TRIMESTER 2
28 Oktober 2019

Ibu Hamil Pakai Dry Shampoo, Amankah?

Untuk para ibu hamil yang sering menggunakan dry shampo
Artikel ditulis oleh Adeline Wahyu
Disunting oleh Intan Aprilia

Kehamilan adalah masa-masa yang sangat sensitif, sehingga kita harus sangat berhati-hati apalagi di awal kehamilan.

Orang-orang selalu bertanya tentang apakah dry shampoo aman digunakan selama kehamilan?

Sebelum masuk jauh tentang kehamilan. Sangat umum jika ibu yang sedang hamil, selalu mengalami perubahan hormon dalam tubuh.

Baca Juga: Ini Pengaruh Hormon Kehamilan pada Tubuh di Tiap Trimester, Moms

Sepertinya ada banyak hal yang harus dihindari dalam kehamilan yang dapat memengaruhi ibu dan calon bayi dalam kandungan.

Makanya sering disarankan untuk selalu berkonsultasi dengan dokter kandungan tentang obat-obatan atau antibiotik mana saja yang berbahaya selama kehamilan.

Karena dry shampoo berkaitan dengan bahan-bahan kimia, apakah hal ini menggunakan dry shampoo saat hamil aman?

Menggunakan Dry Shampoo Saat Hamil

menggunakan dry shampo saat hamil

Kehidupan yang sibuk dan hari-hari yang sibuk, membuat keramas dengan sampo jadi hal yang sulit untuk banyak orang karena tidak memiliki waktu.

Menanggapi hal ini, banyak perusahaan membuat produk dry shampoo untuk digunakan langsung tanpa perlu mencuci rambut terlebih dahulu dengan air.

Baca Juga: 5 Kesalahan yang Sering Dilakukan Saat Menggunakan Dry Shampoo

Dry shampo berperan penting agar rambut kita bersinar dengan segar dan sehat. Tapi tidak berarti hanya bergantung pada dry shampoo saja.

Ada beberapa bahan kimia yang digunakan dalam dry shampoo yang bisa tetap di rambut sampai kita menggunakan sampo untuk rambut secara rutin setiap hari.

Menggunakan dry shampoo selama hamil, tidak berbahaya dan tidak akan menyebabkan keguguran.

“Sampo kering tidak akan banyak terserap oleh kulit. Itu tidak akan membahayakan bayi Moms.” kata Dr. Su S, dokter kandungan.

Meski begitu menggunakan dry sampoo saat hamil dapat menyebabkan sensitivitas kulit tetapi Moms menggunakannya untuk waktu yang lama.

Baca Juga: Benarkah Sodium Lauryl Sulfate (SLS) Pada Sampo Menyebabkan Rambut Rontok?

Meski begitu, Moms tidak boleh selalu bergantung pada dry shampoo. Ada beberapa bahan kimia yang digunakan dalam sampo kering yang bisa tetap aman di rambut sampai kita menggunakan sampo rambut rutin setiap hari.

Moms tetap harus mencuci rambut ketika punya waktu. Selama kehamilan, dry shampoo tidak berbahaya yang bisa mengakibatkan keguguran. Tapi informasikan saja ke dokter kandungan dan baca bahan-bahan yang digunakan dalam dry shampoo.

Artikel Terkait