BALITA DAN ANAK
30 Mei 2020

5 Tips Hidup Sehat Saat Balita Mulai Sekolah

Tetap jaga kebersihan tubuhnya ya, Moms!
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Ninta
Disunting oleh Ikhda Rizky Nurbayu

Kehidupan Si Kecil perlahan akan berubah, terlebih ketika dirinya mulai memasuki sekolah. Kalau biasanya ia hanya bermain, kini sudah banyak aktivitas yang harus dilakukan. Jika tidak diperhatikan, kesehatannya bisa menurun dan menyebabkan ia mudah jatuh sakit.

Sebagai orang tua, Moms harus pintar mengaplikasikan beragam tips hidup sehat anak mulai sekolah dalam kesehariannya.

Tips Hidup Sehat Saat Anak Mulai Sekolah

tips hidup sehat anak mulai sekolah

Foto: Freepik

Menerapkan tips hidup sehat pada Si Kecil bertujuan untuk menjaga sistem imun serta mempersiapkan agar dirinya nyaman beraktivitas sehari-hari. Namun, tak hanya untuk diterapkan pada Si Kecil, ada baiknya gaya hidup sehat dilakukan lebih dulu oleh orang tua.

“Orang tua harus menjadi panutan dan memberikan dorongan kepada anak-anak mereka. Sebab, anak-anak akan mengikuti contoh yang ditetapkan orang tua mereka," jelas dokter Nancy Krebs, MD, direktur program nutrisi klinis di Children's Colorado. Lalu, apa saja yang harus dilakukan?

Baca Juga: Simak 6 Tips Membiasakan Hidup Sehat pada Balita Berikut Ini

1. Atur Waktu Tidur

tips hidup sehat anak mulai sekolah

Foto: Johns Hopkins Medicine

Di masa pertumbuhannya, pastikan Si Kecil tidak kekurangan waktu istirahat. Dikutip dari Nationwide Childrens, setiap balita yang mulai sekolah membutuhkan waktu tidur antara 11-13 jam per hari yang bisa dibagi ke dalam tidur siang dan tidur malam.

Tidur yang cukup membuat tubuh Si Kecil mampu mengisi ulang energinya yang sudah dipakai seharian. Kesehatan anak terjaga dan aktivitasnya di sekolah bisa lebih fokus dan maksimal.

2. Biasakan Rutin Olahraga

tips hidup sehat anak mulai sekolah

Foto: Miracle Recreation

Tips hidup sehat anak mulai sekolah berikutnya adalah rajin olahraga atau bergerak. Dikutip dari Kids Health, anak-anak prasekolah harus banyak bergerak atau olahraga minimal 120 menit setiap hari atau sekitar dua jam. Tujuannya untuk membuat tubuhnya lebih sehat, membuat otot dan tulang jadi lebih kuat, dan terhindar dari beragam penyakit, termasuk diabetes tipe 2.

"Jika olahraga adalah pil, itu akan menjadi salah satu obat paling hemat biaya yang pernah ditemukan," kata dokter Nick Cavill, seorang konsultan promosi kesehatan. Ajak anak melakukan aktivitas fisik terencana yang dipimpin orang dewasa (guru atau orang tua) atau permainan bebas aktif yang tidak terstruktur, seperti bermain bola.

Baca Juga: Bantu Anak Memilih Olahraga yang Tepat Untuknya dengan 5 Cara Ini!

3. Selalu Sarapan

tips hidup sehat anak mulai sekolah

Foto: Nohat

Sebelum berangkat sekolah, pastikan Si Kecil mengisi perutnya dengan sarapan. Sarapan adalah cara yang bagus untuk memberi tubuh bahan bakar yang dibutuhkan balita.

Anak yang sarapan cenderung tidak mudah lapar sehingga membuatnya tidak rajin ngemil makanan tidak sehat. Sarapan juga membantu balita berpartisipasi dalam kegiatan fisik yang membantu memenuhi kebutuhan geraknya setiap hari.

4. Beri Camilan Sehat

tips hidup sehat anak mulai sekolah

Foto: We Heart It

Sangat disayangkan jika anak sudah tidur cukup, rajin olahraga, dan juga sarapan, tetapi masih mendapat camilan yang tidak sehat, seperti junk food, keripik kentang, hingga gorengan. Tips hidup sehat anak mulai sekolah yang sudah disarankan tidak akan berhasil.

Coba ganti camilan anak dengan buah-buahan. Mereka tidak akan makan buah jika Moms tidak menyediakannya di rumah. Pastikan Moms memotong buah dengan ukuran yang mudah dicerna balita dan diletakkan di tempat yang bisa dijangkaunya. Dengan begitu, anak lebih mudah mengambil camilannya sendiri.

Baca Juga: Enak dan Sehat! Ini 5 Camilan Berbahan Dasar Buah

5. Menjaga Kebersihan Tubuh

tips hidup sehat anak mulai sekolah

Foto: KIWI Magazine

Kalau tips hidup sehat anak mulai sekolah yang satu ini sangat wajib Moms terapkan. Pastikan ia mandi dua kali sehari, selalu cuci tangan dan kaki sepulang sekolah, juga mencuci tangan sebelum makan. Ajarkan padanya cara mencuci tangan yang benar dan jadikan kebiasaan sehingga di mana pun dia berada agar ia mampu menjaga kebersihan dirinya sendiri.

Mudah, kan, menerapkan 5 tips hidup sehat anak mulai sekolah di atas? Demi kesehatan tubuh dan membantu aktivitasnya supaya maksimal, pastikan Moms selalu memberikan yang terbaik untuk Si Kecil.

Artikel Terkait