TREN
2 Juni 2019

Hati-Hati, Ini 5 Kesalahan dalam Mengaplikasikan Konmari Method

Terlihat sepele, namun bisa berakibat panjang, Moms
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Dina Vionetta
Disunting oleh Dina Vionetta

Jika Anda sudah membaca buku Marie Kondo, The Life-Changing Magic of Tidying Up: The Japanese Art of Decluttering and Organizing, Anda mungkin tergoda untuk menerapkan KonMari Method untuk merapikan rumah Anda.

Konmari Method mengajarkan bahwa jika Anda meluangkan waktu untuk menyederhanakan dan mengatur rumah Anda dengan benar, Anda tidak akan pernah harus melakukannya lagi.

Tetapi sebelum Anda memulai cara penyortiran dan pengorganisasian yang populer ini, luangkan waktu sejenak untuk mempertimbangkan beberapa kesalahan yang dilakukan orang saat ‘Kondoing’ di rumah mereka.

1. Terlalu Mengandalkan ‘Joy’

Hati Hati Ya Ini 5 Kesalahan dalam Mengaplikasikan Konmari Method -1.jpg

Ide gagasan tentang objek joy atau yang memicu kegembiraan berbeda efeknya bagi beberapa orang. Awalnya, Konmari Method mengharuskan Anda untuk memegang setiap item yang dimiliki.

Jika secara fisik Anda merasakan kebahagiaan, barang itu dapat disimpan. Jika tidak, dibuang saja.

Di satu sisi, beberapa merasa sulit untuk mengaitkan perasaan bahagia dengan hal-hal materi, seperti sikat toilet.

Di sisi lain, beberapa orang menyukai hampir semua yang mereka miliki, terlepas dari apakah itu bermanfaat atau tidak bagi mereka.

Pikirkan rok cantik yang Anda beli 10 tahun lalu dan belum pernah dipakai. Rok ini mungkin memicu kegembiraan, tetapi tidak berarti rok itu berguna dan tidak boleh diberikan kepada orang lain.

Jika joy tidak membantu Anda, pikirkan pertanyaan yang berbeda, seperti "Apakah barang ini benar-benar cantik atau berguna?" Atau "Jika saya melihat ini di toko hari ini, apakah saya akan buru-buru membelinya?"

Baca Juga: 5 Tips Membiasakan Anak Untuk Membereskan Kamar Tidurnya

2. Mengurai Tanpa Rencana

Hati Hati Ya Ini 5 Kesalahan dalam Mengaplikasikan Konmari Method -2.jpg

Buku Kondo menginspirasi pembaca untuk segera mulai membuang barang-barang.

Sangat menggoda memang, tapi sebenarnya hal tersebut membutuhkan banyak waktu, tenaga dan konsentrasi jika Anda mengikuti metodenya dengan tepat.

Jika Anda belum melakukan pembersihan besar dalam waktu yang lama, pastikan Anda memiliki waktu beberapa hari untuk mencurahkan perhatian pada proyek ini dan Anda dapat beristirahat setelahnya.

Jika Anda memiliki anak atau teman sekamar yang suka ikut campur, Anda mungkin ingin menunggu sampai mereka keluar dari rumah.

Anggap saja sebagai persiapan untuk bergerak; Lebih mudah saat Anda tidak terburu-buru saat melakukan banyak tugas sekaligus.

3. Tidak Menyelesaikan Apa yang Sudah Dimulai

Hati Hati Ya Ini 5 Kesalahan dalam Mengaplikasikan Konmari Method -3.jpeg

Dengan proyek rumah apa pun, biasanya Moms awalnya mudah bergairah lalu kehilangan tenaga setengah jalan.

Tetapi, jika terjadi pada Anda saat menerapkan Konmari Method, bukan berarti Anda tidak mampu melakukannya. Mungkin Anda belum siap untuk mengubah gaya hidup Anda, atau Anda lebih suka mengubah kebiasaan Anda secara lebih bertahap.

Selesaikan dulu membuang barang. Sebelum memetakan arah perbaikan rumah Anda menuju ideal, cari tahu apa yang tidak relevan dan harus dihilangkan.

Jangan khawatir, jika Marie Kondo tidak dapat mengubah kehidupan seperti yang Anda harapkan, ada metode lain di luar sana untuk Anda.

Baca Juga: Ini Cara Mudah Agar Anak Mau Membereskan Barang-Barangnya

4. Kurang Disiplin Merapikan Berdasarkan Kategori

Hati Hati Ya Ini 5 Kesalahan dalam Mengaplikasikan Konmari Method -4.png

KonMari Method mengarahkan orang untuk mengorganisir barang berdasarkan kategori, seperti sepatu, buku, pakaian, dan yang lain-lain.

Karena kekacauan dapat terakumulasi di lebih dari satu lokasi, penting untuk melihat semua barang berdasarkan kategorinya terlepas di mana sajakah ia berada.

5. Tidak Mengikuti Urutan yang Benar

Hati Hati Ya Ini 5 Kesalahan dalam Mengaplikasikan Konmari Method -5.jpg

KonMari Method memiliki urutan yang tepat untuk mengatur rumah. Untuk itu, buatlah daftar prioritas dari barang yang akan Anda simpan atau singkirkan.

Hal tersebut akan mempermudah Anda mengorganisir barang, serta menyimpannya.

Jika tidak berurutan, Anda akan mengalami kesulitan dalam menentukan kategori yang mengakibatkan penyelesaian perbaikan rumah yang akan berlangsung lebih lama dari biasanya.

Baca Juga: Cukup 30 Menit, Cara Merapikan Area Dapur, Toilet, dan Kamar Tidur Tanpa Bantuan ART

Bagaimana Konmari Method menurut Moms? Semua hal yang besar tergantung dari langkah kecil pertama Anda. Maka, bersiaplah.

(FAR)

Artikel Terkait