PROGRAM HAMIL
9 Desember 2017

Hindari 9 Pekerjaan Rumah Tangga Ini Saat Hamil!

Inilah daftar pekerjaan rumah yang aman saat hamil!
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Carla Octama
Disunting oleh Carla Octama

Tubuh wanita perlu melewati fase yang sulit saat hamil. Jadi, lebih baik tidak terlalu membebani dengan melakukan pekerjaan rumah yang aman selama kehamilan.

Selain melakukan aktivitas aman saat hamil, mengkonsumsi makanan sehat, melakukan olahraga ringan dan mempertahankan keadaan pikiran yang damai adalah hal terbaik yang harus dilakukan selama kehamilan. Mintalah bantuan pasangan dan anggota keluarga lainnya dan pastikan tubuh tetap rileks.

Baca Juga: Hati-hati Bahaya Lingkungan Bagi Kehamilan!

Menurut ginekolog Dr. Sushma Gupta, Mama harus menghindari pekerjaan rumah berikut ini selama kehamilan.

1. Mengangkat tas belanjaan berat

barang belanjaan

Cobalah untuk tidak memindahkan furnitur dan mengangkat tas belanjaan berat. Hal ini dapat menyebabkan tekanan pada perut dan punggung bagian bawah, dan cedera punggung bawah adalah hal terakhir yang Mama inginkan selama kehamilan.

2. Membersihkan plafon

Hindari juga melakukan pekerjaan seperti membersihkan kipas angin atau plafon yang mengharuskan Mama naik ke kursi atau tangga. Mama akan lebih rentan jatuh saat hamil, dan bisa berbahaya bagi Mama dan bayi.

3. Mengepel lantai

Hindari mengepel atau menyapu lantai karena bisa memperparah nyeri punggung bagian bawah dan menegangkan paha belakang. Jika tidak ada yang membantu, penting bagi Mama jika sering beristirahat saat melakukan aktivitas ini.

4. Mencuci piring dengan bahan kimia keras

Kulit wanita akan cenderung sensitif selama kehamilan jadi jika Mama mencuci piring tanpa memakai sarung tangan, akan menyebabkan reaksi alergi karena pembersih piring.

5. Menyedot debu

menyedot debu

Menarik penyedot debu di sekitar rumah bisa sangat melelahkan. Selain itu, mengganti filter penyedot debu bisa membuat Mama terkena debu, rambut dan spora yang bisa mengiritasi mata dan paru-paru.

6. Membersihkan kaca jendela

Berhati-hatilah saat membersihkan pintu dan jendela karena Mama bisa mudah tergelincir dan terjatuh. Selain itu, ingatlah untuk menghindari bahan kimia yang keras untuk membersihkan kaca dan bersihkan saja dengan koran.

7. Menggunakan bahan kimia keras untuk membersihkan noda kotor

Sebagai gantinya, cobalah menggunakan lemon, cuka dan baking soda untuk membersihkan barang kotor.

8. Membersihkan kotoran ternak

Jika memiliki hewan ternak di rumah, jangan sekali-kali membersihkan kotorannya. Parasit yang ada di dalamnya bisa jadi lebih berbahaya selama kehamilan.

9. Hindari mencuci pakaian

menjemur pakaian

Membungkuk, berjongkok, dan bangkit untuk mencuci pakaian mungkin tidak begitu nyaman dengan perut buncit. Selain itu, permukaan licin di area mencuci bisa berisiko tergelincir!

Apakah aktivitas aman saat hamil yang Mama lakukan?

(ROS)

Foto : Shutterstock

Artikel Terkait