PROGRAM HAMIL
13 Agustus 2015

Ibu Menyusui Sambil Bekerja, Mungkinkah?

Setelah cuti melahirkan, Anda pasti harus kembali lagi ke dunia kerja. Tapi bagaimana dengan si kecil yang masih menyusu? Tentunya tidak bisa ditinggal, bukan? Solusinya cuma satu: breast pump!
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh (ninda)
Disunting oleh (ninda)

Bagi para wanita yang sudah berkeluarga, euforia paska kelahiran buah hati Anda pasti langsung berakhir begitu saja ketika Anda dilanda kebingungan ketika harus masuk kantor lagi. Kalau kantor Anda letaknya tidak jauh dari rumah, mungkin Anda bisa sempatkan pulang untuk menyusui anak. Namun, kalau memang Anda benar-benar sibuk sepanjang hari, coba breast pump untuk menyimpan ASI Anda.

foto artikel working mom breastfeeding

Simpan ASI menggunakan breast pump yang berkualitas supaya dapat ditampung dengan cepat. Untuk memperbanyak ASI, Anda juga bisa coba suplemen dengan formula khusus yang dijual di pasaran. Nantinya, babysitter bisa memberikan botol ASI untuk bayi Anda, dengan begitu Anda tidak perlu khawatir lagi kalau-kalau si kecil sedang butuh. Memompa ASI bisa juga dilakukan di kantor. Tapi, tidak semua kantor menyediakan ruangan khusus untuk nursing, dan Anda bisa jadi merasa tidak nyaman. Yang mesti diingat, ASI Anda tidak akan bertahan lama. Jadi sebisa mungkin ASI tidak terlalu lama disimpan.

Banyak keuntungan lain jika menggunakan breast pump. Misalnya, lewat gerakan memompa produksi air susu bisa lebih terstimulasi. Jadi sewaktu menyusui, produksi ASI bisa bertambah. Dengan asupan ASI yang cukup tentunya bayi Anda lebih sehat dibandingkan kalau menggunakan susu formula.

Artikel Terkait