KEHAMILAN
28 Maret 2020

Ibu Hamil Makan Sushi, Perhatikan 3 Hal Ini!

Wajib pilih ikan yang matang ya Moms
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Debora
Disunting oleh Andra Nur Oktaviani

Moms, kalau mendengar kata sushi, pasti langsung paham kalau makanan asal Jepang satu ini tidak dianjurkan untuk ibu hamil. Alasannya, umumnya sushi terbuat dari ikan mentah yang berbahaya untuk kesehatan ibu hamil dan janin.

Padahal, bahan pokok dari sushi, yaitu ikan, sebenarnya bermanfaat untuk kesehatan saat hamil.

Studi dariUniversity of Bristol and Federal University dari Brazil menemukan, ibu hamil yang tidak pernah mengonsumsi makanan laut memiliki kemungkinan 53 persen lebih besar untuk memiliki tingkat kecemasan yang tinggi pada usia kehamilan 32 minggu dibandingkan ibu hamil yang makan ikan secara teratur.

Lantas, gimana caranya untuk tetap aman mengonsumsi sushi saat hamil?

Baca Juga: 5 Fakta Penting tentang Memakan Ikan Selama Kehamilan

Bahaya Sushi dari Ikan Mentah

Bumil Tetap Ingin Makan Sushi-1.jpg

foto: eatright.org

National Health Service mengungkapkan, sushi yang berbahaya untuk ibu hamil adalah sushi yang terbuat dari ikan mentah. Ikan mentah seperti salmon dapat mengandung parasit seperti anisakis, yang tentunya berbahaya apabila dikonsumsi oleh ibu hamil.

Infeksi cacing ini menyebabkan kondisi yang disebut anisakidosis. Gejalanya seperti sakit perut yang parah, mual dan muntah, diare, serta dapat menyebabkan reaksi alergi. Parasit yang sama juga bisa ditemukan dalam ikan teri mentah atau yang diasinkan.

Hati-hati juga dengan sushi yang bahannya terbuat dari kerang, ya, Moms. Menurut National Academy of Sciences Institute of Medicine, sebagian besar penyakit yang berhubungan dengan makanan laut disebabkan oleh kerang.

Jadi, ada baiknya bumil yang ingin mengonsumsi ikan maupun kerang, sudah dimasak dengan tingkat kematangan sempurna. Jika Moms masih belum yakin, tidak ada salahnya untuk membicarakan hal ini dengan dokter kandungannya masing-masing.

Baca Juga: 4 Fakta Tentang Makan Ikan selama Kehamilan, Tengok di Sini!

Ibu Hamil Boleh Makan Sushi, Ini Aturannya

Bumil Tetap Ingin Makan Sushi-2.jpg

foto: babymed.com

Ibu hamil tetap boleh makan sushi, namun dengan bahan pokok yaitu ikan yang sudah matang. Menurut American College of Obstetricians and Gynecologists, ikan yang tidak dimasak terlebih dulu dapat mengandung parasit dan bakteri yang bisa menyebabkan infeksi dan penyakit bawaan makanan, serta berpotensi membahayakan janin yang sedang tumbuh di kandungan.

“Wanita hamil umumnya memiliki sistem kekebalan tubuh yang rendah sehingga rentan terkena infeksi bakteri atau parasit yang bisa terdapat dalam ikan mentah jika tidak ditangani dengan benar,” ungkap Dr. Candice Wood, dokter kandungan dari University Medical Center Phoenix.

Selain itu, pastikan mengonsumsi ikan yang kaya lemak omega-3, rendah kandungan merkuri, dan telah dipanaskan hingga 145 derajat Fahrenheit untuk menjaga keamanannya.

Dengan cara tersebut, Moms tetap dapat menikmati sushi dengan rasa yang nikmat dan tentunya juga sehat.

Baca Juga: Mengapa Makan Ikan Saat Hamil Sangat Dianjurkan? Ini Alasannya!

Manfaat Ibu Hamil Makan Ikan

Bumil Tetap Ingin Makan Sushi-3.jpg

foto: medicalnewstoday.com

Ketika sudah dimasak dengan matang, memilih ikan yang rendah merkuri, maka ada manfaat yang bisa didapatkan Moms dari mengonsumsi ikan saat hamil. Kandungan omega 3 yang ditemukan dalam makanan laut penting untuk perkembangan otak janin.

Makan ikan secara teratur dapat membantu perkembangan otak dan mata janin agar berjalan dengan optimal.

Selain itu, mengonsumsi ikan juga membantu menjaga kesehatan janin yang sedang berkembang. Moms juga dapat tidur dengan lebih tenang dan mengurangi risiko terjadinya insomnia.

Itulah pentingnya makan ikan saat hamil. Tidak lupa juga untuk menyeimbangkan dengan nutrisi penting lainnya, ya, Moms!

Artikel Terkait