RUPA-RUPA
28 Agustus 2019

Hindari 7 Kesalahan dalam Mendekorasi Rumah

Ciptakan rumah impian Moms tanpa harus melakukan kesalahan
Artikel ditulis oleh Orami
Disunting oleh Ikhda Rizky Nurbayu

Saat mendekorasi ruangan di rumah, yang terbayangkan adalah kesan rapi, bersih dan nyaman untuk seluruh anggota keluarga. Tak jarang Moms juga mencari ide dekorasi tentang rumah impian. Apalagi saat ini semua dekorasi rumah bisa dipesan lewat ponsel, dan langsung dikirim ke rumah.

Tapi jangan salah, meski telah mendapatkan banyak referensi dari buku dan majalah, acara TV, dan artikel online yang menawarkan ide dan inspirasi, tetap saja masih bisa ditemukan kesalahan mendekorasi rumah. Hal itu dapat terjadi karena bisa saja Moms teralu bersemangat saat berbelanja, hingga tidak mempertimbangkan apa yang benar-benar diinginkan dan dibutuhkan.

Agar menghindari penyesalan dan pengeluaran berlebih saat berbelanja, kami memberikan beberapa tips menghindari kesalahan mendekorasi rumah. Apa saja itu? Yuk disimak.

1. Menentukan Warna Dasar

Hindari 7 Kesalahan Mendekorasi Rumah Ini -1.jpg

Foto: Pre-tend.com

Agar lebih matching, terlebih dulu pikirkan konsep warna dasar yang akan Moms terapkan di rumah. Setelah itu, barulah mulai memilih padanan warnanya untuk diaplikasikan ke kain gorden, karpet, wallpaper, dan aksesoris ruangan lainnya.

Jika Moms telah memutuskan warna dinding, beli dulu sedikit warna tersebut dan aplikasikan di bagian kecil di rumah untuk melihat bagaimana warna terlihat di ruangan dengan cahaya alami. Mintalah sampel warna cat, karpet dan potongan kain sehingga Moms mempertimbangkannya di rumah. Warna dasar yang lebih akan membuat barang-barang dengan warna favorit Moms terlihat menonjol.

Baca Juga: Yuk, Gunakan Barang Antik Sebagai Dekorasi Rumah

2. Jangan Paksakan Penempatan Furnitur

Hindari 7 Kesalahan Mendekorasi Rumah Ini -2.jpg

Foto: Realtor.com

Jangan menata kursi, sofa, dan meja besar di ruangan kecil. Hal itu akan membuat Moms sulit bergerak di ruangan tersebut. Buat pengelompokan furnitur Moms dan sisakan untuk akses berjalan dan duduk dengan nyaman. Akan sangat menyenangkan untuk bereksperimen dengan konfigurasi perabot yang berbeda, dan Moms akan mudah untuk melakukan perubahan jika tidak menyukai hasilnya.

Untuk membuat rumah Moms lebih mudah diakses dan nyaman, hindari meletakkan kursi atau meja di depan pintu atau terlalu dekat dengan tangga.

3. Membeli Dekorasi Serupa

Hindari 7 Kesalahan Mendekorasi Rumah Ini -3.jpg

Foto: Pinterest.com

Desainer interior yang berbasis di London Abigail Ahearn mengatakan, satu kesalahan penataan gaya malah tidak akan memperlihatkan kesan menarik dari sebuah ruangan. "Jika semuanya berukuran sama, misalnya banyak barang yang kebesaran atau kekecilan, ruangan rumah akan terasa seperti ruang kekacauan,” kata Abigail.

Dia menekankan untuk mengaplikasikan komposisi dekorasi yang akan membuat tampilan ruangan lebih baik. “Trik termudah adalah memikirkan ruang Moms sebagai kota dan mengisinya dengan kombinasi ketinggian dan proporsi. Lihatlah pemandangan kota mana pun dan Moms akan menemukan perpaduan skala yang menarik dan unik,” tambahnya.

Baca Juga: Ready for Open House dengan Dekorasi Rumah Ini

4. Furnitur Gelap di Ruang Kecil

Hindari 7 Kesalahan Mendekorasi Rumah Ini -4.jpg

Foto: Thecompanystore.com

Menemukan dekorasi yang sempurna untuk ruang kecil bisa menjadi tantangan. Tali Roth dari Homepolish mengatakan, dia sering melihat satu kesalahan utama di ruangan kecil: furnitur yang berwarna gelap. "Banyak orang cenderung memilih perabot yang berat, tebal, dan gelap," kata Tali.

Padahal, hal tersebut akan membuat ruangan terasa lebih sempit dan pengap. Jika memiliki ruangan kecil, carilah kain gorden dengan desain dan bahan yang terkesan ringan. Pilih sofa berbahan linen atau kain ringan, dan pilih palet warna yang memantulkan cahaya.

5. Salah Memilih Ukuran Karpet

Hindari 7 Kesalahan Mendekorasi Rumah Ini -5.jpg

Foto: Thewirecutter.com

Pengaplikasian karpet dalam sebuah ruangan dapat mengubah kesan keseluruhan. Akan tetapi pakar desain rumah Emily Henderson mengatakan, sulit untuk menilai ukuran yang tepat untuk rumah Moms. “Karpet ruang tamu harus benar-benar menghiasi seluruh tempat duduk di sekitarnya. Ini memberitahu semua orang bahwa ini adalah tempat percakapan yang nyaman,” jelasnya.

Ruang tamu hampir selalu membutuhkan karpet. Pilihlah karpet berukuran sedang. Karpet juga dapat digunakan di di samping tempat tidur, di dapur, atau di pintu masuk. “Sebagai aturan praktis, karpet harus cukup besar untuk memuat setidaknya dua kursi atau kaki sofa di atasnya,” kata Emily.

Baca Juga: 4 Tips Padu Padan Untuk Dekorasi Rumah Bergaya Shabby Chic

6. Memiliki Sumber Cahaya

Hindari 7 Kesalahan Mendekorasi Rumah Ini -6.jpg

Foto: Tede-universe.com

Menurut Athena Calderone, pendiri EyeSwoon, pencahayaan sangat penting untuk ruang apa pun. Dia menambahkan, ruang terbaik memiliki sejumlah besar sumber cahaya untuk menciptakan berbagai suasana.

“Pastikan memiliki pencahayaan yang datang dari berbagai sumber pada ketinggian yang berbeda, seperti lampu lantai dan lampu meja. Pencahayaan yang hangat tidak hanya mengatur suasana hati tetapi juga membuat ruangan terasa intim dan cerah," kata dia.

7. Tidak Mengukur Kamar

Hindari 7 Kesalahan Mendekorasi Rumah Ini -7.jpg

Foto: Funender.com

Perancang interior Mikel Welch mengatakan, sebelum melakukan pembelian, penting untuk mengumpulkan ukuran dari masing-masing ruangan untuk membentuk rencana. “Salah satu kesalahan desain interior yang paling umum adalah mengandalkan mata untuk mengukur ruang. Pertimbangkan volume keseluruhan ruang. Ukur setiap sudut dan celah,” jelasnya.

Untuk menghindari ruang yang terlalu penuh atau kurang perabotan, tandai ketinggian, lebar, dan bahkan kedalaman furnitur menggunakan pita. “Dengan cara ini, Anda dapat secara visual melihat seberapa banyak ruang yang dibutuhkan,” katanya.

Siap untuk mendekor, Moms? Pastikan kesalahan mendekorasi rumah ini tidak dilakukan agar menghasilkan tampilan rumah sempurna impian Moms.

Artikel Terkait