FASHION & BEAUTY
28 Mei 2019

Hindari Penuaan Dini, Lakukan 4 Tips Kecantikan Ini

Tampil cantik tanpa kerutan di wajah
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Adeline Wahyu
Disunting oleh Intan Aprilia

Memasuki usia 30-an, banyak wanita yang mulai mengkhawatirkan penuaan dini.

Sehingga berbagai perawatan kulit yang mengharuskan mereka merogoh kantong yang cukup dalam pun dilakukan. Hal ini tentu untuk mendapatkan wajah indah dan sehat tanpa kerutan.

Padahal untuk menghindari penuaan dini, kita bisa melakukan hal sederhana tanpa perlu mengeluarkan banyak uang. B

ahkan hal-hal sederhana ini termasuk dalam kegiatan rutin kita. Apa saja ya? Yuk intip beberapa tips kecantikan untuk mencegah penuaan dini!

Baca Juga: Beraktivitas di Bawah Sinar Matahari, Siapa Takut?

1. Mengoleskan Sunscreen

beauty tips, mencegah penuaan dini

Kita yang ingin mencegah penuaan dini dan menjaga wajah mulus tanpa keriput, serta tetap kencang seperti wajah, wajib menghindari sinar matahari.

Paparan sinar matahari mengambil andil yang besar dalam menimbulkan garis-garis halus, kerutan di wajah, serta flek-flek hitam.

“Kulit kusam dan tidak terawat juga terjadi karena kita terlalu berada di bawah sinar matahari,” kata Y. Claire Chang, M.D., seorang dokter kulit bersertifikat di Union Square Laser Dermatology.

Namun tentu bisa dihindari. Caranya sangat sederhana, cukup gunakan krim sunscreen dengan tingkat SPF sesuai kebutuhan secara rutin.

Jangan hanya di wajah saja, tetapi secara merata di leher, tangan, dan kaki. Oleskan juga pada bagian-bagian yang rentan menunjukkan penuaan dini.

2. Gunakan Kacamata Hitam

beauty tips, mencegah penuaan dini

Setelah menggunakan sunscreen, selanjutnya jangan lupa gunakan kacamata. Mengapa? Karena kulit di sekitar matalah yang rentan terkena penuaan dini seperti mengeriput.

Semakin banyak bagian wajah yang ditutupi, akan semakin bagus untuk menghindari paparan sinar matahari penyebab penuaan dini.

Baca Juga: Agar Hasilnya Efektif, Begini Cara Pemakaian Sunblock Sesuai Tingkat SPF

3. Jangan Gunakan Sedotan

beauty tips, mencegah penuaan dini

Moms harus tahu bahwa menyeruput minuman dengan sedotan, dapat menimbulkan garis-garis halus di wajah.

Hal ini dikarenakan keriput timbul akibat adanya kontraksi otot-otot bibir yang berulang.

"Minum melalui sedotan adalah kebiasaan sehar-hari yang menimbulkan keriput dan merusak kolagen di area mulut, sehingga membuat kulit kendur secara permanen," jelas Sejal Shah, MD, dermatologist di SmarterSkin Dematology, New York.

Makanya, sebisa mungkin hindari penggunaan sedotan agar otot-otot wajah tidak bekerja terlalu keras, sehingga bisa mencegah penuaan dini di kulit sekitar bibir.

Baca Juga: Hati-hati! Ini 5 Bahan Skincare yang Tidak Baik untuk Kulit Sensitif

4. Gunakan Retinoid

beauty tips, mencegah penuaan dini

Tips kecantikan untuk mencegah penuaan dini selanjutnya adalah menggunakan retinoid atau retinol yang juga dapat membantu mencegah penuaan dini.

Retinoid dipercaya mampu mencegah penuaan dini karena dapat mempercepat regenerasi kulit wajah.

Selain itu juga berperan dalam mempertebal lapisan epidermis untuk menghasilkan kulit yang lebih berisi, kencang dam terlihat lebih muda.

Itu dia beberapa tips kecantikan sederhana yang bisa kita lakukan sehari-hari untuk mencegah penuaan dini. Tertarik untuk mencoba Moms?

Artikel Terkait