untuk Pasangan yang Super Sibuk

1. Pasangan dengan Jadwal Seks Akan Lebih Bahagia

jadwal seks

Pasangan yang menerapkan jadwal seks akan cenderung lebih merasa bahagia dibandingkan pasangan yang melakukan seks secara spontan, tidak terjadwal, dan jarang.

Amy Muse, ilmuwan yang mempelajari hubungan seksual di Dalhousie University di Kanada mengatakan bahwa jadwal seks satu minggu sekali adalah goal yang realistis daripada harus melakukan seks setiap hari.

Dalam studinya, ia menemukan fakta bahwa seks bisa meningkatkan kebahagiaan seseorang karena membuat mereka merasa puas dalam hubungan.

Baca Juga: Bagaimana Cara Membangun Kehidupan Seks yang Romantis Setelah Punya Anak?

2. Jadwal Seks Dapat Mengatasi Ketidakseimbangan Libido

jadwal seks

Jika salah satu memiliki libido lebih tinggi, biasanya yang lain akan merasa terbebani dengan frekuensi seks yang dianggap berlebihan. Dengan seks yang terjadwal, tak perlu lagi ada penolakan-penolakan yang biasanya tidak akan berujung baik satu sama lain.

Selain itu, jadwal seks juga akan membuat kita menjadi konsisten dan belajar untuk menerima hal baru. Tidak perlu merasa aneh atau malu dengan seks yang terjadwal ya!

Baca Juga: 5 Makanan yang Cocok Dikonsumsi Sebelum Melakukan Seks, Dapat Tingkatkan Libido!

3. Gairah Semakin Membara

jadwal seks

Dengan menahan diri untuk tidak melakukan seks hingga jadwal tiba, akan membuat gairah semakin membara menunggu saat jadwal tiba.

Sama dengan prinsip berpuasa, seks yang terjadwal akan membuat kita mau tak mau menahan diri untuk tidak melakukannya hingga waktunya tiba.

Jika memang benar-benar ingin konsisten, maka saat-saat ‘berpuasa’ menunggu saatnya ‘berbuka’ tiba akan menjadi momen yang menggairahkan.

"Seks yang terjadwal juga memberikan kesempatan untuk mempersiapkan diri. Seks jadi lebih bisa dinikmati bila keduanya dalam keadaan yang siap," jelas Bob Taibbi, L.C.S.W., konselor sekaligus penulis buku Doing Couple Therapy, Second Edition: Craft and Creativity in Work with Intimate Partners.

Jika seks yang terjadwalkan bisa membantu pasangan yang sibuk dan jarang punya waktu bersama, di sisi lain seks terjadwal juga bisa menambah beban pikiran bagi pasangan yang sedang stres. Diskusikan jadwal seks secara baik-baik dengan pasangan karena komunikasi tetaplah yang menjadi fondasi keberhasilan sebuah hubungan.

(SN)

Artikel Terkait