GAYA HIDUP
12 Juli 2019

Hati-hati! Obat Anti-alergi Antihistamin Bisa Pengaruhi Kesuburan Pria

Info penting nih, apalagi bagi Dads yang mempunyai masalah alergi.
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Orami
Disunting oleh Carla

Antihistamin adalah jenis obat yang digunakan untuk mengobati alergi.

Obat ini dijual bebas dan biasanya diminum untuk meredakan gejala alergi seperti bersin-bersin, hidung tersumbat, pilek, gatal-gatal, ruam kulit, dan lain-lain.

Antihistamin dapat meredakan gejala-gejala tersebut dalam waktu cepat. Oleh karena itu, banyak penderita alergi yang mengonsumsinya setiap kali gejala alergi menyerang.

Pria yang memiliki masalah alergi dan sering mengonsumsi obat antihistamin perlu berhati-hati. Ternyata obat ini bisa berakibat buruk pada kesuburan pria.

Baca Juga : DIY Cara Membuat Jamu Penambah Vitalitas Pria

Hubungan Antara Mengonsumsi Antihistamin dengan Kesuburan Pria

Konsumsi obat antihistamin bisa pengaruhi kesuburan pria (1).jpg

foto : media.mnn.com

Berdasarkan hasil sebuah studi yang diterbitkan di jurnal Reproduction, sebagaimana dikutip dari pharmaceutical-journal.com, mengonsumsi obat antihistamin bisa pengaruhi kesuburan pria.

Studi yang menemukan bahwa obat antihistamin bisa pengaruhi kesuburan pria itu dilakukan oleh para peneliti dari Institute of Biology and Experimental Medicine di Argentina.

Mereka melakukan kajian terhadap penelitian hewan berskala kecil dan besar selama 40 tahun terakhir dan menyimpulkan bahwa konsumsi antihistamin dapat menimbulkan efek samping pada fungsi normal testis.

Lebih tepatnya, antihistamin dapat memengaruhi produksi hormon seksual pria di testis.

Kondisi tersebut yang kemudian membuat jumlah dan kualitas sperma menjadi lebih rendah. Pria dengan kondisi seperti ini akan kesulitan mempunyai keturunan.

Meskipun para ahli menyimpulkan obat antihistamin bisa pengaruhi kesuburan pria, namun, mereka menganggap diperlukan studi lanjutan untuk memastikan dampak antihistamin terhadap kesehatan reproduksi.

Carolina Mondillo, penulis studi tersebut mengatakan, “Data yang dikumpulkan dalam studi ini menunjukkan antihistamin mempunyai peran penting dalam mengubah fungsi testis. Meskipun demikian, masih banyak yang perlu dipelajari untuk memahami mekanismenya.”

Baca Juga : 6 Cara Meningkatkan Kualitas Sperma

Penelitian berskala besar, menurut Mondillo, akan mengarah kepada pengembangan obat baru untuk menghilangkan gejala alergi tanpa mengganggu kesuburan pria.

Selama beberapa dekade terakhir, kualitas sperma pria di seluruh dunia disebut mengalami penurunan.

Menurut Dr Channa Jayasena, dosen klinis senior dari Imperial College London, sebagaimana dikutip theguardian.com, mengatakan bahwa para ahli menduga konsumsi obat-obatan tertentu merupakan salah satu faktor penyebabnya.

Di sisi lain, alergi juga makin banyak diderita oleh orang-orang di seluruh dunia. Konsumsi obat antihistamin pun mengalami peningkatan.

“Obat jenis apa pun memiliki potensi membahayakan [kesehatan]. Efek samping dari konsumsi obat bebas, termasuk antihistamin yang makin meningkat, perlu diteliti lebih lanjut,” ujar Darren Griffin, dosen genetika dari University of Kent.

Setelah mengetahui bahwa obat antihistamin bisa pengaruhi kesuburan pria, sebaiknya Dads yang memiliki alergi mulai mengurangi konsumsi obat tersebut.

Upaya terbaik untuk mencegah timbulnya reaksi alergi adalah dengan menghindari alergen atau faktor pemicu alergi. Minumlah obat antihistamin bila gejala alergi sudah sangat mengganggu.

(AN/CAR)

Artikel Terkait