DI ATAS 5 TAHUN
4 Oktober 2018

6 Hewan Peliharaan yang Aman untuk Anak

Memiki hewan peliharaan baik untuk kesehatan secara mental dan fisik
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Intan
Disunting oleh Intan

Memelihara hewan ternyata baik untuk kesehatan kita secara mental dan fisik, lho. Tahukah Moms bahwa dengan merawat hewan peliharaan dapat mencegah kesepian, bahkan menurunkan tekanan darah pada beberapa orang.

Tumbuh dengan hewan peliharaan menyenangkan bagi anak-anak. Namun, memilih hewan peliharaan yang tepat bukan hal yang mudah. Berikut beberapa hewan peliharaan yang aman untuk anak!

Kelinci

rabbit1

foto: whats-your-sign.com

Bentuknya yang lucu dan menggemaskan, membuat tak hanya Moms saja yang suka memeliharanya tetapi juga Si Kecil. Sebagai hewan yang aktif bergerak, kelinci akan sangat baik membuat anak-anak juga ikut bergerak dan bermain di luar.

Tapi merawat kebersihan kelinci tidaklah mudah. Kebersihan kandangnya harus selalu dijaga, karena kandang kelinci yang kotor dan bau akan membuat mereka mudah sakit.

Ikan

280843

foto: getwallpapers.com

Bila ingin memelihara binatang yang cukup mudah untuk dirawat, Moms bisa mencoba untuk memelihara ikan. Selain hanya membutuhkan aquarium untuk memeliharanya, tugas Moms hanyalah memberi makan dan mengganti airnya tak perlu mengajaknya berjalan-jalan seperti hewan lain.

Memelihara ikan juga baik untuk mengajarkan Si Kecil untuk bertanggung jawab dan disiplin. Ajarkan mereka untuk memberi makan sesuai jadwalnya dan ajak pula mereka untuk membersihkan aquarium bersama.

Baca Juga: Manfaat Sehat Memiliki Hewan Peliharaan

Anjing

puppies

foto: laifu.jp

Berikutnya ada binatang peliharaan yang sering dijuluki sebagai sahabat manusia yaitu anjing. Anjing memang teman yang sangat menyenangkan untuk diajak bermain dan berjalan-jalan.

Tak hanya itu, mereka juga bisa dilatih agar menjadi penurut dan pintar. Meski begitu, Moms juga harus cermat dalam memilih jenis anjing karena sebenarnya tak semua jenis anjing pas untuk anak-anak. Beberapa anjing yang direkomendasikan adalah golden retriever, labrador, dan beagle.

Kura-kura

kurakura

foto: the-happy-place.com

Memelihara kura-kura juga tak kalah menyenangkannya dengan hewan lain. Selain itu, kura-kura ini rata-rata dapat berumur panjang bila dirawat dengan benar.

Nah, sayangnya merawat kura-kura tak mudah, banyak hal yang perlu diperhatikan dari mulai suhu hingga cahaya untuk lingkungan tinggalnya.

Tak hanya itu, menjaga kebersihan lingkungan dan kura-kura itu sendiri juga sangat penting karena mereka rupanya dapat menyebarkan bakteri salmonella yang dapat menyebabkan masalah pencernaan.

Kucing

08 cat cancer 4

foto: newportharborvets.com

Selain anjing, kucing juga bisa menjadi sahabat yang baik untuk dipelihara. Memang termasuk hewan yang cukup manja dan membutuhkan banyak perhatian namun tetap menyenangkan sebagai teman bermain.

Jika Moms memutuskan untuk memelihara kucing, pastikan mereka rajin divaksin serta memiliki bulu dan kuku yang bersih agar tak menyebabkan penyakit untuk Si Kecil, ya.

Baca Juga: 11 Foto Bayi dengan Anjing Ini Dijamin Bikin Gemas! 

Burung

parrot light needs 800x450

foto: chewy.com

Terakhir, ada burung yang juga aman dan pas untuk dipelihara Si Kecil. Terdapat beberapa jenis burung yang pintar bersosialisasi dan menjadi teman yang menyenangkan seperti kakatua, kenari dan parkit.

Perawatan terhadap burung juga termasuk mudah, yang terpenting adalah rajin membersihkan kandangnya. Selain kebersihan yang perlu diperhatikan adalah paruhnya, berhati-hatilah dengan burung berparuh tajam karena dapat melukai Si Kecil.

Sebenarnya, masih banyak lagi hewan yang aman untuk dipelihara anak-anak karena yang terpenting adalah menjaga kebersihannya. Jangan sampai hewan yang Moms pelihara menyenangkan untuk diajak bermain tapi mendatangkan penyakit, ya.

(MDP)

Artikel Terkait