KELUARGA
21 Mei 2020

5 Hikmah Berpuasa Ramadan di Tengah Pandemi COVID-19, Masya Allah!

Tidak selalu buruk, berikut ini hikmah berpuasa di tengah pandemi Corona.
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Zarah Amala
Disunting oleh Andra Nur Oktaviani

Atas seizin Allah Azza Wa Jalla, puasa Ramadan 1441 H dilaksanakan bertepatan dengan kondisi pandemi Coronavirus atau COVID-19. Tentu saja, pandemi ini membuat perubahan drastis pada kebiasaan kita beribadah di bulan puasa.

Misalnya, shalat dan ritual ibadah lain yang biasa kita lakukan di masjid, saat ini hanya bisa kita lakukan di rumah saja. Kegiatan berkumpul bersama keluarga dan mudik lebaran pun tak bisa kita lakukan, mengingat kita harus memutus rantai penyebaran virus Corona.

Mau tidak mau, saat ini kita harus mengikuti anjuran Pemerintan maupun tenaga medis. Sedih memang, namun bila diamati, ada hikmah luar biasa yang Allah berikan pada umatNya dalam kondisi seperti.

Baca Juga: Tips Menjaga Kesehatan Saat Puasa di Tengah Pandemi COVID-19

Hikmah puasa di tengah pandemi Corona

Puasa adalah ibadah untuk menahan diri dari hawa nafsu, atau hal lain yang dilarang. Sebaliknya, bulan suci Ramadan dimanfaatkan sebagai bulannya umat muslim memperbanyak ibadah dan bertaubat atas segala kesalahan di masa lalu.

Selain itu, beberapa hikmah berpuasa di tengah pandemi ini mungkin akan membuat Moms lebih beryukur lagi atas nikmat yang Allah berikan. Apa saja ya?

1. Lebih Khusuk dalam Beribadah

hikmat puasa di tengah pandemi

Foto: Shutterstock

Social distancing dan PSBB membuat hampir semua perusahaan mengimbau pegawainya untuk bekerja dari rumah (work from home), tujuannya tak lain untuk menjaga keselamatan masing-masing.

Karena itu, umat muslim bisa semakin khusuk beribadah di rumah, karena kondisi WFH yang lebih memudahkan untuk beribadah.

Saat puasa, kita bisa lebih banyak meluangkan waktu untuk khusuk beribadah dan tidak tergesa-gesa. Misalnya, tepat waktu melaksanakan shalat lima waktu, bisa meluangkan waktu membaca Al-Quran atau membaca tafsirnya, dan lebih banyak berzikir.

2. Lebih Banyak Beramal Shalih

hikmat puasa di tengah pandemi-1.jpg

Foto: Shutterstock

Dikutip dari Muslim.or.id, bila diperhatikan, momen ini merupakan waktu yang tepat untuk memperbanyak amal shalih seperti bersedekah. Moms tahu kan, kalau amal baik yang dilakukan di bulan Ramadan, akan diganjarkan dengan pahala yang berkali-kali lipat.

Seperti yang dikatakan dalam sebuah hadits:

“Sesungguhnya Allah mencatat setiap amal kebaikan dan amal keburukan.” Kemudian Rasulullah menjelaskan: “Orang yang meniatkan sebuah kebaikan, namun tidak mengamalkannya, Allah mencatat baginya satu pahala kebaikan sempurna. Orang yang meniatkan sebuah kebaikan, lalu mengamalkannya, Allah mencatat pahala baginya 10 sampai 700 kali lipat banyaknya.” (HR. Muslim no.1955)

Karena itu, orang yang bersedekah di bulan Ramadan akan dilipatgandakan pahalanya 10 sampai 700 kali lipat sebab sedekah adalah amal baik.

Momen ini bisa dimanfaatkan untuk bersedekah kepada orang-orang yang terdampak COVID-19, mengingat banyak di antara kita yang harus kehilangan pekerjaan.

Baca Juga: 4 Tips Persiapan Puasa Ramadan di Tengah Pandemi COVID-19

3. Berkumpul Bersama Keluarga

hikmat puasa di tengah pandemi-2.jpg

Foto: Shutterstock

Coba ingat-ingat Moms, mungkin tahun lalu Moms masih selalu menunggu suami pulang kerja di waktu menjelang buka puasa. Atau, suami terpaksa harus berbuka puasa di jalan saking macetnya perjalanan pulang.

Bagaimana saat ini? Suami yang mungkin sedang WFH bisa merasakan nikmatnya berbuka puasa di rumah bersama keluarga. Waktu kumpul bersama keluarga juga semakin banyak dan berkualitas, bukan?

Betapa nikmatnya waktu bersama keluarga yang Allah berikan dalam kondisi seperti ini. Karena itu, kita wajib bersyukur atas apapun yang Allah kehendaki pada umat-Nya, dalam keadaan sulit sekali pun.

4. Lebih Peduli terhadap Kesehatan dan Kebersihan

hikmat puasa di tengah pandemi

Foto: Shutterstock

"Agama Islam itu adalah (agama) yang bersih/suci, maka hendaklah kamu menjaga kebersihan. Sesungguhnya tidak akan masuk surga, kecuali orang-orang yang suci." (HR. Baihaqi).

Sesuai dengan hadits di atas, Allah menyukai orang-orang yang bersih dan suci, bahkan Dia menjelaskan bahwa orang yang masuk surga adalah orang yang suci.

Moms juga setuju kan, kalau pandemi COVID-19 membuat kita lebih aware lagi dengan kesehatan dan kebersihan? Semenjak virus ini bertandang ke Indonesia, kita semakin giat untuk menjaga kesehatan dan kebersihan agar terhindari dari virus ini.

Kebiasaan hidup bersih dan sehat ini akhirnya menciptakan pola hidup yang lebih baik lagi, terutama di bulan Ramadan. Kebiasaan ini juga akan membuat ibadah puasa Moms lebih maksimal lagi.

Baca Juga: Ketahui Aturan Ibadah Ramadan Selama COVID-19 dari Kementerian Agama

5. Berpuasa Baik untuk Menangkal Virus

Dikutip dari Khaleej Times, puasa dianggap baik untuk kesehatan karena aktivitas ini membantu detoksifikasi tubuh dari segala virus. Selain itu, puasa juga bermanfaat untuk meregenerasi sel sistem kekebalan tubuh dan mengurangi kemungkinan terinfeksi cirus dan penyakit yang melemahkan sistem kekebalan tubuh lain.

Penasihat Gizi Regional WHO, Dr. Ayoub Al Jawaldeh bahkan mengatakan bahwa puasa dapat membantu orang membuang racun, mengurangi kadar gula darah dan memecah timbunan lemak.

Namun perlu diingat, manfaat puasa di atas bisa dirasakan bila Moms memenuhi kebutuhan nutrisi yang tepat selama sahur dan berbuka puasa. Jadi, jangan lupa untuk mengonsumsi sayur dan buah, dan tetap terhidrasi.

Itulah lima hikmah puasa di tengah pandemi COVID-19. Semoga 5 hikmah di atas bisa membuat kita selalu bersyukur, ya Moms.

Artikel Terkait