2-3 TAHUN
27 Juni 2019

Hati-hati, Ini 6 Makanan yang Bisa Memengaruhi Mood Balita

Buat balita happy dengan makanan yang tepat!
Artikel ditulis oleh Intan Aprilia
Disunting oleh Dina Vionetta

Soal memberikan makanan terbaik untuk tumbuh kembang balita, sudah pasti Moms jagonya. Namun, apa Moms tahu kalau ada makanan yang bisa memengaruhi mood balita?

Ada makanan yang bisa membuat balita merasa senang dan berenergi, tapi ada pula yang membuat balita mengalami mood swing dan lesu.

Yuk Moms, cari tahu lebih banyak tentang makanan yang bisa memengaruhi mood balita.

1. Kakao

moms, 6 makanan ini bisa mempengaruhi mood balita 1

foto: zokiva.com

Eits, kakao itu tidak sama dengan cokelat ya Moms. Kakao adalah coklat murni yang diproses secara minimal tanpa ditambah campuran apapun, dan dianggap sebagai sumber antioksidan dan magnesium tertinggi dari semua makanan. Kakao bisa berbentuk mentega, nibs, pasta, ataupun bubuk.

Kakao merupakan makanan yang bisa memengaruhi mood balita dan cocok diberikan jika balita merasa kesal atau sering marah, karena kaya akan resveratrol yang membantu mengatur aliran darah dan melindungi sel syaraf, serta anandamide yang dikenal sebagai “molekul kebahagiaan,”

2. Oatmeal

moms, 6 makanan ini bisa mempengaruhi mood balita 2

foto: dherbs.com

Makanan yang satu ini pasti sudah tidak asing lagi ya, Moms? Oatmeal sering disebut sebagai comfort food atau makanan yang menenangkan.

Berikan oatmeal pada balita karena vitamin B, magnesium, serat, dan zinc di dalamnya telah terbukti bisa meredakan kecemasan, menekan gejala depresi, dan meningkatkan energi.

Baca Juga: Bantu Balita Tidur Nyenyak dengan 4 Camilan Sehat Ini

3. Salmon

moms, 6 makanan ini bisa mempengaruhi mood balita 3

foto: pasadenalaserdentistry.com

Ikan yang rasanya sangat lezat ini tidak hanya kaya akan omega-3 saja, satu porsi salmon juga ternyata bisa memenuhi 200% kebutuhan vitamin D harian balita.

Sebuah ulasan dalam jurnal Psychoneuroendocrinology menyebutkan bahwa vitamin D berperan penting dalam produksi serotonin alias hormon kebahagiaan.

Bukan cuma itu, kandungan vitamin B, protein, iodin, dan selenium didalamnya juga bisa meningkatkan performa akademis, dan mencegah ADHD pada balita. Hebat sekali, ya?

Baca Juga: Resep Bubur Ikan Salmon untuk Sekeluarga

4. Kacang Mete

moms, 6 makanan ini bisa mempengaruhi mood balita 4

foto: livestrong.com

Apa Moms tahu, kacang mete bukan cuma enak saat dicampurkan dengan kue dan cokelat, tapi juga bisa dijadikan alternatif camilan sehat untuk balita?

Kacang mete yang sangat kaya akan copper dan zat besi bisa memberikan energi dan bisa menjadi makanan yang memengaruhi mood balita jadi lebih baik.

5. Gula

moms, 6 makanan ini bisa mempengaruhi mood balita 5

foto: thecoffeekitty.com

Dengan begitu banyaknya makanan olahan yang berkandungan gula tinggi, tidak heran kalau survey yang dilakukan United States Departemen of Agriculture menemukan kalau rata-rata konsumsi gula pada anak di bawah 12 tahun mencapai 20 kilogram setiap tahunnya!

Gula bukan hanya akan meningkatkan risiko diabetes dan menyebabkan berbagai gangguan kesehatan, tapi juga bisa membuat balita cenderung hiperaktif dan depresi.

Sebagai ganti gula, Moms bisa memberikan Si Kecil buah berserat tinggi yang mengandung gula kompleks yang indeks glikemiknya rendah.

Baca Juga: 6 Jenis Ikan yang Aman Dikonsumsi oleh Balita

6. Makanan Berbahan Gandum Olahan

moms, 6 makanan ini bisa mempengaruhi mood balita 6

foto: loyolamedicine.org

Apa Moms tahu, mengonsumsi makanan berbahan gandum olahan seperti roti putih, serta biskuit dan pasta yang terbuat dari tepung putih bisa menimbulkan inflamasi di usus?

Karena 95% serotonin diproduksi di saluran pencernaan, jelas jenis makanan ini bisa mengganggu mood balita.

Sebuah analisis dari Women’s Health Initiative bahkan sudah menemukan hubungan antara konsumsi makanan berbahan gandum olahan dengan peningkatan risiko depresi.

Sebaiknya Moms mulai menggantinya dengan beras merah, oatmeal, quinoa, roti gandum, serta buah dan sayuran.

Cerdas memilih makanan ternyata bukan hanya membuat balita tumbuh dengan sehat, tapi juga bisa membuatnya merasa lebih tenang dan bahagia. Setuju kan, Moms?

(WA)

Artikel Terkait