FASHION & BEAUTY
17 Juli 2019

Hindari 5 Makanan Ini Supaya Kulit Tidak Berjerawat

Jerawat biasa timbul dari makanan yang kita konsumsi sehari-hari
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Adeline Wahyu
Disunting oleh Intan Aprilia

Kulit berjerawat adalah masalah yang kerap kali dialami tidak hanya oleh wanita, namun juga oleh para lelaki. Apalagi saat wanita sedang berada dalam masa suburnya, jerawat dalam jumlah yang banyak bisa langsung menghampiri dalam satu malam.

Tapi tahukah Moms bahwa jerawat sebenarnya bukan hanya timbul karena kita tidak menjaga kebersihan diri lho. Makanan yang kita konsumsi juga bisa menjadi penyebab jerawat bagi kulit.

Makanya penting bagi kita untuk menjaga asupan makanan yang masuk ke dalam tubuh. Apa saja makanan yang jadi penyebab jerawat? Simak ulasan di bawah ini.

Baca Juga: Jerawat di Punggung? Cari Tahu Penyebab dan Cara Mengatasinya

1. Makanan dengan Indeks Glikemik yang Tinggi

donut-day.jpg

Foto: kclr96fm.com

Penyebab jerawat dapat dipicu dengan makanan yang memiliki indeks glikemik yang tinggi, seperti donat, roti tawar, dan pretzel. Jenis-jenis makanan ini akan meningkatkan tingkat gula darah sehingga kulit cenderung berjerawat.

“Peningkatan gula darah merangsang tubuh untuk memompa insulin, yang kemudian memicu efek hormonal, seperti peningkatan kadar androgen (hormon pria penyebab jerawat), kelebihan minyak, dan peningkatan produksi sel kulit, yang semuanya mengarah pada penyumbatan pori-pori wajah, ” kata Jessica Wu, dokter kulit bersertifikat di Los Angeles.

2. Kerang-kerangan

makanan penyebab jerawat

Foto: widiynews.com

“Udang, kepiting, dan lobster memiliki kadar iodin tinggi, yang akhirnya akan memicu pori-pori tersumbat dan menimbulkan jerawat,” kata Crystal Wellman, ahli kecantikan berlisensi di Virginia.

Selain itu, mineral pada makanan ini mampu menyebabkan iritasi pada kulit dan bila pori-pori wajah sudah tersumbat, akan mempercepat pembentukan jerawat yang meradang pada kulit yang cenderung berjerawat.

Baca Juga: 5 Cara Alami Menghilangkan Bekas Jerawat

3. Produk Susu

makanan penyebab jerawat

Foto: health.harvard.edu

Menurut Paula Simpson, ahli gizi selebriti, jika jerawat cenderung muncul di bagian dagu, rahang, dan leher, kemungkinan besar makanan penyebab jerawat adalah produk-produk susu.

“Karena susu dapat memperburuk kondisi kulit, produk susu yang mengandung susu, termasuk keju, es krim, dan saus krim, juga dapat menyebabkan jerawat," tambahnya.

Penelitian telah menunjukkan bahwa makan produk susu dapat mendorong pelepasan insulin, faktor pertumbuhan, dan hormon dalam tubuh yang semuanya dapat memicu timbulnya jerawat.

4. Hindari Alkohol

makanan penyebab jerawat

Foto: t-online.de

“Alkohol membuat kulit kita mengalami dehidrasi, keriput, dan menghambat regenerasi kulit,” ujar Wellman.

Selain itu, kebiasaan mabuk juga dapat berdampak negatif pada penurunan kadar vitamin A, B3, dan C yang semuanya merupakan antioksidan penting bagi kulit dan meregenerasi sel-sel baru.

“Tapi bukan berarti juga kita tidak boleh minum alkohol. Hanya saja jaga semuanya agar tetap berada dalam suatu keseimbangan,” ujar Adam Friedman, direktur Penelitian Dermatologis di Unified Division of Dermatology, Albert Einstein College of Medicine.

Baca Juga: Alkohol Jadikan Kulit Cepat Menua, Yuk Segera Hindari Moms!

5. Garam

makanan penyebab jerawat

Foto: medicalnewstoday.com

“Terlalu banyak mengonsumsi garam akan membuat kulit kita mengalami dehidrasi yang akhirnya berujung pada pembengkakan dan menjadi penyebab jerawat,” ucap Wellman. “Hal ini membuat kulit membutuhkan waktu lebih lama untuk menyembuhkan jerawat,” sambungnya.

Harold Lancer, dokter kulit Beverly Hills, juga memberitahu pasiennya untuk mengonsumsi makanan yang dibuat tanpa garam ketika makan di luar untuk kulit yang lebih tenang.

Ternyata sebagian besar makanan penyebab jerawat adalah makanan-makanan yang biasa kita konsumsi sehari-hari.

Hal ini bukan berarti kita tidak boleh memakan beberapa jenis makanan di atas, hanya saja jaga terus agar tetap berada dalam porsi yang seimbang ya.

Artikel Terkait