GAYA HIDUP
30 September 2019

Hati-hati, 5 Makanan ini Dapat Memicu Penyakit Maag

Jika punya riwayat penyakit maag, hindari makanan-makanan berikut ini ya Moms
Artikel ditulis oleh Orami
Disunting oleh Carla Octama

Penyakit asam lambung atau lebih dikenal dengan maag, adalah penyakit yang umum terjadi pada orang Indonesia.

Penyakit ini disebabkan karena tingginya kadar asam lambung hingga menyebabkan iritasi pada bagian dinding lambung.

Menurut ahli gastroenterologi Christine Lee, MD, iritasi dapat disebabkan oleh berbagai macam penyebab seperti infeksi, obat-obatan seperti aspirin atau NSAID, kanker lambung (lambung), atau zat-zat beracun termasuk alkohol berlebihan, atau penumpukan asam lambung.

Penumpukan asam lambung yang dapat menyebabkan maag, juga dipicu oleh beberapa jenis makanan. Berikut beberapa makanan penyebab maag :

1. Alkohol, Kafein, Minuman bersoda

listicle 1.jpg

Foto : fodors.com

Semua jenis minuman di atas memiliki sifat asam yang tentunya jika dikonsumsi berlebihan akan meningkatkan asam lambung.

Jika dibiarkan terus menerus, minuman ini dapat mengiritasi dinding lambung dan menyebabkan maag.

Minuman yang paling baik dikonsumsi oleh orang yang memiliki riwayat penyakit maag, adalah air putih hangat.

Minuman di atas bukan berarti tidak dapat dikonsumsi, tapi semakin minim mengonsumsinya akan semakin meminimalisir penyakit maag kambuh lagi.

Baca Juga: Moms Sudah Tahu Beda Maag dan GERD?

2. Produk Olahan Susu

listicle 2.jpg

Foto : health.harvard.edu

Produk olahan susu memiliki sifat asam, dan mengandung laktosa.

Dilansir dari healthline.com, sekitar 75% populasi orang di dunia, memiliki pencernaan yang tidak dapat memecah laktosa, gula yang ditemukan dalam susu. Kondisi ini dikenal sebagai intoleransi laktosa.

Jika Anda tidak toleran laktosa, produk olahan susu dapat menyebabkan masalah pencernaan utama seperti kembung, gas, maag maupun diare.

3. Makanan Berlemak & Gorengan

listicle 3.jpg

Foto : webmd.com

Kadar kolesterol tinggi yang ditemukan dalam makanan yang digoreng dan berlemak tinggi terbukti merupakan salah satu penyebab utama terbentuknya gas pada lambung dan dapat memicu penyakit maag.

Nah, jika Moms memang memiliki riwayat penyakit maag, sebaiknya kurangi atau bahkan hindari makanan ini untuk mencegah kondisinya memburuk.

4. Makanan Pedas

listicle 4.jpg

Foto : odishatv.in

"Cabai pedas, kari pedas, dan makanan pedas lainnya memicu kenaikan asam lambung ke kerongkongan, dan bisa menyebabkan rasa nyeri pada perut ," kata Dr. Janette Nesheiwat, M.D, kepada insider.com.

Selain itu, banyak makanan pedas mengandung senyawa yang disebut capsaicin, yang bisa memperlambat laju pencernaan Anda.

Oleh karena itu, makanan akan tinggal di perut Anda lebih lama, dan meningkatkan perut kembung dan beresiko terkena maag.

Baca Juga: Benarkah Kopi Memicu Maag? Ini 7 Cara Minum Kopi Agar Tidak Sakit Perut

5. Junkfood dan Makanan Olahan

listicle 5.jpg

Foto : medicalnewstoday.com

Makanan penyebab maag lainnya adalah junkfood dan makanan olahan. Kedua makanan ini mengandung banyak lemak tidak sehat yang dapat meningkatkan kadar asam lambung semakin tinggi.

Sebenarnya masih banyak lagi makanan yang dapat membuat perut menjadi kembung dan jika dikonsumsi dalam jumlah banyak bisa menimbulkan sakit maag.

“Saran terbaik saya adalah perhatikan tubuh Anda. Jika Anda telah hidup dengan rasa sakit maag yang terus-menerus, sering kambuh dan berlangsung lama lebih dari satu minggu, ” kata dr. Lee, seperti dikutip pada health.clevelandclinic.org..

Menurut dr. Lee, jika Moms mengalami penurunan berat badan, pendarahan, atau gejala baru yang tidak dapat diperbaiki atau diselesaikan sepenuhnya, mungkin saatnya untuk memeriksakannya pada ahli gastroenterologi.

(DH)

Artikel Terkait