TREN
24 April 2019

Heboh Boikot Nasi Padang, Ini 5 Menu Masakan Padang yang Paling Enak

Yakin masih mau boikot nasi padang setelah tahu menu-menu andalannya?
Artikel ditulis oleh Adeline Wahyu
Disunting oleh Adeline Wahyu

Foto: Thejakartapost.com

Pemilu 2019 sudah diselenggarakan pekan lalu. Namun, ketegangannya masih terus terasa hingga sekarang. Betul tidak Moms?

Belakangan, di media sosial muncul sebuah tagar sebagai protes karena pasangan Jokowi - Ma’ruf Amin kalah suara di Sumatera Barat pada gelaran Pemilu.

Mengutip dari cnnindonesia.com, tidak terima dengan hasil quick count yang ditampilkan, pendukung Jokowi-Ma’ruf Amin meminta pemboikotan rumah makan padang yang merupakan makanan khas dari Sumatera Barat.

Padahal nasi padang merupakan salah satu makanan tradisional khas Indonesia yang digemari oleh semua orang. Masakan-masakan yang disajikan kaya akan bumbu, rempah serta rasa unik yang mampu menggoyang lidah penikmatnya.

Baca Juga: Coba Masak Enak Ikuti Resep Sup Iga yang Menggoda Ini, Yuk

Meski rasanya sangat nikmat, harga yang dipatok untuk setiap menu cukup terjangkau dan tidak akan membuat kantong bolong. Hanya di rumah makan padang kita bisa memilih banyak menu dan membayar sesuai dengan apa yang kita makan saja. Unik bukan?

Sangat disayangkan sekali kan jika aksi boikot rumah makan padang benar-benar terjadi? Nah, daripada memusingkan hal itu, lebih baik kita cari tahu yuk apa saja sih hidangan andalan dari rumah makan padang!

Berikut daftarnya!

1. Rendang

padang1

Foto: bumburesto.com

Berbicara mengenai nasi padang, satu menu yang akan langsung terlintas dipikiran kita adalah rendang.

Rendang adalah masakan daging sapi yang capur dengan berbagai rempah masakan hingga menghasilkan cita rasa yang sedap, baru kemudian dimasak dengan santan hingga empuk.

Proses memasak rendang bisa menghabiskan waktu berjam-jam. Hal ini bertujuan agar semua rempah yang digunakan dapat meresap dengan sempurna ke dalam daging sapi. Makanya jangan heran jika rendang memiliki rasa yang sangat nikmat.

2. Ayam Pop

padang5

Foto: resephariini.com

Berbeda dengan olahan ayam lainya, ayam pop sebenarnya merupakan ayam goreng yang digoreng sangat sebentar sehingga masih menyisakan warna putih.

Sebelum digoreng ayam ini dibumbui terlebih dahulu, lalu direbus dalam rebusan air kelapa dan bawang putih. Karenanya kulit bagian luar ayam terasa keras, namun bagian dalamnya masih berwarna putih.

Selain rendang, ayam pop juga menjadi menu favorit yang hanya dicari oleh pelanggan karena rasanya yang tidak kalah enak.

Baca Juga: Asam Pedas Tom Yum Thailand, Begini Resepnya!

3. Gulai Ikan

padang4

Foto: steemit.com

Gulai ikan merupakan masakan padang berkuah santan yang penuh rempah dan kental, serta berpadu dengan ikan tenggiri yang lembut dan gurih.

Masakan ini biasa tersaji lengkap dengan saus cabai, kuah kuning, sayur lalapan, dan daun nangka. Jadi bagi kita penggemar masakan pedas, gulai ikan patut dicoba.

Sebagai informasi, gulai ikan Sumatera berbeda dengan gulai ikan ala Jawa. Perbedaan ini terletak pada kuahnya. Jika diperhatikan, kuah gulai masakan Jawa lebih encer sedangkan gulai masakan padang lebih kental karena banyak menggunakan santan.

4. Sambal Ijo

padang2

Foto: balikpapan.prokal.co

Kita penggemar sambal, pasti suka dengan sambal ijo khas masakan padang. Enaknya lagi, setiap rumah makan padang memberikan sambal ijo secara cuma-cuma untuk menemani setiap makanan yang disantap.

Sambal ijo di setiap rumah makan padang berbeda-beda. Ada yang polos, ada juga yang dicampur dengan hati ayam goreng sehingga terasa lebih renyah.

Mampir ke rumah makan padang rasanya tidak lengkap jika tidak menyantap sambal satu ini. Ibarat kata seperti sayur tanpa garam, hambar rasanya.

5. Ayam Bakar Padang

padang3

Foto: bali.tribunnews.com

Sudah menjadi rahasia umum bahwa semua masakan padang menggunakan bumbu yang khas, begitu juga menu ayam bakarnya.

Ayam bakar bumbu padang memiliki rasa pedas unik yang bercampur dengan gurihnya santan serta rempah-rempah alami. Bisa dibayangkan kan bagaimana sedapnya ayam bakar ini.

Bahkan tidak jarang kita menjadikan ayam bakar sebagai patokan untuk menentukan apakah rumah makan padang tersebut enak atau tidak.

Baca Juga: Yuk Ikuti Resep Mango Sticky Rice Sedap yang Mudah Dibuat Ini

Wah, jadi lapar ya setelah kita membahas beberapa menu masakan favorit di rumah makan padang. Nah, untuk yang menyebarkan tagar boikot nasi padang, yakin nih sudah siapa kehilangan masakan enak satu ini?

(AWD/AND)

Artikel Terkait