KESEHATAN
28 September 2019

Hindari Kebiasaan Ini yang Bisa Menyebabkan Jerawat Vagina!

Bukan cuma wajah yang bisa muncul jerawat, Moms, vagina juga!
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Orami
Disunting oleh Orami

Mungkin Moms pernah mengalami munculnya jerawat di sekitar area intim secara tiba-tiba. Tentu hal tersebut membuat Moms khawatir dan menduga-duga apa penyebab jerawat yang muncul pada vagina tersebut.

Namun, jangan khawatir Moms, jerawat pada vagina hal yang wajar, kok. Walau tidak bisa dipungkiri munculnya jerawat bisa membuatnya sakit bila disentuh sehingga membuat risih, sama halnya jerawat pada wajah. Maka dari itu, Moms perlu tahu penyebab mengapa jerawat vagina bisa muncul untuk menghindarinya.

Vagina Jerawat

Hindari Kebiasaan Ini yang Bisa Menyebabkan Jerawat Vagina!

Foto: Medical News Today

Walau bentuknya serupa dengan jerawat pada wajah, tapi sebenarnya berbeda saat jerawat muncul di vagina. Menurut seorang dokter dari New York University, Shari Marchbein, menyebutkan kalau jerawat yang muncul di area intim terjadi karena peradangan di sekitar folikel rambut kemaluan. Selain itu, hormon pada tubuh juga bisa mempengaruhi munculnya jerawat di area intim.

Baca Juga : Benarkah Memakai Cairan Pembersih Kewanitaan Setiap Hari Membuat Vagina Kering?

Penyebab Jerawat Vagina

Hindari Kebiasaan Ini yang Bisa Menyebabkan Jerawat Vagina!

Foto: Entity Mag

Folliculitis

Penyebab yang paling umum terjadi dari munculnya jerawat vagina adalah karena folliculitis. Folliculitis merupakan radang yang terjadi di folikel rambut. Umumnya karena pakaian yang dikenakan terlalu ketat, sehingga membuat daerah intim terlalu lembab. Keringat yang tidak terserap juga bisa menyebabkan peradangan tersebut.

Acne Inversa

Acne Inversa adalah peradangan kulit kronis yang mempengaruhi kelenjar keringat yang terjadi di selangkangan atau di bawah payudara. Jerawat ini biasanya yang sering menimbulkan sakit dan mengandung nanah.

Molluscum Contagiosum

Jerawat jenis ini yang paling bahaya, karena termasuk penyakit kelamin.

Baca Juga : 7 Makanan Ini Tidak Baik untuk Vagina, Lebih Baik Hindari Ya!

Cara Mengobati Jerawat Vagina

Hindari Kebiasaan Ini yang Bisa Menyebabkan Jerawat Vagina!

Foto: People

Sebenarnya jerawat pada vagina bisa hilang sendirinya. Moms bisa mulai merawat kebersihan area vagina dengan benar, terutama dengan tidak membiarkan daerah vagina jadi terlalu lembab.

Moms harus selalu memastikan vagina kering setelah buang air, mengganti celana dalam secara rutin, tidak menggunakan pakaian dalam terlalu sempit, dan tentunya jangan melakukan hubungan seksual yang tidak sehat.

Bila cara tersebut masih tidak kunjung ampuh, Moms bisa mencoba membasuh vagina dengan sabun atau obat khusus, tentu setelah sebelumnya melakukan konsultasi terlebih dengan dokter.

Baca Juga : Benarkah Makan Timun Bisa Bikin Vagina Becek?

(NA/KM)

Artikel Terkait