PASCA MELAHIRKAN
14 Mei 2019

Hindari Baby Blues, Orang Tua Baru Dianjurkan Memiliki Support Group

Moms jadi tahu tentang banyak hal!
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Ikhda Rizky Nurbayu
Disunting oleh Andra Nur Oktaviani

Saat Moms memiliki buah hati biasanya akan muncul perasaan campur aduk antara senang, bahagia, pusing, dan juga stres. Setelah sang buah hati lahir, tidak jarang banyak Moms yang merasa gelisah, mudah marah, khawatir berlebihan, dan sebagainya.

Gejala tersebut dinamakan dengan baby blues, munculnya perasaan sedih setelah Moms memilih buah hati yang baru lahir. Untuk menangani gejala baby blues, cara yang paling tepat adalah berinteraksi dengan sesama ibu mengenai masalah yang sedang dialami.

Support group sangat diperlukan untuk menangani Moms yang emosinya sedang tidak stabil saat menjadi seorang ibu baru.

Baca Juga: Pentingnya Support System Bagi Ibu yang Baru Memiliki Bayi

Seberapa Penting Support Group?

support-group-pic (1).jpg

Foto: grandriverhealth

The Journal of Perinatal Education yang melakukan penelitian kualitatif mengenai masalah ini, menemukan fakta bahwa kehadiran kelompok orang tua baru dapat menimbulkan interaksi yang baik dan bermanfaat mengenai masalah bayi mereka.

Di Australia, support group bagi orang tua yang baru memiliki bayi sudah diterapkan oleh perawat selama lebih dari 40 tahun dengan tujuan untuk menunjang kesehatan anak dan juga keluarga.

Support group juga dapat memberi rasa keterkaitan dan perasaan aman bagi bayi dengan Moms. Selain itu, support group juga penting dalam meningkatkan tumbuh kembang anak.

Temuan-temuan utama dari studi kasus ini menunjukkan bahwa kehadiran support group dapat menciptakan peluang bagi Ibu baru untuk berinteraksi dengan ibu-ibu lain yang mengalami masalah yang serupa, untuk mendapatkan informasi mengenai masalah perawatan bayi dan belajar tentang berbagai macam hal.

Baca Juga: Sahabat Menjadi Support System Terbaik Bagi Sandra Dewi

Menjadi Bagian WhatsApp Group Orami

Kopdar-Banner-Ig-Fb.jpg

Orami menyediakan support group bagi Ibu yang baru memiliki momongan dan sedang kebingungan untuk mengatasi berbagai macam masalah yang baru dihadapinya. Selain itu, di dalam WAG Orami ini juga secara rutin diadakan Kulwap (Kuliah WhatsApp) bersama para ahli dengan berbagai topik tentang ibu dan anak.

Moms juga bisa berkesempatan menjadi figur real moms real stories lho di sini, di mana Moms bisa menjadi narasumber Kulwap bagi ibu-ibu lain yang membutuhkan informasi.

Baca Juga: Support System Terbaik untuk Para Ibu

Masih kurang Moms? WAG Orami juga sering mengadakan berbagai macam event gratis yang sayang untuk dilewatkan. Selain itu, dengan Moms gabung dengan WAG Orami juga berkesempatan mendapatkan giveaway yang sering diadakan baik diInstagram Orami atau YouTube Orami.

Tidak ketinggalan promo barang-barang keperluan bayi juga kami tawarkan kepada Moms yang baru memiliki momongan. Atau Moms ingin menjual barang-barang bekas yang masih layak dan bermanfaat bagi ibu-ibu lain juga bisa melalui program Preloved Orami.

Seru ya Moms sepertinya, yuk buruan join di WAG Orami!

Artikel Terkait