KEHAMILAN
3 April 2020

Ibu Hamil Pakai Plester Kinesio, Bolehkah?

Plester kinesio bisa membantu meredakan sakit otot yang umumnya dialami ibu hamil
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Waritsa Asri
Disunting oleh Andra Nur Oktaviani

Para atlet telah menggunakan plester kinesio untuk mengurangi rasa sakit dan peradangan mereka selama bertahun-tahun. Nah, dalam beberapa kesempatan plester kinesio pun digunakan untuk mengurangi gejala kehamilan tanpa efek samping.

Plester kinesio adalah plester elastis yang awalnya dirancang untuk atlet untuk membantu dalam cedera olahraga. Plester ini menempel di kulit dengan perekat dan mengangkat kulit untuk meningkatkan sirkulasi darah yang lebih baik di manapun meletakkannya.

Baca Juga:6 Penyebab Mulut Ibu Hamil Sering Terasa Hambar

Nah, mengangkat kulit juga bisa menghilangkan tekanan dari reseptor rasa sakit, sehingga ini adalah solusi murah untuk rasa sakit yang bekerja sepanjang waktu tanpa efek samping.

Memakai plester membantu tubuh menyembuhkan dirinya sendiri dengan mengurangi pembengkakan dan peradangan serta memberikan dukungan ke mana pun Moms menerapkannya.

Ibu Hamil Memakai Plester Kinesio

Moms saat hamil kerap mengalami nyeri punggung,nyeri panggul, nyeri leher, nyeri siatik, dan ditambah perubahan fisik serta hormonal yang berlangsung selama 9 bulan. Lalu, bolehkan gunakan plester kinesio untuk ibu hamil? Cek faktanya di bawah ini!

1. Tak Mengandung Bahan Kimia

ilustrasi pemakaian plester kinesio

Moms, menurut studi dari Medical Science Monitor, plester kinesio tidak seperti obat-obatan, karena tidak mengandung bahan kimia yang dapat melukai serta memengaruhi Si Kecil dalam kandungan. Sehingga, perawatan dengan plester kinesio aman untuk diaplikasikan.

Plester kinesio adalah salah satu solusi yang dapat Moms gunakan untuk memerangi hampir semua gejala kehamilan seperti syndrom carpal tunnel, kaki bengkak, linu panggul dan Moms tidak harus memasukkan apa pun ke dalam tubuh.

Baca Juga: Bolehkah Ibu Hamil Memakai Sheet Mask?

2. Terbuat dari Katun dengan Perekat Akrilik

ilustrasi pemakaian plester kinesio

Plester kinesio hampir identik dengan kulit dalam tingkat ketipisan dan elastisitas yang memungkinkan berinteraksi dengan mudah ke tubuh manusia.

Elastisitas yang terbuat dari katun dengan perekat akrilik ini bisa dengan lembut mengangkat kulit, dan mengurangi tekanan yang menyebabkan bengkak selama kehamilan.

3. Bisa Digunakan 24 Jam

Plester Kinesio

Moms, bila penggunaan plester kinesio diterapkan dengan benar maka bisa terus memberikan bantuan hingga 24 jam selama 3 hingga 5 hari. Plester kinesio ini juga nyaman dipakai dan tahan air sehingga Moms pun dapat memakainya saat mandi, berenang atau bahkan berolahraga.

Dan tidak seperti sabuk kehamilan, yang bisa membatasi, tidak nyaman dan mahal, plester kinesio dapat menawarkan dukungan serupa, sementara masih memungkinkan berbagai gerakan dengan harga yang jauh lebih ekonomis.

Ini tersedia dalam berbagai warna dan ukuran juga.

Baca Juga:Sebaiknya Berapa Kali Mengganti Plester Luka?

Sebagian besar teknik untuk menggunakan plester kinesio ini dapat dilakukan oleh ibu hamil sendiri setelah satu kali demonstrasi. Mintalah seorang asisten atau anggota keluarga mengambil video aplikasi untuk referensi di rumah atau Moms bisa melihat artikel dari theratape guna aplikatifnya.

Banyak teknik olahraga yang sangat efektif bagi ibu hamil, tentunya jangan lupa berkonsultasi kepada dokter kandungan bila Moms ingin mengaplikasikan penggunaan plester kinesio.

Artikel Terkait