TREN
10 Agustus 2018

Hemat Waktu dan Uang dengan Metode Meal Prep, Seperti Apa Ya?

Konon bisa menghemat uang hingga ratusan juta lho, Moms
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Intan
Disunting oleh Intan

Apakah Moms selalu belanja bahan masakan setiap hari? Pernah merasa boros dan kehabisan waktu saat belanja dan memasak? Sering mendapati bahan masakan membusuk dalam lemari es tanpa diketahui? Saatnya mencoba metode meal prep untuk mengatasi masalah-masalah itu!

Metode meal prep yang sedang tren ini merupakan metode menyiapkan bahan masakan agar Moms bisa lebih hemat dan punya lebih banyak waktu.

shutterstock 1069332170

Meal prep sebenarnya tidak jauh berbeda dari metode konvensional yang Moms lakukan selama ini. Hanya saja, polanya sedikit dimodifikasi.

Jika biasanya Moms belanja untuk kebutuhan satu hari, dengan metode meal prep ini, Moms justru belanja sekali banyak untuk jangka waktu yang lebih lama, biasanya seminggu.

Moms bisa membeli berbagai jenis karbohidrat, protein hewani, protein nabati, sayur-sayuran, buah-buahan, dan tentunya bumbu-bumbu yang akan dibutuhkan selama seminggu ke depan. Sebaiknya Moms membuat daftar terlebih dahulu sebelum berbelanja.

Bahan masakan yang Moms beli tersebut kemudian ditempatkan dalam wadah-wadah. Moms bisa membaginya berdasarkan jenis bahan, resep, atau porsi. Semuanya bisa disesuaikan dengan kebutuhan Moms.

Baca Juga: 5 Varian Bekal Sekolah Anak yang Mudah Dibuat

Keuntungan Meal Prep

shutterstock 1060933076

1. Menghemat Uang

Belanja untuk meal prep memang terasa jauh lebih mahal ketimbang berbelanja untuk bahan masakan sehari.

Tapi, coba Moms pikirkan, jika biasanya Moms menghabiskan rata-rata Rp 50 ribu per hari untuk memasak makanan Moms, Dads, dan Si Kecil, artinya Moms membutuhkan setidaknya Rp 350 ribu untuk belanja selama seminggu penuh. Itupun kadang masih ada bahan yang tersisa dan akhirnya tidak digunakan karena sudah membusuk.

Dengan metode meal prep, Moms bisa berbelanja kebutuhan selama seminggu untuk tiga orang hanya dengan Rp 200 ribu.

Dengan Rp 200 ribu, Moms sudah bisa mendapatkan 1 ekor ayam, ¼ kg iga sapi, 1 kg telur, ¼ kg udang, ikan, tempe, tahu, bahan sayur asem, bahan sayur sop, bayam, kangkung, jagung manis, semangka, pepaya, pisang, serta bawang putih dan bawang merah.

2. Menghemat Waktu

Pernahkah Moms membayangkan berapa lama waktu yang Moms butuhkan untuk berbelanja setiap harinya? Bayangkan juga jika waktu tersebut diakumulasikan dalam seminggu.

Moms mungkin membutuhkan setidaknya 3-4 jam untuk berbelanja dalam seminggu. Dengan membeli semua bahan masakan, Moms bisa mengeliminasi waktu belanja harian itu.

Moms bisa lebih santai memasak di rumah karena tidak perlu diburu-buru belanja bahan masakan, Si Kecil yang harus berangkat sekolah, dan Dads yang harus berangkat ke kantor.

Untuk bahan-bahan yang sudah setengah matang, Moms memerlukan lebih sedikit waktu lagi untuk menyiapkannya menjadi menu lezat. Sedangkan untuk masakan frozen, Moms hanya perlu menghangatkannya di microwave. Mudah sekali kan Moms?

3. Nutrisi Seimbang

Karena sejak awal sudah menyiapkan bahan masakan dengan nutrisi lengkap (karbohidrat, protein, sayuran, dan buah-buahan), masakan yang Moms siapkan juga sudah lengkap nutrisinya.

4. Mengurangi Stres

Pernahkah Moms merasa stres saat memasak di pagi hari karena harus berpacu dengan jadwal sekolah Si Kecil dan jam kerja Dads?

Dengan meal prep ini, Moms tidak perlu mengalami hal itu lagi. Karena bahan-bahannya sudah siap, Moms juga sudah punya ide resep, saat memasak, Moms hanya perlu mengeksekusi.

Baca Juga: Resep Sandwich Telur untuk Bekal Si Kecil

Mempersiapkan Meal Prep

shutterstock 194835887

Sebelum memulai meal prep, sebaiknya Moms diskusikan dulu dengan keluarga mengenai masakan apa yang mereka inginkan.

Setelah itu, Moms bisa mulai membuat daftar belanja. Dari bahan-bahan yang sebelumnya telah dibeli, Moms bisa mengkreasikan berbagai resep. Ketimbang berbelanja sesuai dengan resep, cara ini jauh lebih efektif.

Saat berbelanja sesuai dengan resep, Moms kadang dihadapkan pada kenyataan bahwa bahan yang Moms butuhkan untuk membuat sebuah resep tidak ada atau habis. Jadi, sebaiknya Moms tentukan resep setelah berbelanja semua bahan.

Tapi Moms juga bisa mulai membuat daftar resep yang akan dibuat setiap harinya. Dengan cara ini, Moms tidak akan lagi kebingungan akan memasak apa.

Untuk pemula, Moms sebaiknya melakukan trial dengan menyiapkan bahan masakan untuk 2-3 hari. Jika sukses, Moms bisa menambahnya sedikit demi sedikit hingga satu minggu. Semakin sering dilakukan, Moms akan semakin terbiasa.

Baca Juga: Resep Karedok Sunda, Menu Praktis yang Sehat

Memulai Meal Prep

shutterstock 307780538

Pilih satu hari dalam seminggu untuk melakukan meal prep. Meal prep cukup menyita waktu lho Moms. Moms butuh waktu untuk berbelanja, menyiapkan bahan, dan memasak.

Pilihkan waktu libur Moms untuk melakukan meal prep ini. Menyiapkan bahan masakan ini bisa jadi hiburan yang menyenangkan juga lho, Moms.

Untuk bahan masakan yang tidak langsung dimasak, Moms bisa membumbuinya sebelum disimpan dalam lemari es. Dengan begitu, saat akan memasaknya, Moms tidak perlu lagi kerepotan membumbuinya. Selain itu, bumbu akan lebih meresap jika dibiarkan lebih lama.

Beberapa bahan memang lebih enak dimasak saat segar. Tapi, beberapa lainnya bisa Moms masak setengah matang atau matang lalu dibekukan dalam freezer untuk menghemat waktu menyiapkan makanan nantinya.

Itulah beberapa hal yang perlu Moms ketahui mengenai metode meal prep. Tertarik untuk mencoba?

(AND)

Artikel Terkait