GAYA HIDUP
10 Januari 2020

Ini Caranya Mengatasi Migrain pada Ibu Hamil

Ini dia tips mengatasi migrain saat hamil
Artikel ditulis oleh Orami
Disunting oleh Orami

Perubahan hormon saat kehamilan ternyata tidak hanya membuat mood Ibu hamil berubah-ubah, tetapi juga memengaruhi kesehatan. Salah satunya adalah gangguan sakit kepala sebelah atau migrain.

Tentu saja hal ini bisa membuat Moms menjadi tidak nyaman dan sangat mengganggu aktivitas. Namun, Ibu hamil tidak boleh mengonsumsi obat migrain secara sembarangan, karena bisa memengaruhi kesehatan dan tumbuh kembang janin di dalam kandungan.

Baca Juga: Membedakan Macam-Macam Sakit Kepala dan Gejalanya

Dikutip dari American Pregnancy Association, migrain biasanya dimulai dengan rasa nyeri ringan hingga nyeri berdenyut secara terus menerus di area pelipis mata, depan kepala, dan pangkal kepala. Bahkan terkadang disertai juga dengan mual dan muntah.

Mengatasi Migrain pada Ibu Hamil

Berikut cara mengatasi migrain pada Ibu hamil.

1. Pemicu Migrain pada Ibu Hamil

young-depressed-pregnant-woman_1163-1504.jpg

Foto: freepik.com

Apabila Moms mengalami migrain selama kehamilan, wajib tahu apa yang menjadi penyebab atau pemicunya. Itu karena frekuensi dan berat atau ringannya migrain tergantung dari apa yang menjadi pemicu.

Dikutip dari WebMD, cokelat, kafein, dan makanan yang mengandung banyak MSG merupakan beberapa pemicu migrain pada Ibu hamil.

Baca Juga: Penyebab Migrain saat Menstruasi

Kompres Air Dingin

clear-ice-lying-pile_23-2148216382.jpg

Foto: freepik.com

Cara mengatasi migrain pada Ibu hamil adalah dengan mengompres air dingin atau es batu. Siapkan air dingin menggunakan es batu kemudian rendam handuk kecil atau waslap bersih.

Setelah itu, letakkan handuk kecil tersebut di area dahi atau belakang leher untuk menghilangkan rasa sakit. Lakukan untuk beberapa kali selama kurang lebih 15-30 menit.

Hindari Cahaya Terang

woman-bed-wearing-sleeping-mask_1303-13034.jpg

Foto: freepik.com

Tahukah Moms, cahaya yang terang dan suara keras bisa membuat migrain menjadi semakin parah? Ya, hal tersebut benar adanya.

Oleh karena itu, sebaiknya Moms menghindari cahaya yang cukup terang, terlebih di dalam kamar ketika waktu istirahat sudah tiba. Gunakan lampu yang redup agar bisa membantu mempercepat pemulihan.

Tidur Nyenyak

beautiful-young-woman-covering-her-eyes_1150-2907.jpg

Foto: freepik.com

Cara mengatasi migrain pada Ibu hamil berikutnya adalah dengan memiliki waktu tidur yang berkualitas atau tidur nyenyak. Terlalu sedikit atau terlalu banyak tidur bisa memicu migrain.

Pastikan Moms mengusahakan untuk tidur selama 7-8 jam setiap malam dan cobalah tidur serta bangun pada waktu yang sama setiap harinya.

Baca Juga: Solusi Tidur Nyenyak Ibu Hamil

Olahraga Rutin

woman-meditating_1218-467.jpg

Foto: freepik.com

Melakukan olahraga rutin ternyata bisa menjadi cara mengatasi migrain pada Ibu hamil. Tentu saja Moms harus memilih olahraga yang sangat aman untuk Ibu hamil, ya. Contohnya jalan kaki, berenang, dan yoga.

Namun perlu diingat, jangan berolahraga ketika Moms sedang migrain, karena hanya akan membuat migrain semakin parah.

Olahraga rutin bisa mencegah migrain terjadi, karena secara tidak langsung membantu tubuh melepaskan hormon endorfin yang bisa melawan sakit dan membuat tidur Moms jadi lebih nyenyak.

Itu dia Moms caranya mengatasi migrain pada Ibu hamil. Semoga cepat sembuh ya, Moms!

MA/KM

Artikel Terkait