TRIMESTER 2
25 Juni 2019

Ibu Hamil Cacingan, Apa Dampaknya Bagi Janin?

Cacingan adalah masalah yang dianggap enteng, lalu bagaimana jika terjadi saat hamil?
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Dina Vionetta
Disunting oleh Dina Vionetta

Ibu hamil cacingan? Oh tidak! Apakah akan membawa dampak buruk bagi janin dalam kandungan? Moms mungkin menganggap cacingan adalah hal yang biasa. Namun, bagaimana dengan kondisi yang terjadi pada ibu hamil?

Moms perlu mengetahui bahwa akan sulit bagi Moms untuk menyadari bahwa mengalami cacingan karena gejala-gejalanya tidak terlihat pada kebanyakan orang. Namun, berikut ini dapat membantu Moms untuk mengetahui keberadaan cacing tersebut.

Gejala Cacingan pada Ibu Hamil

Ibu Hamil Cacingan, Apa Dampaknya Bagi Janin 01.jpg

Foto: indiatimes.com

Moms yang mengalami cacingan mungkin saja mengalami kurang tidur atau gelisah. Sayangnya gejala ini pasti dialami oleh ibu hamil sehingga sulit bagi Moms untuk membedakannya bukan?

Berikutnya adalah kehilangan nafsu makan dan penyerapan nutrisi yang rendah. Ini biasanya terjadi sebagai akibat dari kondisi cacingan yang cukup berat dan jangka panjang. Kondisi ini biasanya diikuti dengan penurunan berat badan.

Moms mungkin mengalami kondisi perubahan perilaku seperti lekas ​​marah. Perasaan badan yang tidak enak juga kerap muncul ketika Moms mengalami kondisi cacingan ini.

Lantas bagaimana jika Moms mengalami cacingan? Wanita hamil disarankan untuk tidak melakukan perawatan apa pun. Hal ini karena obat cacing bisa berisiko menurunkan kekebalan tubuh janin terutama masalah kulit seperti eksim.

Penelitian juga menunjukkan bahwa eksim yang merupakan penyakit kulit umum yang tidak dialami anak-anak yang ibunya tidak minum obat untuk cacing selama kehamilan mereka. Jadi, selama cacingan tidak mengganggu sebaiknya Moms tak perlu melakukan pengobatan apapun.

Baca Juga: Anak Sulit Tidur, Jangan-Jangan Terkena Cacingan!

Cara Mencegah Cacingan Saat Hamil

Ibu Hamil Cacingan, Apa Dampaknya Bagi Janin 02.jpg

Foto: mom365.com

Mengalami cacingan sebenarnya disebabkan oleh banyak faktor termasuk soal kebersihan hingga menjaga lingkungan di sekitar kita. Maka, cara terbaik adalah mencegah ibu hamil cacingan dengan beberapa cara berikut ini.

Menurut RL Sweet dalam bukunya Parasitic Disease in Pregnancy in Infectious Diseases of the Female Genital Tract menjaga kebersihan diri dengan mencuci tangan secara teratur adalah hal sederhana untuk mencegah ibu hamil cacingan.

Salah satu yang perlu diperhatikan adalah saat memasak. Moms mungkin tetap aktif memasak selama hamil. Hal ini tentu tak dilarang asalkan Moms memahami pentingnya menjaga kebersihan.

Baca Juga: Jangan Tertukar ya, Ini 7 Jenis Krim untuk Memasak dan Kegunaannya

Selain itu, Moms juga harus memastikan memasak daging atau bahan lainnya dengan matang. Makanan apapun tak dilarang saat hamil asalkan memang benar-benar bersih dan matang. Jadi, hindari mengolah makanan dengan resep atau gaya memasak setengah matang saja.

Tahukah Moms bahwa daging mentah atau bahan-bahan yang mentah dapat membawa risiko cacingan? Maka, cuci tangan setelah mengolah bahan-bahan mentah seperti daging. Cara berikutnya untuk mencegah ibu hamil cacingan adalah mengurangi paparan dengan ternak.

Para pakar dari American Pregnancy Association berkata bahwa banyak jenis ternak yang membawa cacing. Hal ini membuat kontak dengan kotorannya dapat menyebabkan infeksi. Maka berhati-hatilah jika Moms mungkin bekerja dengan ternak selama kehamilan. Menjaga kebersihan adalah hukumnya wajib.

Saat hamil, Moms mungkin ingin bepergian dengan melakukan babymoon. Namun ada baiknya menghindari bepergian ke negara-negara sanitasinya kurang baik. Pilih negara yang bersih dan lakukan aktivitas yang tidak membahayakan kebersihan diri.

Lantas, bagaimana jika Moms suda terinfeksi dengan cacing saat hamil? Cara yang terbaik adalah berkonsultasi dengan dokter. Biasanya dokter akan memutuskan apakah menunda pengobatan sampai setelah kehamilan atau meresepkan obat tergantung tingkat keparahan yang dialami.

Baca Juga: Tak Selalu Karena Infeksi, Ini 5 Penyebab Telinga Bayi Berair

Nah, apakah Moms pernah mengalami kondisi cacingan saat hamil? Apa yang Moms lakukan untuk mengatasi hal tersebut?

(GSA)

Artikel Terkait