2-3 TAHUN
12 November 2017

Hati-Hati, 4 Masalah Pada Rambut Ini Bisa Terjadi Pada Balita!

Bisa jadi pertanda balita sedang stres atau sakit
Artikel ditulis oleh Carla Octama
Disunting oleh Carla Octama


Masalah pada rambut balita yang sering kali dianggap remeh oleh para orang tua, ternyata bisa jadi pertanda awal penyakit berbahaya lho, Moms. Salah satu gejala yang patut diwaspadai adalah bila rambut balita sering rontok, yang biasanya disebabkan oleh kebiasaan buruk atau penyakit tertentu.

Selain itu, beberapa masalah rambut pada balita berikut juga perlu Mama perhatikan agar rambut Si Kecil tetap sehat dan kuat.

1. Ketombe

hati hati 4 masalah pada rambut ini bisa terjadi pada balita lho 1
tqn.com

Sebenarnya, ketombe adalah hasil alami dari proses pertumbuhan sel pada kulit kepala. Sel kulit kepala yang beregenerasi akan membentuk sel baru dan membuang sel kulit yang mati. Namun, cuaca dan suhu kepala yang tidak normal bisa menyebabkan proses ini terganggu, sehingga sel kulit kepala yang mati akan menumpuk di permukaan kulit.

Bila Mama melihat ada ketombe di rambut balita, segera bersihkan rambut balita dengan shampo sambil diberikan pijatan atau gosokan ringan, agar sel kulit kepala yang mati bisa lepas dari permukaan kulit.

2. Kutu

hati hati 4 masalah pada rambut ini bisa terjadi pada balita lho 2
netdoctor.cdnds.net

Kutu, yang juga populer disebut lice adalah salah satu masalah rambut yang sering menimpa balita. Kutu rambut sebenarnya tidak berbahaya dan tak menularkan penyakit, tapi karena dapat berkembang biak dengan sangat cepat, sudah pasti akan mengganggu kenyamanan dan penampilan Si Kecil.

Berbeda dengan ketombe, kutu rambut ini dapat menyebabkan iritasi dan rasa gatal pada permukaan kulit. Pada kasus yang parah, kutu rambut bahkan bisa menyebabkan infeksi akibat digaruk secara berlebihan.

Baca Juga : Cara Menghilangkan Kutu Rambut Pada Anak

3. Alopecia Areata

hati hati 4 masalah pada rambut ini bisa terjadi pada balita lho 3
amazonaws.com

Apakah Si Kecil memiliki pitak atau daerah kepala yang sama sekali tidak memiliki rambut? Hati-hati, bisa jadi Si Kecil terkena kondisi alopecia areata yang juga menjadi salah satu masalah rambut yang sering diderita balita.

Alopecia areata adalah kondisi dimana ada sebagian area kulit kepala yang tidak memiliki rambut, kadang hingga berdiameter 3 sentimeter. Kondisi alopecia areata sendiri adalah penyakit autoimun yang biasanya disebabkan oleh stress fisik ataupun mental.

Bila Si Kecil juga selalu terlihat gelisah, tidak bisa diam serta memperlihatkan tanda stress lainnya, segera konsultasikan ke dokter untuk diberikan penanganan yang tepat. Mama juga bisa membawanya ke trikologis atau ahli rambut, agar rambutnya bisa tumbuh dengan normal.

4. Trichotillomania

hati hati 4 masalah pada rambut ini bisa terjadi pada balita lho 4
tqn.com

Trichotillomania adalah salah satu kondisi dimana kulit kepala memiliki pola tidak teraktur, dan kadang juga disertai dengan rambut rontok. Kondisi ini biasanya disebabkan oleh kebiasaan balita yang suka menarik atau mencopot helai rambut, hingga kulit kepala menjadi rusak dan membuat bekas akibat tarikan tersebut.

Untuk mengatasi kondisi ini, Mama sebaiknya melihat dengan teliti kapan dan dimana dia sering mencabut rambutnya. Apabila dia hendak menarik atau mencabut rambutnya, segera larang dia untuk melakukannya lagi sebelum kulit kepalanya menjadi rusak dan terluka.

Meskipun terlihat sederhana, masalah pada rambut balita juga tetap harus diwaspadai dan segera ditangani. Jadi, selalu bersihkan kulit kepala dan rambut balita sambil memperhatikan kondisi kesehatannya ya, Ma. Apa Mama sudah tahu cara membersihkan rambut balita dengan tepat dan efektif?

(WA)

Artikel Terkait